5 Skill yang Laris Manis di Kalangan Freelancer

Tingginya tingkat persaingan dalam dunia kerja khususnya di beberapa kota besar menambah angka pengangguran di Indonesia. Mungkin Kalian salah satu yang mengalaminya? Nah kenapa ngga memanfaatkan peluang menjadi pekerja lepas alias freelance. Pertumbuhan ekonomi dari industri kreatif banyak didominasi oleh kaum milenial sebagai tenaga kerja yang cenderung memiliki kreatifitas tinggi dan kemampuanya yang cepat mengikuti perkembangan zaman. Contohnya trend dalam bekerja yang sebelumnya terbatas ruang, masalah gaji, gaya hidup dan beberapa batasan lainnya, berganti menjadi trend freelance atau pekerja lepas (pelaku:freelancer). Kebebasan dalam bekerja, gaji yang bisa ditentukan/negosiasi, tanpa potongan pajak, tidak terikat kontrak panjang, aturan yang tidak berbelit-belit dan lainnya menjadi keuntugan freelancer.
Bagi kalian yang bisa dikatakan menganggur dan ingin bekerja secara freelance ataupun sudah bekerja namun ingin memiliki penghasilan tambahan, tidak salahnya mengambil bidang ini. Tetapi yang perlu diperhatikan yaitu agar mempersiapkan diri kalian dengan skiil yang saat ini dibutuhkan dibidang freelance. Beberapa skill ini bisa dipelajari secara otodidak namun tidak sedikit yang membutuhkan sekolah atau kursus untuk menguasai skill tersebut. Seperti 5 skil yang laris manis dikalangan freelancer berikut ini:
1. Internet Marketing

2016-06-28-1467153097-7249060-Blogpost-thumb
Pasti kalian sering melihat berbagai macam iklan yang ada di sosial media kalian atau disaat browsing melalui internet tak jarang kalian menemukannya kan? Yap, era modern apalagi meningkatnya pengguna internet membuka peluang para pelaku usaha untuk memasarkan produk ataupun jasa mereka melalui internet. Profesi seorang internet marketing sangat berperan agar target konsumen atau mekanismenya tepat sasaran karena iklan yang ada di internet tentu berbeda dengan sistem yang ada di media lain seperti media cetak, TV, ataupun radio.
Banyak yang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang yang ahli dalam internet marketing dapat mempelajarinya secara otodidak dan gratis. hah ? tidak sesimpel itu kan. Beberapa pakar yang sudah terjun dalam dunia ini tentunya tidak pelit membagi ilmunya dengan membagikan ilmunya lewat sosmed atau blog mereka. Namun, tidak jarang karena ilmu itu mahal mereka membuka kesempatan untuk membeli e-book atau dimentoring dengan konsekuensi mengeluarkan duit yang lumayan. hmhm. Usaha kalian tentunya akan terbayar apalagi skill yang nantinya kalian akan miliki seperti sosial media marketing, affiliate marketing, on page optimization expert dan lain-lain bahkan sampai membuat sebuah copywriting tentunya sangat dibutuhkan, ditambah kalian dapat menekuninya secara freelance. Menarik bukan?
2. Ilustrator

rachael-gorjestani-282049-unsplash.jpg
Kebutuhan akan jasa gambar ilustrasi sepertinya tidak ada matinya. Selagi industri kreatif seperti media periklanan baik cetak ataupun digital (sosial media dan website) ataupun produk dari unit usaha masih berkembang maka bidang ilustrator ini akan selalu dibutuhkan. Ilustrator sangat penting karena terkadang berhubungan langsung dengan brand client. Jadi, kerja keras sang ilustrator sebanding dengan upah yang akan didapatkan nanti.
Memutuskan menjadi freelancer dibidang ini mewajibkan kalian untuk memperbanyak portofolio (berisi karya-karya kalian)sebagai bukti jam terbang dan meyakinkan calon client. Latar pendidikan dibidang ini menjadi langkah pertama agar kalian dapat mengasah kemampuan, dengan kata lain semakin banyak karya yang dihasilkan akan semakin baik pula portofolio yang bisa ditunjukkan kepada client. Dengan mengikuti program pendidikan formal (Diploma atau Sarjana) ataupun kursus singkat (1 -2 Bulan), kalian bisa mempunyai skill seperti 2D/3D design, graphic design, dan lain-lain.
3. Website Development

goran-ivos-246271-unsplash
Jika ingin bergerak dibidang website development, kalian akan belajar bahasa pemrograman web, penyelesaian terkait pemrograman web, pengembangan (coding), dan teknik-teknik dalam mengoptimalkan aplikasi web. Skill tersebut nantinya dapat gunakan sebagai jasa freelance. Lumayan kan produk atau layanan kalian banyak dibutuhkan? Saat ini, banyak orang memanfaatkan kecanggihan internet (khususnya dalam pembuatan dan pengembangan website) disetiap bidang mereka sehingga profesi ini tentu masih menjanjikan. Menjadi freelance dalam bidang ini tentunya membantu kalian untuk fokus pada proyek tanpa ada gangguan dari teman kerja ataupun hal-hal lain, kerjanya pun lebih fleksibel.
4. Fotografer

felix-russell-saw-609923-unsplash
Publikasi dalam dunia periklanan (cetak ataupun digital), jurnalistik, atau kehidupan perorangan masih sangat membutuhkan jasa seorang fotografer. Tidak sembarang fotografer ya, berbicara profesi ini tentu diharuskan punya kemampuan dan jam terbang yang bisa dilihat dari portofolionya. So, jika kalian tertarik menjadi freelancer fotografer sebaiknya kalian banyak berlatih dan tentunya harus belajar dong. Client akan merekrut jika kalian mampu meyakinkan kepada mereka dengan memperlihatkan bukti skill yang dimiliki.
Menjadi freelance dalam dunia fotografi tidak hanya bisa belajar secara otodidak, belajar khusus fotografi bisa didapatkan dengan mengikuti kursus singkat (hanya beberapa kali pertemuan) sampai setahun atau program diploma yang banyak terdapat di kota-kota besar misalnya di Jakarta. Selain sertifikat, kalian tentunya akan banyak mendapatkan pengalaman dalam bidang ini.
5. Makeup artist

freestocks-org-209881-unsplash
Skill yang satu ini tidak boleh dianggap remeh ya! Kalian tahu kan salah satu layanan dari aplikasi transportasi online G**ek? Mereka menyediakan layanan untuk makeup. Banyak orang yang mendadak harus menghadiri suatu acara tertentu namun terkendala waktu dengan kesibukanya untuk prepare penampilan khususnya pada bagian wajah (makeup), ditambah lagi terkadang jadwal sang perias sulit menyesuaikan. Bekerja sebagai freelancer makeup artist bisa jadi solusi untuk masalah tersebut, kalian yang “tahu dan mampu” menciptakan riasan wajah yang bagus nan profesional bisa menggelutinya. Sekali job ini bisa mendapatkan upah mulai dari 300an ribu, jika sehari kalian bisa mendapatkan lebih dari 2 client, waw sebulan bisa berapa tuh?
Namun jangan gegabah ya, demi reputasi persiapkan dulu diri kalian. Walaupun kalian hobi makeup bukan menjadi jaminan loh. Jam terbang dengan adanya bukti portofolio hasil karya. Lagi-lagi portofolio! untuk itu, mengikuti kursus bisa menjadi tambahan ilmu dan makin banyak portofolio yang bisa dihasilkan. Tertarik? Saat ini banyak kursus singkat yang biayanya tergantung materi dan lama pembelajaran mulai dari 500ribu-3 jutaan bahkan ada yang lebih, durasinya tergantung ada yang kilat hanya sehari sampai beberapa kali pertemuan.
Nah, menjadi freelance memang menyenangkan dan bayaranya pun lumayan. Kalian tidak perlu datang pagi pulang sore, bekerja di tempat manapun yang membuat kalian nyaman ya sah-sah saja. Deadline bisa kalian sesuaikan sesuai kesanggupan, tentunya sudah berkoordinasi dengan klien. Langkah yang perlu diperhatikan yaitu agar persiapkan diri dengan skill yang banyak diminati sekarang ini. Tidak hanya 5 skill dikalangan freelancer di atas, namun masih banyak lagi skill lainnya. Kata orang tua sih “sekolah baik-baik dan isi waktu dengan kegiatan positif misalnya dengan mengasah skill selagi muda dan sehat”. Semoga bermanfaat.

 

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: