Cobain Canvas Art, yuk! Ada 4 Ide DIY Menarik Buatmu, nih.

Hi, Learners! Pernah denger tentang canvas art?

Canvas art merupakan kerajinan (craft) yang banyak digunakan untuk mendekorasi rumah atau ruangan. Media utama yang digunakan tentunya kanvas. Selain itu, cat dan spons juga bisa digunakan untuk “mengisi” kanvas tersebut. Nah, kamu bisa nih coba bikin DIY canvas art sendiri. Gak perlu khawatir kalau kamu nggak jago gambar, karena kamu bisa menggunakan berbagai media untuk menghias kanvas.

Berikut 4 ide dengan bahan yang mudah didapat untuk membuat DIY canvas art yang kece:

  1. Abstract Canvas Art

Seperti namanya, canvas art yang satu ini bertujuan untuk mengisi bidang kanvas dengan warna-warni bermotif abstrak. Pilihlah cat akrilik dengan warna-warna cerah seperti merah, hijau, biru dan juga hitam. Pakailah kuas yang agak besar untuk mencipratkan warna. Cipratkan ke atas kanvas dengan asal namun merata, dan jangan lupa alasi sekeliling kanvas dengan koran bekas. Usahakan selesai pada satu warna, setelah itu ganti dengan warna lainnya.

Motif abstrak. Sumber: Pinterest
  1. Song Lyric Canvas Art

Untuk ide ini, kamu perlu satu buah kanvas putih dan print-out kutipan atau lirik dari sebuah lagu. Tidak perlu terlalu panjang, cukup 3-4 kata saja, dan cetaklah dalam ukuran besar. Setelah itu, lubangi satu per satu huruf di kertas berisi lirik lagu tersebut. Kertas berlubang ini nantinya akan menjadi cetakan di atas kanvasmu, kurang-lebih seperti teknik sablon. Jika sudah, tempelkan ke kanvas dan isilah pola huruf-huruf di cetakan tersebut dengan cat akrilik (pilihan warna bisa sejenis atau beberapa jenis sesuai seleramu, ya!).

Song-lyrics canvas art. Sumber: www.allthingswithpurpose.com
  1. Free-shaped Pattern

Free-shaped pattern merupakan ide mudah canvas art bagi pemula. Bahan yang disiapkan juga mudah yaitu kanvas, cat, penggaris, dan pensil untuk menggambar pattern atau polanya.

Dalam satu kanvas kamu bisa menggambar bentuk segitiga, disambung dengan segi empat, lalu disambung bentuk hexagon. Sesuaikan posisi bentuk-bentuk tersebut dengan ukuran kanvas. Setelah itu warnai pola tersebut dengan warna yang berbeda-beda agar semakin jelas bentuk yang kamu gambar.

Motif free-shape. Sumber: Pinterest
  1. Dot Pattern

Dot pattern atau motif polkadot merupakan motif sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun yang membuatnya. Polkadot mungkin terlihat biasa saja, namun jika sudah jadi secara keseluruhan kanvas akan terlihat bagus dan juga unik. Pola ini bisa dibuat dengan menggunakan spons yang dibentuk bulat lalu dicelupkan ke warna yang berbeda-beda dengan menggunakan spons yang berbeda. Setelah itu, spons ditempelkan secara merata ke seluruh kanvas.

Contoh dot canvas art. Sumber: Notonthehighstreet.com

Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan karton atau kertas warna, kemudian dibentuk seperti tetesan air hujan. Kemudian, tempelkan di kanvas dengan warna yang berbeda. Dengan cara ini, kanvas akan terkesan hidup dan berbeda dengan lukisan.

Buatmu yang memiliki keahlian dalam menggambar yang terbatas, kamu bisa mencoba metode sablon dengan menggunakan kertas print seperti song lyrics canvas art. Dengan cara ini, kamu tinggal mewarnai kanvas saja. Mudah, kan? Yuk, coba realisasikan ide ini buat aktivitas weekend ini! 🙂

Kontributor: Tiffany

Sumber:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: