5 Skill yang Sedang Trend dan Perlu Dikuasai untuk Menangkan Kompetisi Dunia Kerja

Hi, Learners! Dunia kerja semakin hari memang menghadirkan persaingan yang sangat ketat. Ketatnya persaingan ini disebabkan oleh besarnya jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya dan juga tuntutan perusahaan yang semakin besar. Belum lagi bila kita melihat efek globalisasi antarnegara, membuat persaingan yang terjadi bukan hanya antarpekerja lokal, tapi juga dengan pekerja asing. Dari sinilah skill atau keahlian tertentu diperlukan agar bisa memenangkan persaingan. Berikut ini adalah beberapa skill yang sedang trend dan sering dilirik perusahaan untuk bisa menunjangmu memenangkan kompetisi di dunia kerja:

Sumber: http://www.womenworking.com
  1. Komunikasi

Komunikasi yang merupakan bagian dari soft skill memang memiliki peranan sangat penting dalam dunia kerja. Bahkan kemampuan berkomunikasi ini punya pengaruh dominan dibanding hard skill saat berada di lingkungan pekerjaan. Ini dikarenakan skill komunikasi diperlukan perusahaan untuk bisa memikat klien agar mau bermitra dan juga untuk menunjang eksistensi di perusahaan. Skill komunikasi dalam dunia kerja sendiri bukan hanya berwujud kecakapan berbicara saja, tapi juga meliputi kemampuan mendengarkan hingga menulis. Kamu bisa mengasah skill ini dengan cara rajin melakukan diskusi tentang pelbagai topik, presentasi, dan tanya jawab.

  1. Melek Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut semua orang–tak terkecuali para pekerja–untuk selalu mengikutinya. Seseorang yang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi akan lekas tertinggal zaman. Untuk mengantisipasi masifnya pertumbuhan teknologi, perusahaan pun memasukkan skill melek teknologi dalam syarat penerimaan kerja. Skill yang menjadi bagian dari melek teknologi yang disyaratkan perusahaan terbilang kompleks, meliputi kemampuan mengoperasikan komputer dan perangkat digital lain, baik software (perangkat lunak seperti program aplikasi dan penggunaan cloud storage) dan hardware (perangkat keras seperti printer dan scanner). Jadi, orang-orang yang akan memasuki dunia kerja sudah seharusnya punya rangkaian skill ini sebagai konsekuensi logis yang tak terelakkan lho, Learners!

  1. Penguasaan Bahasa Asing

Efek globalisasi yang semakin besar, membuat sekat-sekat dan batas antarnegara semakin pudar. Hal ini memunculkan kebutuhan akan penguasaan bahasa asing yang banyak digunakan untuk berkomunikasi antarnegara, seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Kedua bahasa ini memang sudah sangat banyak digunakan di beberapa negara, sehingga menjadi bahasa internasional yang bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam proses perekrutan karyawan. Jadi, semakin mahir skill berbahasa Inggris dan bahasa Mandarin yang kamu kuasai, maka peluang memenangkan persaingan di dunia kerja akan semakin terbuka lebar. Sudah seberapa jauh kamu menguasai kedua atau salah satu bahasa tersebut, Learners?

Sumber: http://www.success.com
  1. Kreativitas

Di tengah persaingan sengit antarperusahaan untuk menaklukkan pasar, dibutuhkan para pekerja kreatif. Kreativitas mereka diharapkan akan membuahkan beragam solusi yang bisa muncul untuk beberapa permasalahan di bidang produksi, marketing, serta distribusi. Bukti bahwa kreativitas menjadi skill yang sangat dibutuhkan saat ini adalah adanya munculnya divisi atau tim kreatif pada beberapa perusahaan. Untuk bisa melatih skill ini, kamu perlu rajin mencoba ide-ide baru dan berpikir out of the box. Selanjutnya, supaya kamu bisa memperoleh ide-ide baru dan berpikir out of the box, kamu perlu memiliki pemikiran terbuka, sering membaca buku, dan juga bepergian ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.

download
Sumber: everydayinterviewtips.com
  1. Problem Solving

Terakhir, skill yang sedang tren dan akan selalu dibutuhkan perusahaan adalah problem solving. Permasalahan yang akan selalu muncul dalam tumbuh-kembang perusahaan membutuhkan orang-orang dengan kemampuan mengatasi masalah (problem solving) yang baik. Melalui keberadaan para pekerja dengan problem solving yang baik, perusahaan akan bisa mendapatkan keuntungan karena roda usaha yang berjalan lancar. Ketika permasalahan cepat teratasi, perusahaan juga bisa satu-dua langkah lebih maju dari kompetitor dalam memenangkan persaingan. Untuk mengasah skill ini, kamu harus sering berlatih memecahkan masalah dalam keseharian tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Fokuskan skill ini untuk memecahkan masalah dalam bidang pekerjaan yang akan dilamar, maka kamu harus punya segudang cara untuk bisa mengatasi persoalan yang bisa muncul.

Inilah beberapa skill yang sedang–dan mungkin akan selalu–trend serta menjadi hal yang perlu dikuasai untuk bisa menjadi nilai tambahmu dalam memenangkan kompetisi dunia kerja. Skill yang mana nih yang paling perlu kamu kembangkan saat ini, Learners? Share di comment, ya!

Sumber:

Ditulis oleh: Asep Irawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: