4 Tempat Favorit untuk Menyegarkan Tubuh dan Jiwa Sembari Travelling di Bali

Hi, Learners! Baru saja saudara-saudara kita pemeluk Hindu merayakan Hari Nyepi kemarin. Selamat Hari Raya Nyepi!

Perayaan Nyepi memiliki makna dan kembali melihat diri dengan pandangan yang jernih dan daya nalar yang tinggi. Ada 3 Catur Barata Penyepian, yakni Amati Geni (tidak menyalakan api dan berpuasa), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungaan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mencari hiburan). Kesemuanya ini bertujuan untuk meredakan nafsu indra kita sehingga kualitas hidup meningkat.

Tahukah kamu bahwa “berdiam diri” sebagaimana yang dilakukan selama Nyepi merupakan salah satu hal yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh dan jiwa? Ya, kesibukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari tidak jarang membuat kita mumet dan kadangkala berada dalam autopilot mode. Stress dan tekanan dalam keseharian tentu butuh dilepaskan untuk menjaga kesehatan jiwa kita.

Berdiam diri di sini bukannya bengong ya, melainkan menarik diri sejenak (retreat) dari kesibukan untuk menyegarkan diri. Nah, Bali dengan keindahan alam dan ketenangannya merupakan salah satu lokasi favorit untuk hal ini, ditandai dengan banyaknya tempat wellness retreat yang tersedia. Buat kamu yang punya hobi travelling dan ingin sejenak menyegarkan diri sembari menyalurkan hobimu, ini beberapa tempat yang bisa kamu pertimbangkan:

1. The Yoga Barn (Ubud): merupakan tempat wellness retreat terbesar di Asia Tenggara yang berdiri sejak tahu 2007. Di sini, tersedia hingga 15 kelas yoga dan workshop tiap harinya, mulai dari Classical Hatha Yoga, Pranayama, program detoxification hingga naturopathy dan sound therapy.

Salah satu kelas yoga di The Yoga Barn. Sumber: IG @yogatx

2. Desa Seni (Canggu): selain tempat beristirahat, Desa Seni menawarkan beragam aktivitas yang menarik, di antaranya kelas-kelas yoga, termasuk training untuk menjadi guru yoga, kelas yoga privat, serta mempelajari kebudayaan di Bali. 

Salah satu sudut di Desa Seni.

3. Fivelements Bali Retreat (Abiansemal): merupakan penginapan yang mendukung aktivitas retreat-mu dengan lingkungan yang masih sepi dan sejuk. Di sini, kamu bisa memilih makanan sehat seperti raw food dan tempat yang non-smoking berudara segar. Fivelements juga menawarkan training kuliner untuk belajar mengolah makanan sehat, lho.

Fivelements Bali

4. Zen Resort Bali (Buleleng): di sini, kamu tidak hanya menginap tapi juga bisa mengikuti kelas meditasi saat matahari terbit dan tenggelam. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Lovina, jadi cocok untukmu yang suka udara laut. Uniknya, di sini tersedia program Zen Harmony Diving yang menggabungkan scuba diving dan snorkeling dengan yoga dan meditasi.

Salah satu kelas yoga di Zen Resort Bali

Jangan lupa ya, jika kamu datang untuk retreat alias menyegarkan diri kembali, cobalah unplug atau menghindari diri dari gadget, baik untuk meng-update status atau timeline scrolling. Sebab, kegiatan ini bisa mendistraksi waktu luang yang sengaja kita siapkan untuk diri kita sendiri. Sisanya, kamu bisa menikmati hobi sekalogus menyegarkan diri kembali. Selamat mencoba!

Sumber:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: