#Review KelasHobi: Weaving Online Class by Aprisa

Weaving atau yang kita kenal dengan kata menenun adalah suatu proses menyatukan benang demi benang agar menjadi kain. Menenun merupakan teknik membuat kain yang sudah lama dikenal di segala penjuru dunia. Teknik membuat kain tradisional ini kini banyak digunakan para crafter atau pecinta kerajinan tangan untuk membuat hiasan dinding yang indah. Ada banyak teknik yang bisa digunakan dalam weaving, selain itu, kita juga dapat membuat weaving dengan menggabungkan berbagai macam jenis benang dalam satu karya untuk menghasilkan tekstur yang unik dan indah.

Kelas online kali ini diadakan oleh Kak Aprisa dari Dear Aprisa, seorang crafter weaving yang suka sekali berbagi ilmu. Kak Aprisa sudah mempelajari banyak teknik weaving dan menghasilkan beragam karya indah. Follow Instagram Kak Aprisa di @dear.aprisa ya. Kelas weaving online ini menggabungkan beberapa metode belajar sekaligus. Peserta yang mendaftar akan digabungkan kedalam grup whatsapp untuk memudahkan diskusi antar kelompok belajar. Setelah itu, peserta akan diberikan jadwal kelas LIVE menggunakan platform ZOOM untuk lebih memudahkan praktek dan diskusi. Terdapat juga materi teori dan video tutorial profesional yang dapat diakses oleh peserta di platform belajar khusus yang sudah dirancang oleh kak Aprisa dalam platform Thinkific. Materi dan video pada platform Thinkific dapat diakses seumur hidup. Jadi tidak perlu repot download materinya satu persatu karena semuanya selalu tersedia secara online.

Kak Aprisa menyediakan dua macam paket kelas yang bisa diambil oleh peserta, kelas dengan kit atau kelas tanpa kit. Untuk kelas dengan kit, harga dalam paket sudah termasuk akses kelas dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai weaving, yaitu loom, jarum, weaving comb, dan satu paket berisi beberapa jenis benang. Jika peserta ingin mulai belajar weaving dengan menggunakan alat dan bahan sendiri juga bisa, tinggal menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan saja.

Materi belajar yang ada di Thinkific sendiri sudah super lengkap sehingga peserta yang sudah mendapatkan akses belajar dapat langsung mencoba proses weaving secara mandiri. Karena materi dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, peserta dapat leluasa mengatur jadwal praktek. Tidak melulu harus mengikuti jadwal ZOOM. Namun jika dirasa ada kesulitan atau pertanyaan, dapat langsung berdiskusi dengan pengajar melalui whatsapp group. Di kelas ini, peserta akan belajar weaving mulai dari awal yaitu dari persiapan alat dan bahan, bagaimana mengatur loom, memilih perpaduan warna, hingga memilih benang yang tepat dan mengenali teksturnya masing-masing.

Materi selanjutnya adalah mempelajari bagaimana membuat teknik weaving dasar, yaitu twinning, tabby, rya loops & rya knot, soumak dan roving. Dengan beberapa variasi teknik dasar tersebut, peserta sudah bisa membuat hasil karya yang beragam dan indah. Setelah mempelajari masing-masing teknik, peserta akan diajarkan bagaimana tips dan triknya agar dapat mengkombinasikan berbagai teknik tersebut menjadi satu kesatuan yang indah.

Materi terakhir adalah bagian finishing dan sample pola yang bisa diikuti oleh peserta. Sebenarnya ada banyak pola dan kombinasi warna serta tekstur yang bisa diikuti dan dijadikan inspirasi. Semua kembali kepada selera masing-masing peserta. Ukuran dari hasil weaving juga bisa beragam. Untuk membuat ukuran weaving yang lebih besar tentu akan membutuhkan loom yang lebih besar dan benang yang lebih banyak juga. Jika kamu tertarik untuk mencoba, sangat disarankan untuk mencoba dari ukuran yang kecil terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hasil yang sudah dibuat oleh peserta.

Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat partisipasi di akhir kelas. Tertarik untuk mencoba? Cek IG @dear.aprisa untuk jadwal batch selanjutnya ya. See you di review kelas selanjutnya. Next kita akan bahas mengenai pendant resin class!!

Instagram Teaser by Stephanie Surianto

Featured Image: Lena Malevitis, Instagram @dear.aprisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: