Yakin Gak Mau Mulai dari Sekarang?

Reach-for-Stars
Sumber: Parkside Early Learning Centre

“You’re never too old to start learning, and you’re never too young to aim high and achieve great things.” – Asa Hutchinson

Hello, Learners! Belajar itu suatu proses, tapi mungkin sebagian dari kita kadang berpikir bahwa usia yang mungkin sudah bukan usia sekolah atau kuliah menjadi penghalang semangat belajar kita. Tunggu dulu. Apakah benar usia merupakan faktor utama kesuksesan?

  1. Colonel Sanders, sang pendiri KFC, baru menemukan resep rahasia maknyus ayam buatannya di usia sekitar 40-an tahun. Bayangkan, betapa hambar rasanya dunia tanpa penemuan resep rahasianya tersebut!
  2. Jack Ma, pendiri Alibaba yang saat ini digadang sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia, baru belajar komputer di usianya yang ke-33.
  3. Stan Lee, sang pencipta tokoh Spider-Man yang mendunia, baru mulai menggambar karakter manusia laba-laba tersebut di usianya yang ke-43.
  4. Rekan Stan Lee, Jack Kirby, berusia 44 tahun saat ia mulai menggambar para tokoh karakter Fantastic Four. Mereka kawanan komikus yang sudah tidak muda lagi, bukan?
KFC The Original Colonel Harland Sanders
Sumber: PR Newswire

Lalu, bagaimana selanjutnya?

Seringkali, kita bukannya tidak punya niat atau minat untuk belajar di luar domain akademis kita. Usia dan padatnya kesibukan bisa saja membuat kita enggan untuk menelusuri minat-minat baru kita, misalkan ketertarikan kita untuk belajar melukis (“Ah, tapi dari dulu juga saya nggak pernah bisa gambar bagus… Paling banter gambar bunga Rafflesia arnoldi alias bunga bangkai.”) atau memulai aktivitas berolahraga (“Waduh, umurnya udah segini, nanti pulang-pulang zumba malah keseleo atau encok.”).

Hmm, bukankah keempat contoh di atas membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar dan bahkan mencapai hal-hal yang jauh lebih hebat lagi?

Tanpa usaha Colonel Sanders untuk mempelajari dan mencoba resepnya berulangkali, tidak ada franchise KFC yang mendunia dan lidah yang bergoyang bahagia karena ayamnya yang gurih. Tanpa semangat Jack Ma belajar tentang komputer dan internet di usianya yang kepala tiga, tidak ada Alibaba, e-commerce serbaada yang saat ini sudah begitu lengkap dengan berbagai teknologi canggih dalam kegiatan operasionalnya, seperti robot untuk mengatur stok dan penempatan barang di gudangnya.

Semuanya dimulai dari satu hal: terus belajar dan berusaha tanpa memandang usia.

Jika usia Learners saat ini bahkan lebih muda lagi, wow, kesempatan masih terbuka sangat lebar! Kegiatan atau keahlian apa yang saat ini kamu memiliki ketertarikan di dalamnya? Aktiflah mencari dan menekuninya, bisa saja itu adalah jalan untuk usaha atau karir baru yang lebih keren lagi.

Jadi, kamu mau belajar apa hari ini, Learners?

 

Sumber:

Ditulis oleh: Yolanda Wijayanti

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: