Succulent 101!! Kenalan dengan Sukulen Bareng KelasHobi x Konstelar & Sekar Jagad

Hey Ho Hobbiers!! Setelah vakum selama kurang lebih 5 bulan, kami akan mulai membuat artikel lagi. Jadi harus mulai stay tune lagi ya. Sayangnya walaupun tahun sudah berganti dan semangat uuntuk kembali produktif sudah menggebu, pandemi belum juga berakhir. Di bulan Juni 2021 ini justru penyebaran makin mengganas. Keadaan masih meminta kita untuk anteng di rumah. Tapi diam di rumah bukan berarti kita harus merasa mellow galau dan tidak bersemangat. Justru ini saatnya untuk membuat keadaan jadi lebih hidup, lebih dari saat-saat sebelumnya. Kita tidak pernah akan bisa memprediksi kapan semua ini akan berakhir.

Life isn’t about waiting the storm to pass. It’s about learning to dance in the rain.

Agree not? Setuju banget. Jadi mari kita hias hari-hari (rumah) dengan lebih indah. Di moment seperti ini penting banget untuk tetap waras dan positif. Tanaman hijau telah lama dipercaya dapat memberikan energi positif. Warna warni tanaman juga dapat membuat rumah terasa lebih hangat, estetik, dan menyenangkan untuk dilihat. Walaupun begitu, sulit rasanya untuk merawat tanaman jika kita tinggal di area perkotaan yang sempit. Merawat tanaman juga membutuhkan konsistensi. Tanaman umumnya perlu dirawat dengan baik, disiram dua kali sehari, diberi pupuk dan sebagainya agar bisa tetap sehat. Hal ini membuat banyak orang urung untuk memiliki taman di rumah walaupun sangat ingin mencoba. Jika kondisi kamu seperti itu, maka sukulen dan kaktus adalah solusinya. Selain awet dan tahan banting, kaktus dan sukulen tidak memerlukan ruang yang besar. Lupa menyiram sehari dua hari pun masih tidak apa karena kaktus dan sukulen tidak memerlukan banyak air. Tetapi khusus untuk sukulen tetap ada aturan perawatannya ya alias tidak bisa asal-asalan juga. Kalau dibandingkan, tetap lebih mudah merawat kaktus dibandingkan sukulen.

Ada banyak jenis sukulen dan kaktus yang bisa dipilih. Untuk artikel kali ini, KelasHobi ingin memperkenalkan beberapa jenis sukulen terpopuler di Indonesia. Kamu bisa membeli sukulen ini di berbagai toko online maupun offline. Tipsnya adalah beli sukulen yang sudah cukup besar. Semakin kecil, semakin murah harganya, namun semakin tinggi tingkat kegagalannya. Jika ini pertama kalinya kamu membeli sukulen, belilah sukulen dengan diameter minimal 8cm. Kalau jenis-jenis kaktus, nanti ya di artikel selanjutnya agar tidak terlalu panjang. KelasHobi membuat kategori berdasarkan bentuk dari sukulennya dan membagi kedalam 6 kategori dibawah ini. Untuk jenis-jenis sukulen yang KelasHobi pilih, merupakan jenis yang dapat dicari di ecommerce atau toko di Indonesia agar kamu bisa mulai menanam.

Flower Like / Sukulen yang Berbentuk Seperti Bunga

Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah jenis Echeveria, Aeonium, Anacampseros, Graptopetalum, Graptosedum, Graptoveria, Orostachys, Pachyveria, Sedeveria, dan Sempervivum. Banyak banget ya, bingung mau mulai dari mana. Salah satu yang paling gampang didapatkan dan paling populer adalah Echeveria. Bentuknya cantik dan memiliki banyak ragam yang bisa dipilih. Echeveria juga lumayan tahan banting. Selain Echeveria, jenis lainnya juga cukup mudah didapatkan dengan harga yang lumayan terjangkau. Khusus Anacampseros dan Orostachys harganya lebih mahal, jadi pilih sesuai budget yang diinginkan.

Bubbly Leaves / Sukulen yang Berdaun Tebal Seperti Buah

Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah jenis-jenis sukulen dengan daun berbentuk bulat seperti buah yang lucu dan menggemaskan. Menurut KelasHobi jenis yang termasuk dalam kategori ini adalah Anacampseros, Astridia, Braunsia, Corpuscularia, Othonna, Pachyphytum, Sedum, dan Senecio. Sukulen kategori ini juga sangat populer di Indonesia.

Leafy Succulent

Sukulen dalam kategori ini memiliki daun yang berbentuk seperti tanaman pada umumnya. Aptenia, Callisia, Ceropegia, Kalanchoe, Peperomia, Portulaca, Portulacaria, Sansevieria, Tradescantia, Xerosicyos, dan Senecio.

Hawortia Like / Sukulen yang Berdaun Seperti Lidah

Ini adalah jenis sukulen dengan daun menyerupai tanaman lidah buaya. KelasHobi tidak menemukan nama atau kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kategori ini dengan mudah. Jika kamu punya ide nama untuk kategori ini, ketik di kolom komen ya. Contoh sukulen yang termasuk dalam kategori ini adalah Aloe, Agave, Astroloba, Dyckia, Gasteraloe, Haworthia.

Long Stem / Sukulen dengan Batang atau Daun Panjang

Sukulen dalam kategori ini memiliki batang atau daun yang panjang atau berbentuk seperti duri. Bentuknya sangat unik dan sebagian berbentuk menyerupai kaktus. Contoh sukulen yang termasuk dalam kategori ini adalah Avonia, Bergeranthus, Cheiridopsis, Corpuscularia, Echidnopsis, Euphorbia, dan Huernia.

Stone Like / Sukulen dengan Batang atau Daun Seperti Batu

Sukulen dalam kategori ini memiliki batang atau daun yang berbentuk seperti batu. Warnanya juga cukup beragam, tidak hanya hijau. Sayangnya, sukulen kategori ini tidak terlalu mudah ditemui di Indonesia dan harganya pun cukup tinggi. Yang termasuk dalam kategori ini adalah Conophytum, Dinteranthus, Gibbaeum, Lapidaria, Lithops, Pleiospilos, dan Pseudolithos.

Dengan keberagaman bentuk yang ada, kamu bisa memadukan beberapa jenis sukulen sekaligus dan membuat terarium atau taman sukulen mini yang cantik. Jangan lupa untuk membaca cara merawat sukulen disini. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi KelasHobi dengan Konstelar Workshop dan Sekar Jagad Plants. Follow kami di Instagram ya @kelashobi, @konstelar.workshop, @sekarjagad.plants.

Source:

1,000 Types of Succulents with Pictures [Succulent Identification Cheat Sheet] | Succulent Alley

Feature Image: Mike Marquez

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: