4 Skill yang Perlu Dipelajari “Kids Zaman Now”

Hello, Learners!

Saat ini, zaman begitu cepat berubah. Dengan cepatnya perkembangan ini, anak-anak perlu disiapkan menjadi anak yang cerdas dan mampu menghadapi perubahan yang menanti mereka. Mempersiapkan anak-anak untuk menjadi pribadi yang siap menghadapi perubahan zaman tak lepas dari pengembangan minat sang anak sendiri. Minat ini akan nampak dari kebiasaan, cita-cita ataupun hal-hal yang mereka lakukan ketika harus mengambil keputusan. Pada dasarnya, tak ada yang salah pada minat anak. Meski dapat diarahkan, ada baiknya jika sebagai orangtua kita dapat mengenalkan beberapa skill tanpa perlu dipaksakan.

Berdasarkan data yang dihimpun World Economic Forum, 65% anak-anak usia sekolah dasar saat ini akan memiliki profesi yang sekarang belum pernah ada. Oleh karena itu, sangatlah penting menyiapkan anak-anak kita untuk siap menghadapi pekerjaan mereka nantinya. Meski profesi-profesi yang mereka emban nanti belum ada, saat ini pengajaran berfokus pada rumpun STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dianggap mampu mempersiapkan anak-anak menghadapi masa depan. Di samping kombinasi rumpun ilmu ini, anak-anak juga perlu diberikan pembelajaran yang mengasah kreativitas, kemampuan analisis sesuai dengan usia mereka, serta mendorong mereka untuk berkomunikasi dengan baik sebagai bekal kerjasama di masa yang akan datang.

Mengacu pada kombinasi rumpun ilmu STEAM, berikut 4 skills yang dapat dipelajari anak-anak untuk mempersiapkan mereka menghadapi masa yang akan datang. Anda bisa mencocokkannya dengan minat anak-anak Anda untuk mengoptimalkan potensi mereka di masa yang akan datang.

coding_web23
Sumber: https://www.codingwithkids.com/
  1. Coding

Mempelajari coding atau bahasa pemograman memampukan anak membuat program komputer atau game baru di kemudian hari. Tentunya lewat program-program tersebut akan banyak masalah yang terpecahkan. Kemampuan coding memerlukan ketelitian serta pola pikir kompleks yang bisa dilatih sejak dini. Salah satu tempat kursus yang mempunyai program coding yaitu Cody’s App Academy yang bisa diakses melalui website: www.codyappacademy.com

  1. Robotics & Engineering

Mengembangkan kemampuan anak dalam bidang robotika dan engineering akan melatih mereka untuk berpikir secara sistematis, mendorong imajinasi, serta mengasah motorik halus mereka melalui kegiatan merakit komponen-komponen robot maupun perangkat lainnya. Robotics Education Centre merupakan lembaga kursus waralaba robotika yang kini sudah hadir di Jakarta dan beberapa kota besar. Robotics Education Centre memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan usia anak dan kesiapan mereka. Kelas-kelas di dalamnya terdiri dari kelas hardware maupun software. Informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh di website http://roboticsindonesia.com/

Di samping itu, Anda bisa melatih anak-anak di bidang engineering di Engineering for Kids yang tersedia di beberapa wilayah Jakarta seperti Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading. Engineering for Kids menawarkan kelas-kelas dengan beragam proyek menarik yang dapat dipilih sesuai usia dan minat anak. Informasi lebih lanjut bisa Anda peroleh melalui website di: www.engineeringforkids.co.id

170102094616-lego-robots-ces-2017-780x439
Sumber: money.cnn.com
  1. Arts

Seni merupakan penyelaras dalam kehidupan yang menggabungan unsur keindahan dan imajinasi, seperti yang nampak dalam kegiatan menggambar atau melukis, menari, dan bermain musik. Pada kegiatan menggambar, anak-anak bisa mulai sejak usia 4 tahun dengan alat menggambar sederhana seperti pensil, pensil warna, dan krayon.

Untuk area Jakarta sendiri, Hadiprana Art Centre di daerah Kemang menawarkan kelas-kelas menggambar, mulai dari kelas anak hingga remaja. Istimewanya, kelas-kelas di Hadiprana Art Centre menyediakan kelas mulai dari dasar menggambar hingga kelas bagi remaja yang memiliki cita-cita sebagai arsitek atau desainer interior. Anda bisa membaca informasi lebih lanjut di: https://www.hadiprana-artcentre.com

maya_easel
Sumber: http://www.ashlandartcenter.org
  1. Matematika

Bagi sebagian orang, matematika adalah pelajaran yang rumit. Padahal, ada banyak kegunaan ilmu matematika di dalam kehidupan kita, di antaranya melatih ketelitian dan kemampuan memecahkan masalah. Berbagai profesi juga membutuhkan kemampuan analitis dan logis yang sangat erat dengan kemampuan matematis. Bagi Anda yang hendak melatih minat dan kemampuan anak dalam bidang ini, tersedia banyak tempat kursus seperti Kumon, Sempoa, ataupun Jarimatika. Selain ada di banyak daerah, para penyedia kursus matematika ini menyusun kurikulum yang baik berdasarkan usia anak.

Membentuk minat dan kemampuan anak sejak dini merupakan tanggung jawab orangtua, dan menyesuaikan kebutuhan mereka dengan perkembangan zaman tentu merupakan upaya untuk membekali mereka menghadapi tantangan di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi Learners yang memiliki anak-anak usia sekolah. Selamat mengembangkan minat dan skill anak-anak Anda!

Source: berbagai sumber.

Ditulis oleh: Karina

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: