Memulai Tengah Tahun dengan Refleksi Diri: Manfaatkan Hobi dan Gabung Komunitas Volunteer Ini

Jakarta, 11 Juli 2019

Halo Hobiers, tengah tahun adalah waktu yang paling baik bagi kita untuk merefleksi diri. Apakah kita sudah mencapai target atau kemajuan yang kita inginkan? Atau kita malah lagi jenuh dan bingung ya hubungan ini mau dibawa kemana? Tolong jangan galau dulu. Dari pada galau, yuk kita merefleksi diri dan perjalanan kita selama setengah tahun ini dengan sambil berbuat baik bagi sekitar kita. Niscaya, dengan berpeluh-peluh sambil berbuat amal, akan mendatangkan ketenangan hati dan mengembalikan pikiran menjadi jernih dan fokus.

Photo by Perry Grone

Kegiatan volunteering atau menjadi sukarelawan itu sulit sekaligus mudah. Mudah karena kita hanya perlu melakukan dan menyumbangkan apa yang memang kita miliki, namun sulit sebab bersusah-susah demi orang lain yang membutuhkan itu biasanya butuh pengorbanan waktu, uang, dan tenaga. Tapi biasanya setelah mencoba sekali menjadi sukarelawan itu, besoknya pasti ketagihan, karena yang namanya berbuat baik itu memang mendatangkan kenyamanan tersendiri. Nah sebenarnya ada banyak bentuk bantuan yang dapat kamu lakukan, semuanya tergantung pada passion kamu. Misalnya, kalau kamu hobi mengajar, kamu bisa ikut mengajar anak jalanan. Atau jika kamu suka dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, kamu bisa jadi sukarelawan dengan ikut menjaga lingkungan. Yuk simak dimana saja kamu bisa bergabung jadi sukarelawan.

Kegiatan Mengajar

Photo by Vanessa Bucceri

Buat kamu yang memiliki hobi mengajar dan memang punya ilmu yang dapat dibagi, kamu dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan dan komunitas yang berfokus pada mengajar anak jalanan. Selain dapat mengasah ilmu yang kamu miliki, kamu pun ikut turut serta mencerdaskan bangsa. Kamu bisa berbagi ilmu seperti skill fotografi, menjahit, bahasa asing, maupun pelajaran sekolah. Dimana kamu bisa ikut berpartisipasi?

Shelter Hewan Liar dan Terlantar

Photo by Kenan Kitchen

Kalau kamu adalah seorang pecinta hewan atau memang suka dan punya perhatian khusus dengan hewan liar, kamu bisa bergabung, berdonasi, dan mendukung beberapa komunitas-komunitas ini. Tidak melulu mengenai satwa langka, banyak juga komunitas yang mengkhususkan diri untuk mengurus hewan domestik yang liar maupun terlantar dan juga memerangi penyiksaan terhadap hewan. Contohnya Jakarta Animal Aid Network atau JAAN saat ini masih memperjuangkan agar kuda delman tidak melulu dieksploitasi hingga mengabaikan kesejahteraan mereka.

Panti Asuhan, Panti Jompo & Rumah Sakit

Photo by Markus Spiske

Kami yakin ada banyak sekali panti asuhan dan panti jompo di kotamu. Rasanya di setiap kota padti ada panti asuhan dan panti jomponya. Kamu bisa datang untuk menghibur atau sekedar berkunjung untuk meramaikan hari para penghuni panti. Baik anak-anak, maupun yang sudah tua, pastinya senang jika dikunjungi dan diberikan perhatian lebih. Berikut adalah beberapa komunitas atau pasti asuhan yang menerima kunjungan dan kegiatan sukarelawan. Disini kamu bisa menyumbangkan kemampuan menghibur dengan sulap, fotografi, hingga tata rias agar oma dapat merasa cantik kembali.

Menjaga Lingkungan

Kalau kamu lebih tertarik untuk menjaga dan berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan seperti pantai, hutan, sungai, maupun pengendalian sampah, kamu bisa mengikuti beberapa komunitas dibawah ini. Cukup sulit menemukan kegiatan dan komunitas peduli lingkungan di kota besar. Namun jangan menyerah, karena mungkin salah satu dari komunitas dibawah dapat menarik perhatian kamu.

Unsplash.com

Indorelawan.org

Saat ini juga sudah terdapat website yang melakukan pendataan dan mengumpulkan beragam kegiatan sukarelawan yang bisa kamu lihat, yaitu http://www.indorelawan.org. Kamu bisa mendaftar melalui website ini. Kegiatannya ada banyak dan bisa kamu sesuaikan dengan minat kamu. Serunya lagi, kegiatan yang terdaftar di Indorelawan ini tidak hanya berlokasi di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain. Dan sebagian kegiatannya malah dilakukan secara virtual. Penasaran? Langsung ke websitenya dan segera cari kegiatan yang ingin kamu dukung.

Photo by Volkan Olmez

Yang jelas, apapun kegiatan sukarela dan komunitas yang kamu dukung, jangan lupa bahwa tujuan kamu itu adalah untuk berbuat baik, bukan hanya sekadar eksis. Kamu juga harus menjalani dengan hati yang tulus dan lapang dada. Pastinya tidak ada kegiatan sukarelawan yang mudah, apalagi kamu yang memutuskan untuk ikut terjun langsung dalam kegiatannya, pasti merasa lelah, baik secara fisik maupun mental. Namun kamu tetap harus semangat dan selalu ambil hikmahnya, sekalian jadi pengingat diri agar dapat terus bersyukur dan menjalani hidup dengan baik.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Nathan Lemon

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: