#Review KelasHobi: Bermain Warna dengan J The Makers

Jangan biarkan PSBB atau lockdown membatasi imajinasimu. Di Jakarta sendiri sudah beberapa minggu kita memasuki masa PSBB, namun yang namanya semangat berkreasi justru semakin kencang. Kali ini KelasHobi ikutan belajar di kelas melukis yang dibuat oleh Ibu Sri Rejeki atau @Jekironohadikusumo dari J The Makers. Ada dua kelas yang diadakan oleh Ibu Jeki. Yang pertama merupakan kelas yang memadukan teknik melukis diatas kanvas dengan menyulam dengan tema dedaunan. Sedangkan kelas yang kedua merupakan kelas melukis cat air dasar bertema fashion.

Kedua kelas Ibu Jeki diadakan secara online dengan menggunakan platform whatsapp group. Sebelum kelas dimulai, peserta akan menerima kit berisi alat dan bahan yang akan digunakan untuk belajar. Materi dibagikan dalam bentuk PDF dan video tutorial. Dalam kelas, Ibu Jeki menyusun agenda belajar dengan tenggat waktu yang sangat fleksibel. Kelasnya sendiri berlangsung sekitar 4 hari. Jadi peserta memiliki waktu yang cukup untuk berkarya sesuai dengan kemampuan dan waktu luang masing-masing. Di akhir kelas, peserta akan selfie bersama dengan hasil karya masing-masing, sehingga semua peserta terpacu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Kelas Lukis Kanvas & Menyulam

Untuk kelas ini, peserta akan menggunakan cat akrilik, kuas, kanvas, dan benang sulam. Grup kelas dibuka dari tanggal 6 hingga 10 Mei 2020. Kit yang diberikan berisi kuas, 1 set cat akrilik, palet cat, kanvas, karbon jahit, jarum, benang, bidal jari, dotting tools, contoh gambar dan gunting. Pertama, peserta akan diajarkan bagaimana cara menggunakan kuas dan cat yang benar. Selanjutnya setelah latihan menggunakan kuas, peserta akan dipandu untuk membuat sketsa gambar diatas kanvas.

Untuk gambarnya sendiri sudah ditentukan oleh pengajar, karena kelasnya dipandu dari jarak jauh, cukup sulit jika harus menggambar bebas. Langkah selanjutnya adalah proses memberi warna pada gambar yang sudah disketsa. Proses ini berlangsung kira-kira 1-2 hari. Setelah cat mengering, peserta kemudian diajarkan bagaimana membuat kombinasi sulam pada kanvas sehingga karya seni yang dihasilkan menjadi sangat unik. Walaupun gambar dan pola masing-masing peserta sama, tetapi hasilnya berbeda-beda. Goresan kuas setiap peserta mencerminkan ayunan tangan dan pilihan gaya masing-masing.

Kelas Melukis Cat Air

Pada kelas ini, peserta akan diajarkan bagaimana mengisi warna pada sketsa bertema fashion. Grup kelas dibuka dari tanggal 14 hingga 16 Mei 2020. Kitnya berisi 1 set cat air, kuas, dan 1 set kertas gambar. Di kelas ini, peserta diajarkan bagaimana melukis dan memberikan efek tiga dimensi menggunakan cat air. Materi diberikan berupa PDF dan video tutorial. Nah yang seru di kelas ini, Ibu Jeki membuat semacam lomba unboxing kit agar peserta lebih semangat. Penting banget ini karena yang namanya belajar harus terasa menyenangkan. Diskusi dibuka sepanjang kelas, jadi Ibu Jeki selalu siap menjawab pertanyaan dan memandu peserta walaupun kelasnya berlangsung beberapa hari. Terdapat beberapa gambar yang harus diselesaikan oleh peserta. Terlihat sekali kemajuan teknik antara gambar-gambar di awal kelas dengan gambar-gambar di akhir kelas yang diselesaikan oleh peserta. Semua peserta berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan.

Kesan Akhir

Yang terutama paling berkesan dari kedua kelas ini adalah proses mengabadikan setiap kemajuan dari masing-masing peserta. Jadi Ibu Jeki selalu meminta peserta untuk mengirimkan foto setiap langkah yang sudah dikerjakan. Saat semua sudah jadi, foto tersebut digabungkan dalam bentuk slide video sehingga terlihat sekali kemajuan masing-masing peserta dari hari pertama hingga hari terakhir. Selain itu, proses review juga sangat menyenangkan, tidak pernah ada komentar negatif dari Ibu Jeki, feedback diberikan tegas namun dengan cara yang sangat persuasif sehingga peserta merasa bersemangat untuk memperbaiki hasil yang masih kurang bagus. Ibu Jeki juga selalu berusaha memancing pertanyaan dan keingintahuan peserta. Nilai 100 untuk pengalaman belajar bersama Ibu Jeki. Jangan lupa follow Instagramnya @Jekironohadikusumo untuk melihat jadwal workshop selanjutnya. See you next review!!

Penulis: Jennifer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: