#Basic Craft: 12 Jenis Pita Cantik untuk Craft

Pita, tali dan benang adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Ada banyak sekali tipe pita yang bisa digunakan, seperti pita satin, pita organza, pita katun, dan lain sebagainya. Selain itu, pita juga tersedia dalam berbagai warna, motif dan ukuran. Secara garis besar, pita dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu, pita berbahan kain atau tekstil dan pita lainnya. Dalam artikel ini, KelasHobi akan membahas beberapa jenis pita yang paling sering digunakan dalam kerajinan tangan agar dapat menjadi inspirasi kerajinan tangan kamu. Yuk disimak.

Pita Satin

Jon Tyson

Yang pertama adalah pita satin. Kamu pasti pernah melihat atau memiliki pita satin, karena pita ini merupakan salah satu pita yang paling sering digunakan. Pita satin terbuat dari bahan seperti kain satin, dengan tekstur halus dan mengkilap cantik. Pita satin tersedia dalam banyak warna, ukuran lebar dan kualitas bahan, namun biasanya polos tanpa corak. Pita satin banyak digunakan untuk membuat hiasan rambut, hiasan pakaian, membuat pita, mengikat hampers, dan mengikat buket bunga.

Pita Katun

Tokopedia.com

Selain pita satin, pita katun juga banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Pita katun tidak mengkilap seperti pita satin karena terbuat dari bahan katun. Pita katu, tersedia dalam banyak sekali corak, warna, dan ukuran, sehingga sangat cocok untuk tema-tema tertentu.

Pita Grosgrain

Micheile F

Pita Grosgrain juga sangat populer dan banyak digunakan sebagai hiasan hampers dan bahan kerajinan tangan. Pita grosgrain memiliki tektur khusus seperti bergaris dan licin. Pita grosgrain tersedia dalam banyak warna, motif, dan ukuran yang pastinya cantik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pita Organza

Bukalapak.co.id

Pita organza atau organdi terbuat dari bahan organza. Bahan organza adalah bahan tekstil yang tembus pandang dan bertekstur agak kaku. Pita organza biasa terbagi ke dalam dua kategori, yang polos atau dengan lis satin atau emas pada pinggirannya. Pita ini terlihat feminim dan sangat cantik. Pita organza juga tersedia dalam beberapa macam motif pola atau tekstur, namun motifnya terbatas, tidak sebanyak pita katun dan grosgrain.

Pita Jacquard

Alibaba.com

Pita jacquard adalah pita yang berbahan tekstil tenun, biasanya memiliki corak yang menonjol. Pita ini dinamakan mengikuti nama penemunya yaitu Joseph-Marie Jacquard. Pita ini memiliki karakteristik pola yang berulang dan polanya dapat dilihat dari sisi depan maupun belakang. Biasanya pita ini digunakan sebagai hiasan jahit, untuk membuat lis pinggiran pada taplak, dan kerajinan tangan yang bertema vintage, retro, dan rustic.

Pita Beludru/Velvet

Aliexpress.com

Merupakan pita dari bahan kain beludru. Kain beludru memiliki tekstur berbulu halus pendek yang sama rata. Pita beludru memiliki element mewah dan feminim. Pita ini biasa tersedia dalam warna polos tanpa motif. Karena teksturnya yang unik, pita ini biasa cocok dijadikan hiasan kepala, bahan jahit, hiasan rambut, dan hiasan boneka.

Pita Metalik

Liviu C

Pita metalik merupakan pita berbahan organza, namun tidak tembus pandang, melainkan penuh dengan warna emas atau silver. Pita ini biasa bertekstur seperti pita organza, namun lebih tebal, kasar dan tidak tembus pandang. Biasa dijual polos dalam beberapa pilihan warna.

Pita Renda

Pita renda merupakan pita yang terbuat dari renda panjang. Renda adalah rajutan atau kain berongga yang terbuat dari benang yang dirajut dengan suatu pola tertentu. Fungsinya adalah untuk menambah estetika pada jahitan. Pita renda sangat canti dipadankan dengan motif polos agar terlihat elegan dan cantik.

Pita Plastik

Tokopedia.com

Pita plastik biasa disebut juga dengan nama pita kado atau pita jepang. Pita ini berbahan plastik propylene sehingga tahan air. Karena berbahan plastik, pita ini tidak cocok jika dipadankan dengan jahitan atau bahan tekstil. Pita jepang biasa digunakan untuk mengikat kado, dekorasi acara dan kerajinan tangan.

Pita Iridescent

Aliexpress.com

Pita iridescent sebenarnya mirip dengan pita jepang atau pita plastik. Perbedaannya adalah pada warna pitanya. Pita iridescent memiliki warna mengkilap dan berkilau seperti mutiara. Pita ini dapat memantulkan berbagai warna tergantung dari pencahayaannya. Pita ini memiliki kegunaan yang sama dengan pita plastik atau jepang pada umumnya.

Pita Kertas

Tokopedia.com

Seperti namanya, pita ini terbuat dari kertas. Karena terbuat dari kertas, pita ini mudah putus dan kurang fleksibel. Pita kertas biasa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, pelengkap origami, membuat bunga dan hiasan scrapbook.

Pita Kawat

Merupakan pita berbahan kawat yang kaku. Pita kawat umumnya digunakan untuk mengikat kemasan makanan, souvenir, dan sebagainya. Pita kawat biasa tersedia dalam warna metalik seperti emas, silver, atau warna metalik lainnya. Karena berbahan kawat, pita ini dapat terasa tajam pada ujungnya dan tentu lebih sulit digunting dengan gunting biasa.

Cover Photo by Rachel Handley

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: