Belajar Karate? Kenapa Tidak!

Seringkali, kondisi lingkungan yang kurang aman mengharuskan kita untuk mampu menjaga diri sendiri. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri adalah dengan belajar kemampuan beladiri, contohnya beladiri karate. Seni beladiri dari Jepang ini pertama kali diperkenalkan oleh Sensei Gichin Funakoshi dari Okinawa. Tahukah kamu jika ternyata karate ternyata memiliki beberapa jenis aliran? Sebagian aliran-aliran karate ini sudah mulai masuk ke Indonesia. Simak beberapa aliran karate yang mungkin perlu kamu ketahui berikut ini :

  • Shotokan

shotokan

Aliran karate shotokan dipelopori oleh Gichin Funakoshi yang membawanya dari Okinawa ke Jepang. Nama  Shotokan  sendiri  memiliki  arti  sebagai  perguruan  funakoshi.  Aliran  karate  shotokan terkenal sangat mematikan karena dapat membunuh lawan dengan pukulan dan tangkisan yang sangat keras. Bila kamu ingin mempelajari pertahanan diri dengan langsung beradu tangkisan dan pukulan dengan lawan, aliran karate shotokan bisa kamu jadikan salah satu pilihan.

  • Goju-ryu

gojuryu

Aliran karate Goju-ryu dibawa oleh Chojun Miyagi yang juga berasal dari Okinawa. Goju sendiri mempunyai arti keras-lembut sehingga teknik yang digunakan pada aliran ini merupakan perpaduan antara teknik keras dan teknik lembut. Aliran karate Goju-ryu memiliki konsep “pada pertarungan yang sebenarnya, kita harus dapat menerima dan membalas pukulan” dan menekankan pada pernapasan dasar atau latihan sanchin. Latihan dan teknik yang diajarkan pada aliran Goju-ryu bertujuan agar kita dapat memberikan pukulan yang dahsyat namun tidak terluka saat menerima pukulan dari lawan. Berbeda dengan aliran shotokan, aliran ini melakukan pertarungan jarak rapat dan tangkisan yang bersifat circular.

  • Kyokushin

flat,550x550,075,f.u3

Aliran karate kyokushin sangat terkenal baik didalam ataupun diluar jepang karena termasuk dari bagian 4 besar Japan Karatedo Federation. Pendiri aliran karate kyokushin adalah Sosai Masutatsu Oyama, sedangkan kyokushin sendiri memilik arti kebenaran tertinggi. Dengan menganut sistem Budo Karate, dalam pertandingan kita dituntut untuk tidak menggunakan pelindung dan menyerang secara frontal atau biasa disebut full-contact kumite. Hal ini bertujuan agar kita dapat mendalami arti sesungguhnya dari bela diri karate serta melatih jiwa dan semangat keprajuritan (budo). Karena teknik dan konsep yang digunakan, aliran ini terkenal sebagai salah satu aliran karate paling keras.

  • Wado-ryu

wadoryu

Aliran karate Wado-ryu mengajarkan teknik karate menggunakan kuncian persendian dan lemparan. Jenis aliran karate ini tergolong unik dan berakar pada seni bela diri Shindo Yoshin-ryu Jujutsu. Berbeda dengan aliran teknik karate yang lain, pada aliran ini kita tidak mengadu tenaga secara frontal namun lebih menggunakan tangkisan yang sifatnya mengalir (bukan tangkisan keras) karena berprinsip pada Jujutsu. Pada saat pertarungan sesekali bisa menggunakan teknik Jujutsu lain seperti sapuan kaki untuk membuat lawan jatuh ataupun bantingan.

Cukup menarik bukan mengetahui beberapa aliran karate sebelum kamu memutuskan untuk mempelajarinya. Nah, kalau kamu bingung memilih jenis aliran karate yang paling cocok buat kamu langsung aja datang ke tempat khusus belajar karate. Karena disana nanti kamu akan diarahkan oleh praktisi yang sudah ahli dibidangnya. Berikut ini beberapa tempat latihan karate yang bisa kamu datangi:

1.Indonesia Kyokushin Karate Association

ikka
http://www.kyokushinkai.co

Tempat latihan karate yang satu ini berlokasi di beberapa tempat, termasuk cabang di Banten dan juga Bandung (silakan cek alamat dojo-dojonya di http://www.kyokushinkai.co/dojo). Indonesia Kyokushin Karate Association (IKKA) telah ada di Indonesia sejak tahun 2012. Kamu bisa bertemu dan belajar langsung bela diri karate dari para praktisi ditempat ini dan menanyakan hal yang berhubungan dengan karate apabila kurang jelas. Untuk informasi lebih lengkap silahkan menghubungi 021 – 5383319 atau kunjungi social media Instagram @ikka.kyokushin

2. Institut Karate-do Indonesia (INKANAS)

Inkanas juga aktif mengadakan Gashuku (latihan bersama) rutin dan juga mengadakan Kejurda Karate Kapolda Cup. Saat ini INKANAS dipimpin oleh Jend. (Purn) Badrodin Haiti (mantan Kapolri). Kualitas dari jebolan INKANAS tidak diragukan lagi. Selain berbagai prestasi, beberapa atlet INKANAS juga ikut turun ke dalam ajang Asian Games 2018. INKANAS yang berdiri di beberapa kota besar di Indonesia ini dapat dihubungi melalui akun-akun media sosial mereka:

3. Shitoryu Indonesia Karate-Do

thao-le-hoang-711221-unsplash
Ilustrasi Karate Photo by Thao Le Hoang

Tempat  rekomendasi  selanjutnya  untuk  berlatih  bela  diri  karate  adalah  Shitoryu Indonesia Karate-Do.  Tempat latihan karate yang satu ini terletak di Komplek Pergudangan Taman Tekno Blok G1 No.1 Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Shitoryu Indonesia Karate-Do merupakan perguruan karate bagian dari FORKI yang sudah berafiliasi dengan Asia Pacific Shitoryu Karate-Do Fedearation (APSKF) dan World Shitoryu Karate-Do Federation (WSKF). Bila kamu tinggal di area Bekasi, tempat latihan karate yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan utama.

Seperti halnya olahraga lain, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan karate kita harus disiplin  dan  rajin  untuk  mengikutinya.  Bukan  hanya  untuk  melindungi  diri  namun  karate  juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Jangan lupa untuk mempersiapkan seragam khusus untuk mengikuti latihan karate. Apakah kamu sudah siap mengunjungi salah satu tempat latihan karate di atas? Selamat latihan ya..

Kontributor: Dina Isti

Featured Image by Thao Le Hoang

Sources:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: