Berapa Seharusnya Pengeluaran untuk Hobi

Jakarta, 29 Januari 2019

Hai, penghuni negara berkembang, apa kabar keuangan awal tahun ini, sudah ada tanda-tanda yang menggembirakan? Sebelum jauh membahas membahas mengenai berapa sebenarnya jumlah yang optimal dikeluarkan untuk sebuah hobi, kita bahas sedikit tentang konsep keuangan pribadi, yuk! Pada dasarnya, hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan di waktu luang, jadi sebaiknya pengeluaran untuk kebutuhan dasar memang lebih didahulukan. Namun jangan anggap remeh sebuah hobi, apalagi kalau sudah berhubungan dengan kesehatan, investasi ilmu, dan aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas hidup kamu.

Photo by Rawpixel

Ada banyak metode mengelola keuangan yang bisa kamu terapkan dalam keseharianmu. Tapi kali ini, KelasHobi hanya akan khusus membahas mengenai alokasi dana untuk kebutuhan hobi dan rekreasi saja. Berapa sih sebenarnya angka yang pas dan pantas untuk kita keluarkan jika menyangkut hobi? Tentu jawabannya sangat tergantung pada masing-masing individu dan jenis hobinya. Ada hobi yang memang membutuhkan pengeluaran yang lebih besar karena alat-alat dan perlengkapannya mahal seperti hobi bermusik. Beberapa jenis alat musik harganya memang cukup tinggi.


Photo by Oziel Gomez

Banyak skema budgeting yang menempatkan hobi pada urutan ketiga setelah kebutuhan utama dan cicilan/kebutuhan masa depan. Pada beberapa metode, hobi malah ada di urutan terakhir setelah mempersiapkan dana darurat. Sebenarnya, tidak ada skema yang benar atau salah, karena semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun, pada sebagian besar skema yang digunakan, alokasi untuk hobi dan kegiatan rekreasional lainnya berkisar di 10%-20% dari total pendapatan. Misalnya, jika pendapatan saya kurang lebih 5 juta rupiah, maka kalau saya menyisihkan 500 ribu rupiah untuk hobi saya, sepertinya masih cukup masuk akal.


Photo by Heidi Yanulis

Meski harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing, memiliki estimasi budget seperti di atas, akan memudahkan kita untuk membuat perencanaan untuk aktivitas hobi kita. Misalnya, untuk mengambil kelas maupun untuk membeli perlengkapan hobi. Bahkan untuk kamu yang hobi travelling misalnya, kamu jadi punya gambaran nih, kira-kira bisa pergi ke mana tahun ini.

Mumpung masi awal tahun, yuk benahi keuangan kamu dan optimalkan apa yang kamu miliki untuk pengembangan diri kamu. Karena hobi itu bukan cuma sekadar buang-buang uang, hobi bisa jadi sarana pengembangan diri kamu. Yuk, manfaatkan waktu dan dana yang kamu miliki dengan lebih baik lagi. Semangat, ya!


Photo by Andrew Krueger

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Rawpixel

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: