Time Management atau Self Management ?

Jakarta, 26 November 2018

Oleh Feronica Fa Rozaline

“Time is the school in which we learn, time is the fire in which we burn.” oleh Delmore Schwartz. Pesan kuat yang ada dalam kutipan tersebut adalah manfaatkanlah waktu yang (kamu) miliki sebaik-baiknya, jangan sampai menyesal di kemudian hari. Dalam kegiatan pembelajaran dan aktivitas sehari-hari lainnya, penggunaan waktu menjadi sangat penting. Kenapa? Supaya kita sibuk tetapi ada manfaatnya. Yang namanya waktu itu bisa cepat sekali berlalu. Saat ini saja kita sudah tiba di penghujung tahun 2018 dan sebentar lagi akan memasuki tahun 2019. Pada tulisan ini, KelasHobi ingin mengupas bagaimana memanfaatkan waktu seoptimal mungkin.


Photo by Stil

Pengelolaan waktu merupakan salah satu keahlian yang seringkali disebutkan sebagai penghambat kesuksesan. Padahal keahlian mengelola waktu, walaupun sering diremehkan, adalah salah satu keahlian yang bisa dipelajari dan dilatih. Setiap orang diberikan waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan seterusnya, setuju kan. Namun, hanya segelintir orang yang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. 
Nah ada tips bagus dari Bud Bilanich (Fast Company, 2008) yang mengatakan jika ingin menjadi luar biasa, diperlukan tiga hal.

  • Menjadi pembelajar seumur hidup. Tapi bukan jadi murid sekolah selamanya loh ya. Yang ini artinya kita tidak boleh berhenti belajar.
  • Atur dan raih tujuan tinggi. Maksudnya jangan tanggung-tanggung kalau bikin goals. Namun kita juga harus tetap konsisten untuk meraih goals tersebut.
  • Atur diri; mengatur waktu, ruang, dan stres kita dengan baik. Jangan meremehkan kekuatan diri kita sendiri namun juga jangan terlalu membebani diri kita. Kita harus dapat mengenali kapasitas diri sendiri. 
Photo by Rawpixel

Time Management itu sangat penting namun, tantangannya bertambah ketika kita mendapatkan tanggung jawab yang lebih banyak dan kegiatan lebih padat. Padahal sudah berusaha membuat to-do list sesuai dengan prioritas, menjadwalkan agenda, memulai lebih awal dan berhenti lebih larut sampai kurang tidur, tetapi belum juga dapat menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan numpuk, kita jadi stress lalu sakit. Waduh jangan sampai ya.

Photo by Abbie Bernet

Jadi, apakah Time Management saja masih menjadi cara ampuh untuk mencapai kesuksesan baik dalam belajar atau target lainnya yang ingin dicapai? Jangan sampai waktunya sih masih ada atau masih cukup, tapi kita sudah tidak punya tenaga. Nah kali ini KelasHobi ingin membahas mengenai konsep Self Management. Self Management adalah manajemen atas dan oleh diri sendiri, mengambil tanggung jawab atas perilaku dan kesejahteraannya sendiri. Konsep self management mewajibkan kita untuk menentukan tujuan dan kemudian mengatur dan melaksanakan kegiatan kita dengan dasar itu. Sehingga kita bisa membuat prioritas tidak hanya berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingannya (seperti dalam pendekatan Time Management), tetapi yang memberikan kontribusi terbesar bagi keberhasilan kita dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Photo by Lidya Nada

Self Management merupakan pengelolaan pikiran dan emosi, dan menangani secara efektif hubungan kerja, keluarga, dan sosial kita. Ini penting banget karena saat ini kita sangat dituntut untuk multi tasking dan mengambil peran lebih dari 1, contohnya working mom, pelajar yang juga kerja paruh waktu, atau pegawai kantoran yang sedang menyelesaikan kuliahnya.

Nah kali ini KelasHobi akan memberikan beberapa saran yang dapat diaplikasikan dalam mengelola diri (Self Management) sekaligus mengelola waktu (Time Management).

Berhenti menunda, ambil langkah pertama


Photo by Lindsay Henwood

Punya kebiasaan menunggu “ilham” last minute alias the power of kepepet? Sebaiknya kebiasaan menunda harus kita hilangkan kalau kita mau jadi lebih baik lagi. Karena semakin kita menunda pekerjaan, semakin besar tugas tampaknya menjadi dalam pikiran kita dan semakin banyak energi mental yang akan habis. Jika tugas tersebut terasa begitu berat, pecahkan tugas menjadi langkah yang lebih kecil, dan ambil langkah pertama.

Mengatakan “TIDAK” pada gangguan


Photo by Paul Hanaoka

Ini pasti paling sering terjadi nih, kita tergoda untuk melihat smartphone dan cek social media sampai berjam-jam (apalagi kalau sedang ada gosip hits ala selebriti ibukota seperti saat ini). Hal ini berarti kita mengatakan “YA” pada social media. Yang perlu diingat adalah setiap kali kita mengatakan ya untuk satu hal, maka secara bersamaan mengatakan tidak untuk sesuatu yang lain.

Lakukan sendiri, buang, delegasikan dan tunda


Photo by Rawpixel

Jangan terkecoh dengan kata “tunda” disini. Maksudnya kita harus bisa membuat prioritas. Jika pekerjaan atau tugas kita harus melakukannya sendiri, maka lakukanlah sesegera dan seefisien mungkin. Jika benar-benar tidak relevan, maka buang (hapus) saja. Jika dapat dilakukan oleh orang lain, delegasikan tugas tersebut. Ini bukan berarti kita sembarangan melempar pekerjaan pada orang lain ya, tapi ibaratnya, kita tetap fokus dengan pekerjaan utama. Misalnya untuk ibu rumah tangga, jika memang bisa, percayakan beberapa tanggungjawab ringan kepada anak. Dan jika itu penting tetapi tidak mendesak, simpan di agenda atau jurnal harian untuk dikerjakan nanti. Fokuslah pada prioritas untuk hari itu dan target yang telah ditetapkan.

Sediakan waktu untuk self-care


Photo by Thought Catalog

Setelah sehari-hari berkutat dengan pekerjaan kita apapun itu, kita pasti lelah baik secara fisik maupun psikis. Oleh karena itu, sediakan waktu untuk self-care dan me-time, jangan lupa untuk memberikan reward pada diri sendiri juga. Jangan lupa tidur dan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga. Dedikasikan waktu kita untuk melakukan hal tersebut.   

Jadi itu dia pentingnya time management dan self management. Karena percuma jika waktunya cukup tapi tenaganya yang habis atau sudah keburu stress duluan. “The key is in not spending time, but in investing it” (Stephen Covey). Semoga berhasil dan tetap semangat.

Referensi

https://facilethings.com/blog/en/self-management

https://www.centric.eu/RO/Default/Careers/Blog/2017/08/28/Time-Management-or-Self-Management

https://www.fastcompany.com/912354/self-management-vs-time-management

https://www.lifeoptimizer.org/2007/03/08/66-best-quotes-on-time-management/

https://www.mensch-und-kommunikation.com/effective-time-and-self-management.html

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: