Hobi Jadul: Nostalgia Layangan, Origami, dan Filateli

Jakarta 04, Juli 2019

Halo Hobiers, kita jumpa lagi setelah liburan sekian lama. Semoga liburan kemarin sudah cukup mengisi kembali semangat kamu untuk beraktivitas, apalagi yang kemarin liburannya boros. Harus semangat cari segenggam berlian lagi. Walaupun liburan kali ini lumayan panjang, tapi pasti yang namanya libur itu selalu kurang. Sama kok, kita disini juga masuk kantor langsung cek kapan tanggal merah selanjutnya. Namun, sayang sekali hingga akhir tahun nanti, kita tidak akan ketemu nih sama yang namanya tanggal merah. Tapi jangan sedih dulu, kita tetap punya yang namanya weekend, nah kamu sudah punya rencana apa nih.

Photo by Tra Nguyen Mi

Belom punya ide menarik? Kita mulai dari aktivitas yang ringan dulu deh. Kamu bisa coba nih hobi lawas yang bikin kita jadi nostalgia masa-masa tahun 80an dan 90an dulu. Buat kamu yang termasuk generasi milenials, boleh disimak nih, ini dulu hobi yang populer dikalangan kakak atau orang tua kamu. Sayangnya hobi-hobi ini sudah semakin jarang yang menekuni, padahal menarik banget. Yuk mari disimak.

Layang-layang

Photo by Rashid Kheirss

Rasanya hobi yang satu ini benar-benar sudah sulit ditemui di area perkotaan. Padahal seru banget rasanya main layangan dan kejar-kejaran sama layangannya di lapangan terbuka. Bentuk dan warna layang-layang ini bisa sangat beragam, tidak harus belah ketupat, tapi bisa juga bentuk-bentuk lainnya. Mulai dari bentuk ikan, burung, sampai yang tiga dimensi seperti naga juga ada. Nah buat kamu yang belum tahu, sebentar lagi akan ada festival layang-layang di Indonesia. Tepatnya pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2019, di Pantai Pangandaran, akan diadakan Festival Layang-layang Internasional 2019. Ini merupakan festival tahunan dan berskala internasional. Di festival kali ini, Gubernur Jawa Barat, Bpk Ridwan Kamil akan ikut hadir. Yuk jangan lupa untuk datang dan nonton festival ini dengan keluarga dan sahabat tercinta ya.

Origami

Photo by Kobu Agency

Origami adalah jenis keterampilan yang pasti lewat dan diajarkan saat kita sekolah dulu. Karena selain menarik dan seru, origami juga dapat memacu kreativitas dan fokus kita. Selain itu, origami juga bagus untuk perkembangan kognitif pada anak, dan melatih motorik halus juga. Kalau untuk kita yang sudah dewasa, origami yang cantik dapat menjadi hiasan dekorasi rumah dan meja kerja. Hobi jadul yang satu ini juga dapat menjadi alternatif kegiatan untuk kamu yang sedang ingin mengurangi kecanduan main gadget. Yuk kembalikan fokus dan kreativitas kamu dengan origami, modalnya super murah, tinggal beli kertas origami d toko buku dan kamu siap untuk mulai.

Filateli

Photo by Siora Photography

Kalo hobi yang satu ini truly jadulnya. Karena kita sudah berada di jaman dimana bersurat itu pakai email bukan pos, sehingga kita sudah sangat amat jarang menggunakan prangko. Filateli sendiri adalah aktivitas atau hobi untuk mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya. Nah kita kalau mau kirim surat dan paket, saat ini sudah langsung menggunakan tarif dan layanan jasa logistik. Prangko sendiri pertama kali muncul dan diperkenalkan pada tahun 1840 di Britania Raya. Sejak saat itu, prangko terus digunakan hingga sekarang. Iya, prangko masih berlaku dan bisa digunakan, namun sudah hampir tidak pernah melewati hidup kita lagi. Untuk aktivitas filateli, hingga saat ini masih banyak mengumpulkan prangko jadul dan harganya bisa sangat mahal. Bagaimana, tertarik?

Nah itu dia sekilas nostalgia hobi jadul yang bisa jadi alternatif aktivitas kamu untuk mengawali bulan Juli ini.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Ajeet Mestry

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: