#Review KelasHobi: Hidroponik Starter Kit Knowledge by Kokohidroponik

Tidak hanya bekerja yang bisa dari rumah, kamu juga bisa berkebun dari rumah. Banyak teknik dan gaya menanam yang bisa kamu pelajari untuk memulai kegiatan berkebun di rumah. Salah satunya adalah berkebun dengan teknik hidroponik. Teknik ini juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan teknik menanam konvensional. Mulai dari setting tanaman yang bersih karena tidak menggunakan tanah, kemudahan untuk mengatur nutrisi tanaman, hemat tempat, hingga waktu panen yang lebih cepat. Asik kan kalau kita bisa makan sayuran yang kita tanam sendiri.

Untuk kamu yang ingin mempelajari lebih lengkap mengenai hidroponik, kamu bisa join kelas online yang sekarang sudah banyak tersedia. Salah satu kelas online yang recommended banget adalah kelas hidroponik online bareng Kokohidroponik yang diadakan oleh Konstelar Workshop. Di kelas ini, peserta belajar mengenai apa itu teknik hidroponik, tanaman apa saja yang bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik, alat apa saja yang diperlukan, fungsi dan bagaimana cara menggunakan alatnya, perbedaan antara satu teknik hidroponik dengan teknik lainnya, hingga semua kesulitan dan kendala yang terjadi.

Kelas online ini diadakan melalui Whatsapp Group dikombinasikan dengan materi pdf yang di bagikan melalui website http://www.konstelar.com. Semua peserta diharapkan sudah membaca materi pelajaran sebelum kelas dimulai. Saat kelas dimulai, pengajar, yaitu Kak Andy Hasten tetap menjelaskan ulang materi secara detail melalui voice note. Selain itu, Kak Andy juga standby di kebun hidroponiknya sendiri dan selalu sigap membagikan rekaman video kondisi real dari kebun sehingga peserta mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hidroponik.

Selama kelas berlangsung, diskusi berjalan mengalir. Peserta diperbolehkan untuk bertanya kapan saja dan akan langsung dijawab oleh Kak Andy. Selain itu peserta juga dapat mendiskusikan masalah yang dihadapi saat menanam di rumah. Dari kelas ini, peserta dapat belajar banyak hal, mulai dari bagaimana memulai hidroponik, tanaman apa yang cocok bagi pemula, bagaimana mengukur pH air, hingga apa yang harus dilakukan jika tanaman terserang jamur dan bakteri. Kak Andy juga siap membagikan supplier atau tempat membeli alat yang dibutuhkan untuk hidroponik.

Di akhir kelas, Kak Andy juga memberikan sedikit pelajaran mengenai teknik menanam micro green. Micro green bisa menjadi sarana untuk masuk ke dalam hobi berkebun karena mudah dan murah. Pengen ikut kelas selanjutnya? Langsung follow instagram @konstelar.workshop dan @kokohidroponik untuk mendapatkan jadwal kelas selanjutnya ya.

Penulis: Jennifer

Instagram: Stephanie

Featured Image:

One thought on “#Review KelasHobi: Hidroponik Starter Kit Knowledge by Kokohidroponik

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: