Painting & Wine Jadi Satu? Why Not?

Hello, Learners! Ada yang senang melukis, atau penasaran pingin coba melukis khususnya di atas kanvas? Nah, kali ini, kontributor kelashobi.com berkesempatan untuk mengikuti workshop yang diadakan oleh Bartega Studio (www.bartega.com). Dengan tema “paint and sip”, sudah kebayang apa saja yang ada di dalamnya? Yap, Learners. Selain menawarkan aktivitas melukis, Bartega Studio juga menyediakan free flow wine untuk mendampingi peserta yang melukis, lho! Hmmmm…

Nah, bagi Learners yang tidak ingin ikut minum wine, jangan khawatir. Learners bisa memilih paket tanpa wine. Ada 2 paket tersedia: Canvas & Wine Package dan Canvas Package (tanpa wine), tentu dengan harga yang lebih ekonomis.

Painting workshop yang diselenggarakan oleh Bartega Studio ini diadakan rutin dan mengusung berbagai tema, Learners. Beberapa di antaranya: Witchcraft & Wirzadry, Washington Paradise, Paint Your Pet, dan tema-tema unik lainnya. Media utama yang digunakan adalah cat akrilik di atas kanvas, namun untuk beberapa tema khusus, Learners bisa melukis di atas talenan, mug, dan bahkan di atas jaket denim, lho! Cocok nih buat Learners penyuka yang unik-unik.

Situasi selama workshop. Sumber: @bartega.studio

Sesi yang kelashobi.com ikuti hari Minggu, 20 Mei 2018 kemarin bertema Witchcraft & Wizardry (ala Harry Potter nih, Potterheads mana suaranyaa?) dengan aktivitas melukis di atas kanvas. Berikut review kontributor kelashobi.com ya!

Secara konsep, jelas workshop dari Bartega Studio ini sangat unik dan menarik, karena menggabungkan aktivitas melukis dan minum wine yang terkesan santai, tidak kaku, dan bisa dijadikan ajang bersosialisasi juga. Namun karena diadakan di rooftop yang hanya ditutupi kanopi di siang harinya Jakarta, udaranya cukup bikin berkeringat juga. Selain itu, kelas ini animonya tinggi lho, total ada 36 peserta (banyak yang membawa pasangan dan sebagian di antaranya expatriate), sehingga space-nya cukup padat dan sempit. Meski demikian, fasilitas lukis yang diberikan sangat memadai dan peserta sangat terbantu oleh para fasilitator ramah yang gercep alias gerak cepat membagikan cat ketika cat kita habis atau mengganti kuas sesuai kebutuhan peserta, juga me-refill gelas-gelas wine.

Persiapan awal: kanvas, flyer panduan (yang terfoto hanya satu), dan celemek

Di awal sesi, sudah disediakan kanvas kosong beserta palet berisi cat akrilik serta beberapa jenis kuas untuk masing-masing peserta. Peserta juga diberikan 2 lembar flyer yang berisi panduan untuk melukis background dan gambar utama dari lukisan yang hendak kita buat. Takut catnya berlepotan? Jangan khawatir, peserta juga dipinjamkan celemek untuk melindungi pakaian kita dari ceceran cat, lho!

Setelah nyaman dengan tempat masing-masing, peserta diinstruksikan untuk membaca instruksi yang tertera di 2 flyer yang dibagikan (berisi instruksi step-by-step yang harus dijalankan). Di tahap awal, peserta dipersilakan untuk melukis background lukisan sesuai instruksi di flyer (melukisnya tidak melalui tahap sketching dulu). Sayangnya, fasilitator tidak memberikan brief dasar tentang acrylic painting lebih dulu. Mengingat tidak semua peserta akrab melukis dengan cat jenis ini dan setiap jenis cat memiliki karakteristik berbeda-beda, akan sangat bermanfaat jika ada sesi pengenalan singkat di dalamnya. Kontributor sendiri cukup bingung pada awalnya, dan harus trial-and-error serta bertanya pada fasilitator hingga bisa menemukan teknik yang pas.

Tahap 1: background

Selama sesi, fasilitator hanya memberikan sedikit instruksi. Peserta sangat dibebaskan untuk berimprovisasi, tidak harus betul-betul mengikuti contoh gambar yang diberikan. Inisiatif untuk bertanya juga diserahkan kepada peserta, sementara fasilitator selalu siap sedia untuk membantu peserta yang mengalami hambatan selama melukis (plus gak segan untuk membantu fotoin peserta. Hehe). Untuk durasi, waktu 3 jam sangat cukup untuk membuat keseluruhan lukisan. Karakteristik cat akrilik yang cepat kering juga oke banget, karena peserta bisa langsung membawa pulang lukisannya tanpa takut cat di atas kanvas mengotori tas atau pakaian kita.

Tahap berikut: detailing. Di bagian ini agak kurang sreg, sehingga siluetnya di-repaint.

Untuk paketnya, Bartega Studio mematok harga 350 ribu untuk Canvas Package (paket workshop tanpa wine) serta 450 ribu untuk Canvas & Wine Package (paket dengan free flow wine). Harga ini sudah termasuk kanvas dan 2 lembar flyer petunjuk yang bisa dibawa pulang. Sementara itu, kuda-kuda penyangga, cat akrilik merk Reeves, serta kuas dipinjamkan selama sesi.  Bonus tas kanvas juga bisa diperoleh dengan syarat Learners membuat posting di Instagram atau IG Story terkait workshop dan men-tag IG Bartega Studio (@bartegastudio). Oh ya, kegiatan ini juga bisa dipesan untuk kegiatan korporasi, lho. Seru tuh kayaknya, melukis bareng temen-temen sekantor.

Hasil akhir lukisan bertemakan “Witchcraft & Wizardry”

Jadi pingin melukis sembari nge-wine, Learners? Silakan cek website Bartega Studio untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut ya!

  • Vendor: Bartega Studio (www.bartega.com)
  • Durasi: 3 jam
  • Venue: Hause Rooftop, Setiabudi, Jakarta
  • Price (regular canvas workshop): IDR 350.000 (Canvas Package), IDR 450.000 (Canvas & Wine Package)

Kontributor: Yolanda Wijayanti

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: