Bunda Freelance, Dari Hobi Jadi Profesi 

Hello Moms, Bunda dan Ibu, artikel Kelashobi kali ini khusus ditujukan untuk para Ibu hebat diluar sana. Ibu adalah pekerjaan yang paling mulia di dunia. Ibu biasanya memiliki kemampuan serba bisa. Saat dibutuhkan, seorang Ibu bisa menjadi koki, penjahit, pendongeng, direktur keuangan, teknisi, guru, dan banyak lagi. Walaupun terdengar sibuk tapi ada saatnya setelah semua pekerjaan selesai, Moms akhirnya memiliki waktu luang. Waktu luang inilah yang biasa dimanfaatkan para ibu untuk keluar dari rutinitas menjadi seorang “Super Mom“. Bekerja freelance atau buka usaha sampingan bisa jadi pilihan tepat nih Moms untuk memanfaatkan waktu luang. Banyak juga loh yang sukses dengan pekerjaan freelance atau sampingannya. Nah, Kelashobi punya beberapa inspirasi pekerjaan yang bisa Moms tekuni dengan memanfaatkan hobi dan kemampuan serba bisa para ibu-ibu

1.Memasak

toa-heftiba-414770-unsplash
Photo by Toa Heftiba

Menjadi seorang Ibu itu identik dengan memasak. Nah untuk para ibu yang memang hobi memasak, bisa banget memanfaatkan kemampuan masak ini menjadi pekerjaan sampingan. Ada banyak permintaan untuk makanan buatan rumah alias home made karena selain dinilai lebih sehat, rasanya pun enak. Apalagi saat ini teknologi pengantaran makanan sudah makin canggih, Moms bisa mulai membuat daftar masakan andalan dan membuat rencana branding. Lalu mulai dengan pemasaran melalui media sosial hingga langsung mendaftar sebagai mitra pengantaran makanan berbasis online. Moms bisa mulai berjualan kue, paket makan siang, hingga sambel kemasan. Siap-siap deh Moms jadi juragan katering.

2. Menjahit

karly-santiago-319853-unsplash
Photo by Karly Santiago

Sering lihat karya desainer kondang di Instagram kan? Nah daripada hasil jahitan Moms hanya disimpan sendiri, Moms bisa menjadikan ini sebagai profesi. Moms bisa memamerkan hasil karya Moms melalui media sosial. Ada banyak pilihan gaya pakaian atau produk yang bisa Moms buat. Sembari membuat baju untuk diri sendiri atau anak, atau membuat sarung batal sendiri, Moms bisa sekalian menjual hasilnya. Kalau Moms rasa kemampuan menjahitnya masih kurang untuk sampai bisa dijual, Moms bisa mengambil kursus desain atau menjahit singkat dulu sebelum terjun ke bisnis ini. Ada banyak kursus menjahit yang tersedia di Jakarta, stay tune ya Moms untuk daftar tempat kursus menjahit di area Jabodetabek.

3. Make up Artist

freestocks-org-209883-unsplash
Photo by freestocks.org

Wah kalau yang ini hobinya para wanita nih bukan hanya ibu-ibu. Make up artis adalah salah satu pekerjaan freelance paling laris di Indonesia. Mulai dari acara arisan, wisuda, foto pra nikah, hingga acara kawinan, butuh jasa yang satu ini. Bahkan karena menjamurnya produksi iklan di media sosial, kebutuhan atas penata rias untuk mendandani model juga naik. Skill dasar untuk menjadi make up artist tergolong dapat dengan cepat dikuasai. Kelas dan workshop untuk mempelajari make up juga banyak tersedia dan paketnya terjangkau. Jadi kalau memang hobi, dilanjutkan aja Moms jadi profesi.

4. Sulam Alis

28157915_1714270791952892_3770722810461159424_n
Photo by Paubeautee

Alis cetar membahana memang lagi trend untuk kaum hawa. Sepertinya alis kalau kurang cetar, belum siap eksis. Namun tidak semua wanita diberkahi dengan alis kece ala artis papan atas atau kemampuan dan waktu untuk membuat alis yang sempurna setiap hari. Maka solusinya adalah dengan menggunakan sulam alis, alias menggambar alis dengan teknik tertentu dan hasilnya berupa alis yang cetar dan tahan sampai 2 tahun. Saat ini permintaan atas sulam alis sedang tinggi dan harga pengerjaannya pun lumayan mahal. Banyak sulam alis profesional yang mematok tarif hingga jutaan. Mempelajari sulam alis ini juga tergolong cepat, hanya dengan mengambil course atau kelas selama beberapa minggu, biasanya sudah langsung bisa. Bisa jadi pilihan profesi untuk Moms.

5. Soap Making

viktor-forgacs-140589-unsplash
Photo by Karly Santiago

Hobi yang satu ini sebenarnya masih agak jarang di Indonesia. Namun membuat sabun adalah salah satu hobi yang cukup populer di luar negeri. Mungkin ada beberapa Moms yang pernah melihat tutorial cara membuat sabun sendiri dirumah atau bahkan sudah pernah mencoba membuat sabun sendiri. Hobi membuat sabun ini adalah salah satu hobi yang lumayan menenangkan alias memiliki relaxing / calming effect. Selain karena warnanya yang menarik, biasanya wanginya juga dapat membuat tenang. Nah Moms bisa nih membuat sabun organik atau sabun aroma terapi buatan rumah. Sabun dengan bentuk dan warna yang unit bisa juga dipasarkan sebagai souvenir pernikahan.

6. Content Writing

andrew-neel-609844-unsplash
Photo by Andrew Neel

Buat Moms yang hobi menulis, Moms bisa menyalurkan hobi melalui content writing. Ada beberapa platform freelancer yang menawarkan pekerjaan menulis artikel untuk website atau blog karena memang saat ini permintaannya sedang lumayan banyak. Harga yang dibayarkan biasanya untuk satu artikel. Nah harganya variatif tergantung jenis dan spesifikasi dari masing-masing tulisan. Enaknya, Moms tidak perlu pergi kemana-mana karena kerjanya cukup dari depan komputer masing-masing. Jadi mau menulis artikel di kamar, sambil menunggu anak sekolah, atau dimana-mana deh. Seru kan. Harganya juga kompetitif. Stay tune ya Moms, minggu depan Kelashobi akan membahas platform-platform freelance yang bisa Moms daftar.

7. Jasa Titip

hanson-lu-488869-unsplash
Photo by Hanson Lu

Hobi belanja juga bisa dimanfaatkan loh Moms. Sekarang ada yang namanya bisnis jastip alias jasa titip. Gimana sih cara kerjanya? Jadi secara umum, Moms semacam jadi perantara untuk konsumen yang ingin berbelanja namun tidak bisa datang langsung ke toko dan susah untuk beli online. Jastip ini tadinya populer untuk konsumen yang ingin membeli barang dari luar negeri dan menitipkan uang kepada temannya yang akan pergi ke luar negeri. Misalnya Moms akan pergi berlibur ke Singapura, nah Moms bisa membuka jastip untuk beberapa macam barang. Jadi Moms sekalian jalan-jalan sekalian deh dapat uang. Metode jastip ini tidak cuma untuk mereka yang akan bepergian ke luar negeri, namun juga bisa membuka jastip dari toko dalam negeri seperti saat ada pameran seperti Big Bad Wolf kemarin, atau membuka jastip produk-produk dari IKEA contohnya.

Nah bagaimana Moms, sudah terinspirasi?

Title Photo Credit by Remy Baudouin on Unsplash

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: