Pingin Mendalami Fotografi? Asah Skill-mu di 6 Tempat Profesional Ini!

Hi, Learners! Pernah nggak sih kamu melihat hasil foto yang indah dan keren lalu merasa terinspirasi untuk bisa memotret dengan baik? Terlebih dengan kamera yang semakin canggih dan beragam jenisnya, kamu bisa memilih jenis dan gaya fotografi sesuai dengan yang kamu inginkan. Tak jarang banyak orang yang ikut kelas atau sekolah fotografi untuk bisa memotret dengan baik dan berkualitas, serta menghasilkan karya yang menawan.

Bicara mengenai sekolah dan kursus fotografi, berikut adalah deretan sekolah dan kursus yang bisa mengasah keahlian kamu dalam bidang fotografi. Tentunya, sekolah dan kursus ini dikelola oleh para profesional di bidangnya. Di mana saja tempatnya?

  1. Darwis Triadi School Of Photography

Sebagai legenda fotografer di Indonesia, tentu banyak orang yang berharap dapat ilmu langsung untuk mengambil foto yang estetik. Darwis merupakan seorang seniman dan fotografi yang sudah lama bergelut di dunia fotografi bahkan sebelum bidang ini melejit.

Terletak di Jl. Pattimura Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tenaga pengajar di Sekolah ini bukanlah fotografer sembarangan. Sebut saja, Arbain Rambey, Pinky Miror dan masih banyak lagi. Biaya yang dibutuhkan seharga 3 – 6 juta rupiah dengan genre berbagai macam mulai dari food photography hingga portrait photography. Tentu biaya tersebut sebanding dengan ilmu yang didapat, mengingat program ini diajar oleh ahli dan diadakan selama beberapa sesi untuk tiap paketnya.

Website : www.darwistriadischoolofphotography.com/

Instagram : @darwistriadischool

Foto vintage jepretan @darwistriadischool

2. Nicoline Patricia Photography

Terakhir adalah nama yang tidak asing di dunia fotografi. Nicoline Patricia Malina merupakan seorang fotografer yang populer di Indonesia bahkan mancanegara. Genre yang diusung oleh Nicoline adalah fashion photography, sehingga kamu yang tertarik dengan genre tersebut bisa belajar dari workshop yang seringkali Nicoline adakan. Untuk tahu jadwal dan tempatnya cek website resminya, ya!

Website : nicolinepatricia.com

Instagram : @npmalina

Salah satu karya Nicoline Patricia Malina. Sumber: nicolinepatricia.com

3. Indonesia School of Photography (ISP)

Mengusung genre natural photography, ISP adalah sekolah khusus fotografi yang sudah tidak diragukan lagi. Didirikan sejak tahun 1999 oleh Henry Tjiang, di sini kamu bisa mengasah keahlian memotret dan mendapatkan sertifikat yang bisa mendukung hobi dan karir kamu dalam bidang fotografi. Sekolah ini juga memiliki cabang yang bernama JSP (Jakarta School of Photography).

Sebagai lembaga yang sudah lama berdiri dan terbukti memiliki kualitas yang bagus, ISP juga membuat kerjasama dengan lembaga sekolah yang ada di Australia bernama PSC (Photography Studies College) dengan gelar Advance Diploma of Photography. Jika kamu tertarik, kamu bisa datang ke ISP di Gading Batavia LC 8 No 20, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Website: jsp.co.id/

IG: @sekolahphoto

Kegiatan di dalam kelas JSP.

4. Infofotografi

Khusus untuk kamu yang hanya ingin kursus reguler untuk menambah keahlian fotografi saja, kamu bisa mengikuti kelas di Infofotografi. Di sini, kamu bisa mengikuti kursus memotret untuk satu sampai dua kali pertemuan saja. Kamu bebas mengambil kelas sesuai keinginan dan budget kamu, mulai dari dasar fotografi dan lighting hingga editing workshop menggunakan Adobe Photoshop.

Tempat kursus ini juga menyediakan tur fotografi sampai ke luar negeri dengan beberapa agenda yang sudah dijadwalkan. Silakan langsung kunjungi website-nya ya untuk detail lebih lanjut.

Website: www.infofotografi.com/

IG: @infofotografi_official

Kegiatan di kelas bersama model. Sumber: infofotografi.com

5. John Photo School

Keunggulan dari sekolah ini adalah banyaknya pilihan kelas yang tersedia. Kelas di John Photo School juga dibatasi, biasanya hanya 2-6 orang saja per kelasnya, sehingga peserta bisa belajar dengan fokus dan mendapatkan pendampingan yang intensif. John Photo School berlokasi di Menara BCA Grand Indonesia Jalan M.H. Thamrin 1 Lt. 50, Menteng Jakarta.

Untuk kursus ada beberapa pilihan seperti Full-Day Class (Minggu pk. 09:00 – 18:00 WIB) dan Weekend Class (Sabtu – Minggu pk. 14.00-18.00 WIB). Detail kelas-kelasnya bisa kamu lihat di website, ya! 🙂

Website: https://johnphotoschool.com

IG: @johnphotoschool

Salah satu karya siswa John Photo School. Sumber: @johnphotoschool

6. Suwandi Chandra Fotografi

Masuk ke kelas dan sekolah fotografi terakhir yaitu Suwandi Chandra Photography. Sekolah ini dibuka bukan hanya di Jakarta namun juga di Medan, sehingga untuk kamu yang ingin mengikuti kelas ini tidak harus pergi ke Jakarta. Sekolah fotografi ini sudah berdiri sejak tahun 2007, dan Bapak Suwandi Chandra sendiri sudah lama menjadi fotografer bahkan sekolah di New York untuk memantapkan pengalaman dan keahliannya.

Website: www.suwandichandra.com/id/

IG: @suwandicphoto

Salah satu karya Suwandi C. Photo. Sumber: @suwandicphoto

Untuk memilih sekolah fotografi, semua tentu kembali ke kebutuhan dan jadwal masing-masing, Learners. Bagi yang masih pemula bisa mengikuti kelas pemula yang hanya berdurasi beberapa jam. Sementara, bagi Learners yang ingin memperdalam bisa masuk ke kelas intermediate bahkan advance. Selain itu, perlu diingat bahwa untuk mengikuti kelas dan kursus tersebut kita perlu mempersiapkan kamera yang memadai, minimal jenis SLR standar atau mirrorless untuk kamu yang masih pemula.

Jadi, sudah siap untuk memukau dengan foto-foto kece hasil jepretanmu? 😉

Kontributor: Tiffany

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: