#Review KelasHobi: Melukis Masker ala Bhekti Art

Masker hidung dan mulut adalah salah satu barang yang saat ini tidak mungkin terlepas dari keseharian kita. Setiap kita mau keluar rumah, kita harus menggunakan masker. Bahkan sekadar ke depan rumah untuk belanja sayur saja kita wajib pakai masker. Bukannya tidak ada tujuan, memakai masker sangat penting untuk melindungi diri kita dan keluarga dari paparan virus. Karena pasokan masker bedah itu sangat terbatas, maka masyarakat awam dianjurkan untuk memakai masker kain. Untuk membuat masker kain menjadi lebih personal dan cantik, makser dapat dihias dan diberi motif sesuai dengan keinginan kita. Salah satunya adalah dengan cara melukis masker.

Melukis masker pada dasarnya sama saja dengan melukis di media lain. Kita selama ini sudah cukup akrab dengan teknik melukis diatas berbagai media kain, seperti lukisan kanvas yang dilukis diatas media kain kanvas, melukis sepatu, melukis tas, baju hingga melukis gelas. Yang membuat cukup spesial dalam teknik melukis masker adalah luasan bidang lukis yang terbatas. Ditambah lagi, ada lekukan khas masker yang harus diperhatikan. Kali ini KelasHobi mengikuti kelas lukis masker yang diadakan oleh Emji Handcraft dan Bhekti Art. Follow Emji Handcraft (@emji.handcraft) dan Bhekti Art (@bhekti_art) di Instagram untuk cari tahu jadwal berbagai workshop menarik selanjutnya.

Melukis diatas kain masker membutuhkan cat khusus, yaitu cat tekstil. Namun jika tidak memiliki cat tekstil, bisa menggunakan cat akrilik yang dicampurkan dengan semacam agen atau bahan khusus tekstil agar warna tidak pudar saat dicuci. Kak Bhekti sudah menyiapkan kit khusus berisi 5 warna cat dasar yang dapat kita campur sendiri sesuai selera. Selain itu, di dalam kit juga terdapat kuas, masker, palet, pensil, dan beberapa peralatan lainnya. Peserta hanya perlu menyediakan wadah bilas kuas, tissue, dan air saja. Jadi sudah lumayan lengkap. Sebelum kelas dimulai, Kak Bhekti sudah memberikan video tutorial dan materi pdf yang mengajarkan beberapa ilmu mengenai warna dan teknik pencampuran warna menggunakan warna dasar yang diberikan. Kemudian peserta diberikan pengetahuan mengenai alat serta teknik yang digunakan.

Kegiatan melukis berlangsung sangat seru. Jangan takut jika kita tidak dapat menggambar karena sketsa diajarkan segaris demi segaris. Setelah sketsa selesai dibuat, gambar dipindahkan dari kertas ke media lukis, yaitu masker, menggunakan teknik jiplak sederhana. Selanjutnya peserta dapat langsung mengisi gambar pada masker dengan berbagai warna cat yang sudah disiapkan. Proses melukis memakan waktu sekitar 1 jam saja. Semua peserta dapat menyelesaikan lukisannya masing-masing. Tema lukisan hari ini adalah bunga teratai beserta inisial nama masing-masing.

Gimana seru kan kelasnya? Hampir semua peserta awalnya mengatakan mereka tidak bisa menggambar, namun diakhir kelas semua peserta dapat menghasilkan lukisan yang cantik. Selain kelas melukis masker, Kak Bhekti juga membuka kelas lukis mug dan keramik. Ikuti terus perjalanan workshop kami ya. Stay tune untuk kelas selanjutnya.

Featured Image by Buse Doga

Instagram Teaser by Stephanie Surianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: