Ngabuburit atau Nunggu Bukber? Ini Aktivitas Seru dan Produktif Buatmu (Hati-hati, Bisa Bikin Kamu Lupa Waktu, Lho!)

Halooo, Learners! Tak terasa ya, sesaat lagi Learners yang beragama Muslim akan segera menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Semoga ibadahnya lancar ya, Learners! 😊

Ngomongin soal puasa, aktivitas favorit seperti apa yang Learners lakukan selama ngabuburit atau nungguin buka bareng teman-teman? Hmm, pastinya aktivitas yang seru dan gak bikin bosan yaa! Nah, kelashobi.com mau nambahin 4 referensi aktivitas seru dan pastinya produktif buat Learners ngabuburit, plus bisa bikin lupa waktu, lho!

  1. Ikutan kegiatan menggambar bareng. Learnes bisa bergabung di kegiatan menggambar bareng yang diadakan oleh Ruang Induk (IG: @ruanginduk) di Jakarta Creative Hub tiap hari Kamis pukul 15.00 – 18.00 WIB (waktu selama bulan puasa). Kegiatan ini tidak dipatok untuk genre menggambar atau painting tertentu saja. Kamu yang suka gambar komik, watercoloring, atau hand lettering sangat dipersilakan untuk bergabung. Lumayan lho, buat nambah kenalan (dan gebetan) sekaligus belajar genre gambar baru. Sebagai catatan, alat dan bahan menggambar dibawa sendiri yaa. Silakan kontak @ruanginduk untuk info lebih lanjutnya.
  2. Pinjam dan baca buku di Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas). Sudah pernah sowan ke gedung Perpusnas yang baru belum? Wah, wajib kunjung nih, Learners! Kamu bisa pinjam buku gratis (bikin kartunya dulu ya sebelum mulai meminjam) di perpustakaan terlengkap yang terdiri dari 27 lantai dan menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Selain lengkap, Perpusnas juga nyaman sekali untuk membaca, lho. Ruangan-ruangannya luas, sejuk, bersih, dan dibagi per seksi untuk memudahkan Learners mencari buku. Di Perpusnas sering pula diadakan acara seperti workshop menulis, nonton bareng, dan talkshow di waktu-waktu tertentu. Senang jepret-jepret foto? Beberapa sudut Perpusnas instagramable banget lho, cocok buat kamu yang pingin menuhin timeline Instagram dengan foto-foto kece. Untuk cari tahu kegiatan dan jam buka selama bulan Ramadhan, cek di sini ya: http://www.pnri.go.id/

    perpustakaan-nasional
    Bagian utama gedung Perpustakaan Nasional RI. Sumber: Media Indonesia
  3. Berburu spot foto keren. Eitss, foto-foto keren nggak hanya bisa diperoleh di cafe atau di mal, kok. Kamu bisa mengunjungi museum seperti Museum Bank Indonesia dan beberapa tempat wisata seperti Kota Tua atau Marina Ancol. Pingin lebih unik sedikit? Coba deh kunjungi Museum Taman Prasasti di Jakarta Pusat yang berisi nisan-nisan unik dari masa ke masa di Indonesia. Selain dapet foto-foto kece, kalian juga bisa belajar sejarah lebih jauh lagi, lho, karena di sana terdapat nisan khas dari zaman Belanda hingga kini. Suasananya adem dan rindang, jauh dari kesan seram, deh! Oh ya, perlu diperhatikan juga, jam buka museum bisa saja berubah selama bulan Ramadhan. Jadi, gak ada salahnya googling untuk mengecek dulu ya sebelum berkunjung.

    Museum Taman Prasasti
    Salah satu sudut Museum Taman Prasasti. Mirip pemakaman di Eropa ya! Sumber: www.daftartempat.com
  4. Belajar keterampilan baru. Misalnya, belajar bikin jamu. Iya, jamu. Unik kan? Gak hanya bermanfaat bagi tubuh karena menggunakan bahan-bahan alami, dengan belajar membuat jamu Learners juga turut serta melestarikan budaya Indonesia, lho. Saat ini ada kelas meramu jamu yang diadakan oleh maubelajarapa.com. Pingin tahu apa yang akan diramu dan ingin join kelasnya? Cek di sini ya link-nya: https://maubelajarapa.com/workshop/ramadhan-special-learn-how-to-make-your-own-jamu-beverage-at-home/
jamu-untuk-penyakit-tifus-980x650
Belajar bikin jamu? Kenapa nggak? Sumber: autoimuncare.com

Nah, dari 4 aktivitas ini, kamu mau coba yang mana nih, Learners? Yang manapun yang Learners minati dan akan coba, semoga ibadahnya lancar selalu yaa selama sebulan ke depan. Stay tune dan ampai bertemu di bahasan kelashobi.com lainnya! 😊

Kontributor: Yolanda Wijayanti

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: