#ReviewKelasHobi: Belajar Watercoloring Sederhana, yuk!

Hi, Learners! Ada yang berminat atau suka melukis menggunakan cat air atau watercolor? Ada workshop yang seru, nih!

Workshop ini diadakan dalam rangka Pameran Sukacita yang diadakan oleh Ruang Induk (IG: @ruanginduk) dan di-organize oleh maubelajarapa.com. Kelas ini diadakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 kemarin di Qubicle 79, Senopati, Jakarta Selatan. Mbak Alif Quita (@quitanp) yang sekaligus merupakan founder Ruang Induk, turun langsung menjadi instruktur pada hari itu, lho!

Dalam workshop ini, penyelenggara menyediakan kertas gambar, pensil, dan mini booklet tentang konsep-konsep dasar watercoloring yang bisa dibawa pulang oleh peserta. Sementara itu, kuas, cat, dan palet dipinjamkan selama kegiatan berlangsung.

Perlengkapan tempur kami 😀

Nah, kelasnya menarik nih, Learners. Sekitar 30 menit pertama digunakan untuk mempelajari beberapa konsep dasar watercoloring (wet on wet, wet on dry, dan dry on wet) serta basic brush strokes (yap, ternyata bagaimana memosisikan kuas, tekanan yang diberikan, serta kemiringannya sangat berpengaruh terhadap hasil lukisan, lho!).

Belajar dasarnya dulu yaa

60 menit selanjutnya, kami belajar sketching sederhana dalam bentuk wajah. Di sini kita boleh memutuskan potret siapa yang hendak kita lukis. Boleh foto wajah kita sendiri, pacar, teman, orangtua, anak, atau bahkan artis. Nah, karena judulnya simple portrait dan bukan realis, tantangannya adalah menyederhanakan “fitur-fitur” wajah, bukan membuat wajah semirip mungkin dengan. Catatan pentingnya, harus tetap memperhatikan proporsi dasar wajah (kami diajari bagaimana membuat wajah yang proporsional dengan menggunakan garis bantu).

30 menit terakhir kami gunakan untuk mewarnai sketch kami dengan cat air. Ini nihh, bagian yang paling seru! Keunikan watercolor adalah dapat digunakan untuk menghasilkan warna yang transparan dan bisa dibuat vivid atau soft tergantung pada jumlah air yang kita gunakan. Selain itu, cat air juga mudah menyatu ketika digabung di atas kertas dan bisa menghasilkan gradasi warna baru. Untuk kelas ini, Mbak Alif memberikan beberapa tips ‘n tricks terkait warna-warna campuran untuk menghasilkan warna khas kulit, sekaligus bagaimana tips menciptakan bayangan agar lukisan kita lebih “hidup”.

Para peserta dengan hasil karya masing-masing

Untuk memperkaya pengetahuan sekaligus membuat kita makin terampil, Mbak Alif menyarankan agar kita sering-sering berlatih dan mempelajari teknik-teknik dari video seperti YouTube. Meski demikian, mengikuti workshop jelas sangat bermanfaat karena membuat kita bisa berlatih teknik yang benar dalam pengawasan ahlinya. Selama kelas berlangsung, Mbak Alif juga sangat kooperatif dan membantu peserta secara individual.

Mbak Alif memberikan tips praktis kepada salah satu peserta

Secara keseluruhan, kelas ini cocok untuk pemula yang ingin belajar bagaimana menggambar fitur-fitur wajah versi sederhana dengan warna-warna yang soft. Oh yaa, harganya pun sangat ramah di kantong, 100 ribu rupiah saja. Sayangnya, karena kelasnya hanya berdurasi 2 jam, rasanya agak cepat (mungkin karena asyik juga, yaa!). Tapi jangan khawatir, karena dengan modal dasar teknik-teknik yang diajarkan, peserta yang belum selesai atau belum puas dengan hasil karyanya bisa melanjutkan finishing lukisannya di rumah.

Selain itu,  Ruang Induk juga mengadakan aktivitas menggambar bersama lho tiap minggunya! Gratis tis tanpa dipungut biaya. Lokasinya di Jakarta Creative Hub, pukul 17.00 – 20.00 WIB, setiap hari Kamis (selama bulan Ramadhan akan berlangsung pukul 15.00 – 18.00, jadwal ter-update bisa dilihat di IG @ruanginduk). Sebagai catatan, peserta harus membawa alat gambar masing-masing yaa.

Nah, gimana, Learners? Sudah ada gambaran weekend ini mau ikut workshop apa? 🙂

Kontributor: Yolanda Wijayanti

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: