#Review KelasHobi: Belajar Bikin Jamu dan Lulur Herbal di Kelas Whatsapp

Kelas online saat ini mulai tersedia banyak dan semakin beragam. Semua pengajar bergegas untuk menyesuaikan diri dengan “the new normal“. Banyak sekali ternyata yang bisa dipelajari secara online. Sebenarnya efektif tidak ya? Bisa diikuti dengan mudah ga? Nanti bagaimana tanya-tanyanya? Apa saja yang dibutuhkan untuk ikut kelas online? Nah yuk disimak bagaimana jalannya kelas online ala Gaku Kelas. Untuk tema ini, Gaku Kelas mengadakan workshop bersama dengan Kak Cattleya Rani dari Rajadewi Natureart.

Kelas Membuat Ekstrak Jamu Jahe Merah Instan

Kelas ini berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 April 2020. Karena kelasnya diadakan di chat group, semua materi dan komunikasi juga dilakukan melalui media whatsapp. Kelas dibuka selama 4 hari agar peserta memiliki kesempatan untuk bertanya dan praktek sendiri dirumah. Kelas dimulai dengan sesi perkenalan dari Kak Rani yang ternyata sudah menggeluti bidang jamu selama lebih dari 15 tahun. Jadi sudah banyak produk yang dihasilkan oleh Kak Rani. Materi mengenai jamu dibagikan melalui 2 media, yaitu materi teori dengan format PDF dan video tutorial mengenai cara pembuatan jamu langkah demi langkah. Peserta diharapkan sudah membaca bahan PDF terlebih dahulu sebelumnya. Untuk peserta yang membeli bahan jamu untuk workshop, bahan akan dikirimkan terlebih dahulu sebelum workshop berlangsung. Untuk bahan yang digunakan kali ini, Kak Rani menggunakan jahe merah, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan rempah lainnya. Berikut hasil buatan peserta dan Kak Rani.

Peserta sangat dianjurkan untuk ikut membuat jamu saat kelas berlangsung agar jika ada pertanyaan dan kesulitan saat mencoba dapat segera ditanyakan kepada Kak Rani. Peserta dapat mengajukan pertanyaan dan semua tanya jawab yang masuk akan direkap di akhir kelas. Salah satu kesulitan utama yang dialami oleh peserta adalah membuat ekstrak jamu menjadi kering seperti bubuk seduh. Untuk mencegah agar peserta tidak keliru, Kak Rani menganjurkan peserta untuk mengirimkan foto jamu hasil buatan masing-masing peserta pada setiap langkah-langkah. Sehingga proses belajar bisa lebih detail dan interaktif.

Kelas Membuat Lulur Herbal Kering

Sama seperti kelas jamu, kelas lulur herbal juga menggunakan chatgroup whatsapp sebagai media mengajar. Kelas berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 Mei 2020. Secara teknis, prosesnya kurang lebih sama dengan kelas jamu, disini Kak Rani juga menyediakan materi teori dalam bentuk PDF dan materi video tutorial. Penggunaan lulur untuk kecantikan sudah turun temurun dilakukan bahkan mulai dari jaman kerajaan-kerajaan di Indonesia. Lulur herbal alami bagus untuk kulit dan pastinya terjamin karena dapat dibuat sendiri. Bahan utama yang digunakan adalah tepung beras, kayu manis, dan kenanga. Peserta diberikan kesempatan untuk praktek secara mandiri di rumah masing-masing sehingga jika ada pertanyaan atau kesulitan bisa langsung didiskusikan dengan Kak Rani.

Langkah-langkah yang diberikan cukup mudah diikuti dan banyak peserta yang mencoba serta berhasil. Nah gimana, mau coba juga?

Kelas online selanjutnya akan diadakan di bulan Juni. langsung follow IG @rajadewi_natureart @kelashobi dan @gaku.kelas untuk lihat updatenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: