3 Olahraga Gunung dan Spot Favorit. Mana yang Kamu Minati?

Halo! Beberapa waktu belakangan, kualitas udara khususnya Jakarta sedan kurang baik, ya. Kalau pingin yang segar-segar, ke mana lagi kalau bukan ke pegunungan? Nah, buatmu yang #TimGunung, boleh nih mencoba beberapa aktivitas olahraga untuk dilakukan di kawasan pegunungan. Selain menyegarkan pikiran, tentu aktivitas-aktivitas ini akan membantumu merasa lebih segar! Yuk, kita simak.

1. Paralayang atau Paragliding
Merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas yang dilakukan dengan cara lepas landas dari lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Wah, pasti seru karena kamu akan merasakan sensasi terbang bebas. Paralayang menggunakan alat berupa parasut dan memerlukan pendampingan tenaga profesional bagi kamu yang masih pemula.
Beberapa spot di Pulau Jawa yang bisa dipertimbangkan untuk melakukan olahraga ini adalah di Bukit Paralayang di Yogyakarta, Gunung Banyak di Batu, Malang, serta Bukit Joglo di Wonogiri.

Aktivitas paralayang di Gunung Banyak, Batu, Malang. Sumber: Pesona Indonesia Kompas.com

2. Hiking
Hiking atau mendaki gunung merupakan olahraga yang paling umum dalam hal jelajah gunung. Buatmu yang masih pemula, kamu bisa menjelajahi Gunung Papandayan atau Gunung Prau. Sementara buatmu yang sudah biasa naik gunung, kamu bisa mencoba pendakian ke Mahameru, puncak Gunung Semeru yang merupakan titik tertinggi di Pulau Jawa. Jangan lupa ya, untuk hiking kamu memerlukan persiapan yang tidak main-main. Jadi, pastikan fisikmu sudah kuat dengan melakukan olahraga beberapa waktu sebelum pendakian. Kamu juga perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi apapun yang muncul selama perjalanan, seperti cuaca yang berubah-ubah atau suhu udara yang turun drastis.

Ranu Kumbolo, perhentian menjelang Puncak Mahameru, Gunung Semeru. Sumber: IDN Times

3. Trail running
Trail running merupakan aktivitas olahraga yang mengombinasikan lari dan mendaki di tempat yang tidak rata, termasuk hutan, tebing, dan area pegunungan. Yang menarik dari trail run adalah kesempatan untuk bisa menjelajah berbagai medan dan rute yang menantang. Saat menjalankan trail run, kamu perlu membawa beberapa peralatan seperti peta rute, P3K, makanan dan minuman, serta jas hujan dan peluit. Ini dipersiapkan untuk memastikan keamanan dan keselamatanmu sepanjang perjalananmu, tentunya.
Beberapa spot untuk trail running yang bisa kamu jelajahi adalah di kawasan Ijen, Jawa Timur, di mana akan diadakan Ijen Trail Running di akhir September nanti. Selain itu, ada Situgunung di Sukabumi, Jawa Barat, serta Taman Nasional Alas Purwo di Jawa Timur yang cocok buatmu yang menyukai track berupa hutan hujan tropis.

Trail running di Situgunung, Sukabumi. Sumber: tinalatief.com

Pingin Coba Hal Baru? Yuk, Nginap di Hotel Gantung Tebing Parang!
Sebagai bonus, kami hadirkan satu rekomendasi unik nih buatmu: Skylodge Pajajaran Anyar di Tebing Parang, Purwakarta, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan tanah dan menggantung di tebing, bahkan lebih tinggi dibandingkan hotel serupa di Peru. Jadi buatmu para adrenaline junkies, boleh nih dicoba bermalam di sini. Hotel ini berdinding kaca sehingga kamu bisa memandang matahari terbit dan tenggelam yang cantik. Hmm, kebayang kan, indah dan uniknya?

Jadi, pilihan olahraga “gunung” mana yang jadi hobimu dan ingin kamu coba? 😉

Sumber:
http://www.paragliding.web.id/paralayang.php
https://www.gotravelly.com/blog/lokasi-paralayang-terbaik-di-indonesia/ https://phinemo.com/7-aturan-umum-trail-run-yang-harus-benar-benar-kamu-pahami/
https://mpora.com/hiking-and-trail-running/trail-running-everything-you-need-know
https://www.mldspot.com/traveling/4-trail-run-terbaik-di-indonesia-lo-bisa-lari-dengan-pemandangan-indah
https://www.runsociety.id/inspirasi/9-tempat-lari-trail-paling-menakjubkan-di-indonesia/
https://travel.kompas.com/read/2017/11/20/100900327/fakta-unik-hotel-gantung-tebing-parang-di-purwakarta?page=all

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: