#Review KelasHobi: DIY Lip Cream & Body Butter Natural

Biasanya produk-produk kecantikan dengan label “natural”, “alami” dan “home made” itu harganya cenderung mahal. Ya karena produk yang natural dan home made biasanya tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak dan produksinya juga menggunakan bahan-bahan yang alami. Produk natural saat ini sangat diminati, karena diyakini lebih sehat dan baik bagi kulit untuk penggunaan jangka panjang. Sebenarnya banyak produk kecantikan yang dapat kita buat sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana, hanya saja tidak semua orang mengetahui caranya. Untungnya ada kelas online jika kamu berminat untuk belajar membuat sendiri produk kecantikanmu sendiri, seperti body butter dan lip cream.

Photo by Kelly Sikkema

KelasHobi mengikuti kelas online “Lip Cream & Body Butter yang diadakan oleh Gaku Kelas bersama dengan pengajar yang merupakan praktisi dan pembuat produk natural, Kak Ainu Wahab. Selain kelas ini, Kak Ainu juga mengajarkan cara pembuatan berbagai macam produk rumah dan produk kecantikan natural lainnya. Di kelas ini, peserta akan mempelajari semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat lip cream dan body butter. Daftar bahan yang diberikan akan dijelaskan satu per satu kegunaannya, apa bahan pengganti yang dapat digunakan jika bahan tersebut tidak tersedia, dimana kita dapat memperoleh bahan tersebut, hingga bagaimana mencari bahan sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan. Diskusi pertanyaan dan jawaban dalam kelas menggunakan WhatsApp grup, sedangkan materi teori sudah diberikan terlebih dahulu menggunakan format pdf dan video tutorial.

Instagram @ainuwahab

Dalam slide materi yang diberikan oleh pengajar, peserta diberikan gambaran mengenai karakteristik produk seperti apa itu perbedaan body lotion, body cream, dan body butter. Pengajar juga menjelaskan apa saja kegunaan dari masing-masing produk dan bagaimana cara pemakaiannya. Masing-masing produk memiliki kandungan bahan yang berbeda. Kak Ainu memberikan resep pembuatan produk secara detail disertai dengan tips-tips seputar pembuatan dan bahan. Misalnya, pada bahan pembuatan body balm (solid body butter), jika ingin membuat produk yang dapat mengusir serangga (bug repellent), peserta dapat mengganti minyak kelapa dengan minyak sereh. Semua langkah-langkah pembuatan juga dijelaskan mendetail dalam slide. Untuk memperjelas langkah-langkah pembuatan, materi juga diberikan dalam bentuk video tutorial yang terbagi dalam 2 video dengan durasi masing-masing sekitar 10 menit. Kesempatan berdiskusi sangat luas, peserta diberikan waktu untuk praktek sendiri di rumah masing-masing dan kemudian dapat bertanya jika mengalami kesulitan. Peserta dapat bertanya hal apa saja yang berhubungan dengan pembuatan produk, termasuk bahan pengganti, maupun mengenai tips-tips pembuatan. Kelas berlangsung selama 2 jam 30 menit.

Keunggulan utama dari produk buatan sediri adalah semua produk dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan, misalnya mau membuat lotion untuk kulit juga bisa disesuaikan bahan-bahannya. Jika mau lotion yang dapat mengusir nyamuk, dapat mencampurkan minyak lavender dan rosemary, namun jika ingin lotion yang dapat mengatasi kulit kaki kering, dapat mencampurkan essential oil Geranium, Ginger, dan Patchouli. Asik kan? Jadi kita dapat bertanya mengenai banyak topik dan banyak resep seputar pembuatan krim dan lotion. Selain lip cream dan body butter, pengajar juga membuat banyak produk rumah tangga lainnya, seperti pasta gigi, sabun, deterjen, shampoo, dan pembersih rumah lainnya.

Photo by Vero Photoart

Apa saja yang dirasakan oleh Kak Ainu setelah rutin membuat dan menggunakan produk alami buatan sendiri?

  • Masalah kulit yang sensitif di udara dingin maupun panas sudah teratasi sebab kulit terasa lebih lembab.
  • Rambut rontok juga sudah jauh berkurang.
  • Problem gigi teratasi sudah tidak ada lagi gusi berdarah.
  • Urusan bau badan pun teratasi (menggunakan deodorant natural).
  • Tidak bingung lagi sama urusan tangan perih saat mencuci baju sebab sudah bikin sabun cuci sendiri yang jauh lebih sehat dan nyaman dikulit
  • Tidak bingung lagi mengolah sisa kemasan sekali pakai bekas beragam produk rumah tangga karena dapat mengurangi sampah.
  • Punya kepuasan batin karena bisa memproduksi sendiri sebagian kebutuhan personal care dan skin care, lebih nyaman karena bisa memilih sendiri bahan yang diinginkan.
  • Dan yang pasti lagi jadi jauh lebih hemat serta lebih sehat😍🌿

Di akhir kelas, peserta sudah dibekali dengan ilmu yang cukup untuk membuat lip cream, lip balm, lipstik, berbagai macam body lotion, body butter, dan pengetahuan mengenai beberapa fungsi dari essential oil. Pada kelas kemarin, salah satu peserta bahkan berhasil membuat produk sendiri dan memamerkan hasilnya di dalam grup. Untuk kelas produk natural selanjutnya, kamu bisa lihat jadwal yang tersedia di Instagram @gaku.kelas. Kalau kamu pernah mengikuti kelas online dan ingin pengalaman kamu featured di KelasHobi, langsung DM kami ya di Instagram @kelashobi.

Penulis: Jennifer

Ilustrasi: Stephanie Surianto

Featured Image: Alexander Mils

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: