#Review KelasHobi: Belajar Online Konstelar Workshop

Make each day your masterpiece.

John Wooden

Menurut KelasHobi, quotes tersebut pas banget untuk situasi saat ini karena sangat memotivasi ,agar kamu yang sedang #dirumahaja bisa kembali punya semangat untuk berkarya. Sama seperti pengajar workshop yang tetap semangat untuk membagikan ilmu walaupun harus dari jarak yang jauh, kamu juga bisa tetap semangat untuk belajar. Mungkin sulit pada awalnya untuk dapat menyesuaikan diri dengan “the new normal”, namun kita harus tetap positif dan kreatif dalam menyikapi keadaan saat ini. Jadi seperti apa sih pengalaman KelasHobi di kelas online ini?

KelasHobi mengikuti 2 jenis kelas online bersama dengan Konstelar Workshop, kamu bisa akses website mereka di http://www.konstelar.com. Kelas yang pertama adalah kelas LIVE Basic Make Up by Paubeautee (Febby Liu), dan kelas Whatsapp Group Botanical Wax Sachet by Mocca Craft. Kelas ini diadakan oleh Konstelar Workshop bekerja sama dengan pengajar dan menggunakan platform komunikasi online / aplikasi pesan online. Hal ini untuk memastikan agar baik pengajar maupun peserta dapat dengan mudah mengakses kelas online. Hampir semua smartphone memiliki aplikasi pesan online semacam Whatsapp atau Line sehingga mudah untuk mengatur percakapan grup. Selain itu, aplikasi ini biasanya gratis, sehingga tidak memberatkan harga workshop. Namun terdapat beberapa kekurangan, salah satunya adalah sulitnya mengatur kualitas video saat LIVE dan tentunya karena aplikasi ini bukan aplikasi khusus untuk mengajar, interaksi pengajar dengan peserta tidak dapat terlalu interaktif. Langsung kita masuk ke kelas yang pertama.

LIVE Basic Make Up by Paubeautee (Febby Liu)

Kita mulai dari Online Class pertama yang KelasHobi ikuti. Kelas ini diadakan pada tanggal 11 April 2020 dengan menggunakan platform LINE Video Call. LINE dipilih karena saat itu sudah mampu menyediakan layanan video call yang dapat diikuti oleh 6 user secara bersama-sama. Selain itu, pengguna LINE juga cukup banyak di Indonesia. Total ada 4 peserta yang mengikuti kelas ini termasuk KelasHobi. Yang paling asik, kelas ini gratis, hanya perlu follow IG pengajar dan Konstelar Workshop. Total durasi kelas adalah 1 jam. Kelas ini berbentuk demo class dan sharing session yang dilanjutkan dengan sesi privat selama 10 menit untuk masing-masing peserta. Materi ajar disediakan dalam bentuk slide yang bisa diakses di website Konstelar, yaitu http://www.konstelar.com.

Kelas berlangsung fun ya, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta dan kita jadi tahu tips serta trik praktis untuk make up sehari-hari. Kak Febby mengaplikasikan make up secara bertahap dan mengijinkan peserta untuk mengajukan pertanyaan di akhir setiap step. Kak Feby juga menjelaskan semua make up dan alat yang digunakan, plus alat dan make up alternatif yang bisa digunakan jika peserta tidak memiliki atau kurang nyaman dengan alat dan make up yang digunakan saat kelas. Yang paling berkesan adalah private session selama 10 menit antara masing-masing peserta dengan Kak Feby, karena peserta bebas menanyakan apapun termasuk make up yang direkomendasikan untuk bentuk muka, jenis kulit, dan kepribadian masing-masing peserta.

Whatsapp Group Botanical Wax Sachet by Mocca Craft

Kelas online kedua yang kami ikuti adalah kelas Botanical Wax Sachet yang diadakan oleh Konsterlar Workshop bersama dengan Mocca Craft (Ibu Tanti) sebagai pengajarnya. Kelas ini menggunakan grup chat whatsapp sebagai sarana mengajar. Materi yang disediakan berupa materi teori dan video tutorial yang bisa diakses di http://www.konstelar.com. Nah karena kelas ini berbayar, materi tersebut dilindungi dengan password dan hanya bisa diakses oleh peserta yang sudah terdaftar. Materi sudah dapat diakses oleh peserta mulai dari 3 hari sebelum kelas. Kelas ini juga menyediakan kit jika peserta ingin mencoba membuat wax sachet namun belum memiliki bahan dan cetakan yang dibutuhkan. Peserta juga dianjurkan untuk mencoba membuat wax sachet terlebih dahulu mengikuti video tutorial yang sudah disediakan agar peserta dapat mendiskusikan kesulitan saat kelas dimulai.

Kelas dimulai pada tanggal 18 April 2020 dengan durasi 2 jam. Ibu Tanti memulai kelas dengan materi-materi lanjutan yang belum dibahas di video tutorial, tips dan trik, serta personal style Ibu Tanti saat membuat wax sachet. Setelah itu kelas dilanjutkan dengan tanya jawab. Nah ini momen serunya, beberapa peserta membuat wax sachet saat kelas berlangsung di rumah masing-masing, dan memberikan pertanyaan seputar pembuatan wax sachet saat tanya jawab. Proses tanya jawab sangat seru, KelasHobi berhasil membuat 2 wax sachet sembari mengikuti kelas. Saat pembuatan wax sachet pertama, muncul bercak putih dan gelembung pada wax sachet yang kami buat, yang ternyata disebabkan oleh suhu yang terlalu panas. Namun akhirnya KelasHobi berhasil membuat 1 lagi wax yang cantik.

Kesimpulan

Ternyata sangat menyenangkan dapat belajar dan berinteraksi dengan orang lain selama masa karantina mandiri ini, walaupun hanya dengan menggunakan aplikasi chat. Poin utama yang menurut KelasHobi menjadi daya jual dari kelas online ini adalah tingkat interaksi yang didapatkan. Kita sering melihat sistem dan metode kelas online dimana modul materi diberikan secara online dan peserta diharapkan untuk belajar sendiri tanpa pendampingan pengajar. Walaupun sistem tersebut sangat fleksible secara waktu, namun tidak jarang, kita kebingungan saat harus bertanya dan berdiskusi. Jadi kesimpulannya interaksi itu penting sekali, apalagi dimana saat interaksi sosial harian kita juga sudah berkurang jauh karena harus #dirumahaja.

Penting untuk mengisi waktu dengan hal yang berguna dan positif selama masa ini. Di rumah bukan berarti produktivitas kita berkurang. Kita tetap bisa upgrade diri dan mencoba hal baru. Mau mulai berwirausaha dari hobi juga bisa. Mau ikut kelas online juga bisa. Nah untuk kamu yang masih ragu untuk ikut kelas online namun tetap mau belajar hal baru, kamu bisa cek slide materi seputar hobi di website kami ya. Stay healthy, stay positive!!

Penulis: Jennifer

Featured Image: Felix Russel Saw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: