Pacu Kreativitas Awal Tahunmu dengan Aktivitas Ini

Jakarta, 14 Januari 2019

Hayo siapa yang sekarang sudah mulai merasa jenuh kembali? Rasanya kita baru saja masuk ke tahun 2019, baru selesai tiup terompet dan minggu lalu aktivitas baru saja dimulai. Sekarang yang kantoran sudah mulai dikejar meeting dan yang ibu rumah tangga mulai dikejar jadwal sekolah anak. Yang masih ngampus, mulai dikejar kelasnya dan para wirausaha lagi siap-siap mau lapor pajak. Tidak bisa dipungkiri, yang namanya rutinitas pasti ada jenuhnya, walaupun rutinitas itu merupakan aktivitas yang kamu sukai. Kalau kata orang jaman dahulu, pekerjaan tetap pekerjaan, seasyik apapun itu tetap melelahkan.

Photo by Heather Ford

Jangan cepat-cepat jenuh dulu soalnya jadwal liburan lagi masih lama. Ayo tetap produktif dan pancing kreativitasmu. Karena terkadang otak kita hanya butuh sedikit selingan agar bisa fresh kembali. Tingkatkan semangat kamu agar tetap bisa mengejar resolusi 2019 yang sudah kamu buat. Disela-sela waktu luang yang ada, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas ini. Mau sendiri atau bersama teman, ada banyak pilihan aktivitas seru untuk kamu lakukan.

Sosmed Content Making & Blogging


Photo by Alexandru Acea

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi rasa jenuh adalah dengan bercerita dan mengungkapkan isi hati kita. Tapi daripada isinya cuma curhat sana sini, lebih baik kalau kita mengungkapkan isi pikiran kita dengan cara yang lebih positif dan berguna, yaitu blogging. Banyak media sosial yang bisa jadi sarana blogging. Jangan takut kalau awal-awal proses kita membuat konten terasa canggung, kamu akan menjadi lebih baik seiring waktu. Dalam membuat konten biasanya ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan, yaitu teknik penyajian visual dan narasinya. Akan lebih baik kalau kamu punya sedikit kemampuan fotografi, design, dan content writing. Tapi jangan takut kalau kamu belum bisa sama sekali ketiga hal tersebut, semua itu skill yang bisa kamu pelajari baik secara online maupun dengan mengikuti kursus.

Berkebun


Photo by Paula Brustur

Berkebun itu mirip-mirip main game, kamu mulai dari level 1 alias bibit lalu kamu pupuk perlahan-lahan agar bisa naik level. Berkebun memiliki efek relaksasi bagi sebagian orang, siapa tahu kamu salah satunya. Jika kamu belum pernah berkebun sama sekali, kamu bisa mulai dengan menanam tanaman yang mudah hidup di berbagai kondisi. Kamu juga bisa memilih tanaman yang bisa dipanen. Jadi hasilnya bisa kamu nikmati sendiri atau kamu bagi ke tetangga atau si kesayangan. Saat ini perlengkapan bercocok tanam dapat kamu beli dimana-mana baik untuk teknik hidroponik maupun menanam dalam pot. Jadi tidak perlu bingung. Selain berkebun, kamu juga bisa coba teknik terrarium dan aquascape yang cantik banget dan super kekinian.

Menjadi Volunteer


Photo by Helena Lopes

Perbuatan yang paling membahagiakan adalah membantu bagi orang lain. Konon membantu orang yang sedang kesusahan dapat membuat kamu merasa lebih diterima juga. Saat ini banyak yayasan dan organisasi sosial yang membuka kesempatan untuk menjadi tenaga sukarela. Nah ragamnya banyak sekali, mulai dari membantu sesama seperti menjadi tenaga pengajar sukarela, menjadi pendengar bagi kaum lansia, atau membantu alam kita seperti volunteer untuk membersihkan lingkungan dan menjadi foster bagi kucing atau anjing liar. Selain itu, kamu juga bisa jadi volunteer untuk acara-acara tertentu seperti konser musik, ajang pertandingan olahraga, atau bahkan event kenegaraan seperti pemilu.

Bermain Musik


Photo by Namroud Gorguis

Music is the strongest form of magic “- Marilyn Manson. Yap, selalu ada soundtrack untuk untuk setiap adegan. Kalau biasa kita cuma mendengar musik, boleh juga sekali-kali kita ikutan belajar main alat musiknya. Tidak perlu mahir tapi coba bayangkan kalau kami bisa memainkan satu lagu favoritmu. Lumayan sekalian bisa untuk membuat calon mertua terpukau. Atau bagi kamu yang sudah berkeluarga, coba belajar bareng anak agar anak juga semangat. Nah untuk kamu yang pengen coba-coba dulu, kamu tidak perlu beli alat musiknya, coba sewa dulu kalau cocok dan mau serius baru beli. Saat ini sudah ada beberapa tempat uang menyediakan penyewaan alat musik, mulai dari gitar akustik hingga piano.

Membuat Sesuatu (Crafting)

Photo by Kristina Balic

Bisa apa saja. Mulai dari kerajinan tangan, sabun organik, pottery alias membuat keramik seperti mangkok, sampai lukisan. Kelasnya ada banyak tersedia seperti di website maubelajarapa.com dan wewocraft.com. tinggal pilih dan daftar kelas yang sesuai dengan keinginan kamu. Percaya deh, yang namanya diajarin dan diarahin itu pastinya lebih enak dan kemajuannya juga lebih cepat. Tapi kalau kamu aliran DIY alias apa-apa bikin sendiri, bisa juga cari inspirasi di pinterest atau youtube.

Ikut Komunitas

Photo by Mark Cruz

Kamu suka banget sama sesuatu? Yuk ikutan komunitasnya untuk cari informasi dan update terbaru mengenai subjek yang kamu suka. Ada komunitas travelling, backpaker, naik gunung, diving, baca buku, pecinta anjing dan kucing, hingga komunitas teropong bintang. Rasanya jadi lebih seru karena kamu bisa eksplorasi bareng hal-hal yang kamu suka. Misalnya di komunitas backpaker biasa ada tips travelling murah dan update harga tiket pesawat murah hasil pencarian alias hunting anggota komunitas lain.

Gimana, sudah menentukan mau melakukan aktivitas seru apa minggu ini?

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Andrew Neel

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: