#Review KelasHobi: Belajar Dasar Graphic Design Bareng Utari Syaukat

Apa itu sebenarnya graphic design atau desain grafis? Bagaimana caranya menjadi seorang desainer grafis dan siapa saja yang perlu belajar desain grafis? Desain grafis adalah sebuah proses komunikasi menggunakan elemen visual, yang dimaksudkan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi. Desain grafis digunakan dalam berbagai macam produk dan media. Setiap hari kita bisa melihat penggunaan desain grafis dalam hidup kita. Entah itu melalui logo sebuah perusahaan, kemasan produk, poster, layout iklan, sampul buku, presentasi kantor, modul sekolah, bahkan dalam postingan media sosial yang selalu seliweran dalam keseharian kita. Jadi hampir semua orang dapat mempelajari bidang yang satu ini karena penggunaannya yang sangat luas. Nyatanya hampir semua orang pernah menggunakan, memerlukan atau bahkan membuat sendiri sesuatu yang menerapkan desain grafis, baik itu pengusaha, pekerja profesional, atau seorang pelajar.

Bagaimana caranya belajar menjadi seorang desainer grafis? Untuk bisa benar-benar menjadi profesional dibidang ini sama sulitnya (mudahnya) dengan menjadi profesional di bidang lain. Banyak desainer grafis profesional yang menempuh pendidikan formal hingga bertahun-tahun untuk dapat meraih gelar S1. Selain melalui jalur pendidikan formal, kita juga bisa belajar desain grafis melalui kursus atau pelatihan profesional yang biasanya juga membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar. Namun tidak semua orang butuh ataupun berminat untuk menjadi desainer profesional. Banyak juga yang hanya membutuhkan pengetahuan dasar mengenai desain grafis sekadar untuk menunjang pekerjaannya.

Photo by Jeff Sheldon

Untuk dapat mulai menerapkan prinsip desain grafis yang baik, kita bisa mulai dengan belajar dasarnya dulu. Karena dengan belajar dasar-dasar desain grafis, kita akan mulai paham mengenai jargon-jargon dalam dunia desain, kita bisa belajar elemen-elemen desain, bahkan belajar bagaimana caranya mencari ide untuk diterapkan dalam desain alias belajar brainstorming. Pengetahuan dasar ini penting dan sudah cukup menjadi langkah pertama atau stepping stone dalam membuat desain. Tapi jika harus jauh-jauh ke kampus atau mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat ikut pelatihan profesional hanya agar memiliki pengetahuan dasar desain grafis rasanya pasti tidak fleksibel. Belum lagi di masa COVID ini rasanya sulit mau ikut pelatihan atau kelas kursus offline.

Instagram @utari_syaukat

Untungnya berbagai macam kelas online untuk mempelajari desain grafis dasar sudah banyak tersedia. Salah satunya adalah kelas online yang diadakan oleh Kak Utari Syaukat dari Causelab.co. Kak Utari adalah seorang profesional di bidang desain grafis yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun. Salah satu tim dari KelasHobi mengikuti kelas yang diadakan Kak Utari bulan Mei 2020 kemarin. Seperti apa ceritanya?

Jadi kelas ini berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 16 hingga 17 Mei 2020. Masing-masing sesi berlangsung selama 2 jam, dari jam 14.30 hingga 16.30. Materi diberikan dalam bentuk pdf, sedangkan kelasnya sendiri menggunakan aplikasi ZOOM sehingga Kak Utari dapat bertatap muka langsung dengan peserta. Ada 5 peserta yang mengikuti kelas kemarin. Workshop dibuka dengan pengenalan pengajar dan peserta. Lalu Kak Utari mulai menjelaskan materi melalui fitur ZOOM screen sharing. Selama penjelasan materi, peserta dipersilahkan untuk berdiskusi juga. Jadi pertanyaan mengalir selama kelas berlangsung. Selain penjelasan materi, Kak Utari juga memberikan beberapa tugas interaktif agar peserta dapat langsung menerapkan ilmu yang sudah diterima. Untuk dapat mendaftar di kelas Kak Utari, peserta bisa langsung menghubungi kak Utari via Instagram di @utari_syaukat atau melalui website Maimilu.com (IG @maimilu).

Photo by Stephanie Surianto

Topik utama dari kelas ini adalah “Paham Aturan Sebelum Melanggar” yang memiliki maksud agar seorang desainer grafis mengerti terlebih dahulu aturan main dalam penerapan desain sebelum berkreasi sendiri sesuka hati. Terdapat 11 poin utama dari materi yang disampaikan oleh Kak Utari. Dimulai dari yang paling dasar yaitu apa itu pengertian dari desain grafis, contoh produk dan penerapan desain grafis, bagaimana cara kita dapat memahami desain yang ingin kita buat, hingga beberapa teknik pencarian ide desain atau brainstorming. Setelah materi pengantar, Kak Utari mulai menjelaskan poin-poin yang lebih berat seperti apa saja elemen dalam desain (mengenal bentuk, garis, tekstur), apa saja prinsip-prinsip dalam desain (balance, rhythm, contrast), mengenal ilmu dasar mengenai penerapan warna (arti-arti warna, color palette, aplikasi), grid system, dan tipografi (mengenal berbagai gaya dalam tulisan dan font). Selain itu, Kak Utari juga memberikan beberapa tips praktis seperti apa yang boleh diterapkan dan hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari.

Setelah selesai membahas materi, Kak Utari memberikan beberapa tugas kepada peserta untuk memberi kesempatan bagi peserta untuk mencoba menerapkan ilmu yang sudah didapat dan menggali kesulitan pribadi. Tugas yang diberikan oleh harus dipresentasikan oleh peserta di hari kedua dan akan direview oleh Kak Utari. Semua peserta yang mengikuti workshop sampai akhir akan mendapatkan sertifikat partisipasi. Biaya investasi untuk mengikuti kelas ini sangat terjangkau dan materinya juga diberikan lengkap. Tidak ada persiapan (alat dan bahan) yang perlu dilakukan selain menyiapkan diri untuk menerima ilmu baru dan tentunya alat tulis. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba belajar. Jika kamu tertarik dengan kelas Kak Utari selanjutnya jangan lupa follow IG Kak Utari @utari_syaukat. Stay tune untuk membaca review kelas lainnya di KelasHobi.com. See you!!

Kontributor: Stephanie Surianto

Foto Cover: Aleks Dorohovich

Sumber Foto:

  • Alvaro Reyes
  • Halacious (Unsplash)
  • Jeroen den Otter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: