Urban Farming: Menanam ala Kota Besar

Urban Farming adalah topik yang lagi kekinian saat ini. Apalagi PSBB membuat kita lebih banyak ada di rumah dan kesadaran untuk hidup sehat sedang naik. Menyambut musim hujan yang segera datang, rasanya tepat untuk membahas mengenai bercocok tanam. Ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk membuat kebun mini di rumah.

  • Hidroponik

Hidroponik adalah adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai media tanamnya. Sayuran dan buah yang ditanam dengan sistem hidroponik banyak diklaim dapat dipanen lebih cepat. Selain itu komposisi nutrisi dan keseimbangan pH dari media tanamnya lebih mudah diatur. Namun untuk memulai bercocok tanam memerlukan alat dan bahan yang berbeda, serta pengetahuan awal dulu mengenai macam-macam tekniknya. Sebelum mulai menanam menggunakan teknik hidroponik, kita bisa ikut kelas online dulu mengenai bagaimana memulainya. Lihat review kelas online hidroponik disini.

  • Microgreen

Microgreen adalah teknik menanam benih tanaman sayuran yang ukurannya mungil. Sesuai namanya, micro yang berarti kecil dan greens yang berarati tumbuhan hijau alias sayuran. Tanaman tersebut dipanen saat ketinggiannya masih sekitar 5 cm. Keuntungan menanam microgreens adalah cepat dipanen dan sayurnya memiliki banyak nutrisi baik juga. Metode ini paling asik dicoba untuk kalangan pemula karena lumayan bikin semangat, bisa cepat panen dan tingkat keberhasilan tanamnya tinggi. Beberapa jenis benih yang bisa digunakan untuk metode microgreens adalah benih bayam, selada air, sawi-sawian, kangkung dan alfalfa.

  • Tanaman Pot

Menanam dengan pot dan tanah sebagai media tanam selalu menjadi pilihan mudah dan klasik bagi para pemula. Cara tanamnya tidak ribet, tanaman bisa dibeli mulai dari bibit hingga yang sudah memiliki daun. Selain itu cara perawatannya juga sederhana, hanya mengikuti karakteristik masing-masing tanaman. Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam menggunakan metode ini, mulai dari buah, sayur, sukulen, tanaman hias, hingga bumbu dapur. KelasHobi pernah juga ikut kelas online menanam basil dari benih, cek disini.

Berikut adalah contoh perlengkapan dan tanaman yang bisa dicontek jika ingin memulai bercocok tanam dan menhasilkan sayuranmu sendiri.

Tertarik dengan cara menanam yang lain? KelasHobi pernah membahas terrarium dan aquascape juga loh disini.

Featured Image: Devi Puspita Amartha, Amber Engle, Russ Ward

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: