#Basic Craft: Ragam Bunga Imitasi untuk Craft

Bunga imitasi merupakan salah satu bahan kerajinan tangan yang paling sering digunakan, baik sebagai dekorasi maupun bahan utama. Berbeda dengan bunga alami yang sudah KelasHobi bahas sebelumnya, bunga imitasi sudah tentu bukan merupakan bunga alami. Sehingga warna, tekstur serta karakteristiknya pun berbeda dari bunga asli. Tentu saja ini akan mempengaruhi penggunaan bunga pada kerajinan tangan. Bunga imitasi dapat terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kertas, plastik, kain, resin, maupun bahan natural seperti kulit jagung.

Bunga Plastik

Biasa jika kita mengetik “bunga plastik” pada mesin pencarian atau ecommerce, maka yang muncul adalah bunga seperti pada gambar. Walaupun namanya bunga plastik, namun bahannya bisa beragam. Bunga plastik biasa terdiri dari batang yang terbuat dari kawat dan plastik, daun dan kelopak yang terbuat dari bahan kain dan putik sari yang terbuat dari plastik juga. Ada macam-macam jenis bunga plastik yang dijual, ada yang hanya imitasi kelopaknya saja, lengkap dengan daun dan batang satuan, hingga yang sudah dikombinasi jadi 1 buket. Bunga plastik tahan disimpan dalam waktu yang lama, tahan air dan tidak cepat rusak saat digunakan. Bunga ini cocok untuk dekorasi jangka panjang, latihan merangkai bunga, hiasan pada pakaian, kue, untuk hiasan rambut dan banyak kerajinan tangan lainnya. Pemakaiannya luas sekali, namun tentu tidak akan dapat menyaingi keindahan bunga alami.

Bunga Kertas

Merupakan jenis bunga imitasi yang sangat banyak digunakan. Bahan kertas yang digunakan juga beragam. Ada bunga yang dibuat dari uang kertas, kertas krep, karton, origami, dan sebagainya. Ukuran bunga kertas juga beragam. Banyak crafter yang justru memiliki spesialisasi di bidang pembuatan bunga kertas. Bunga kertas memiliki pesona tersendiri, berbeda dengan bunga plastik, bunga kertas memiliki tektur dan penampilan yang khas. Bunga kertas cukup awet jika disimpan lama namun biasanya tidak tahan air. Dalam penggunaannya juga harus lebih berhati-hati dibandingan dengan bunga plastik, karena bunga kertas rentan sobek. Bunga kertas banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan, scrapbooking, journaling, bunga mahar, dan buket bunga.

Bunga Tekstil

Seperti namanya, bunga tekstil terbuat dari bahan kain atau tekstil. Terdapat beberapa jenis bunga berbahan kain yang bisa kamu buat atau beli, yaitu bunga satin, bunga aplikasi jahit, bunga flanel, dan bunga katun. Bunga kain memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda jauh dari bunga alami. Bunga kain biasa digunakan untuk aplikasi jahit, dekorasi, dan buket bunga.

Bunga Klobot Jagung

lemkertas.com

Nah yang satu ini sering ketinggalan. Walaupun bunga ini merupakan bunga imitasi, namun bunga klobot jagung terbuat dari bahan yang alami. Bunga klobot jagung adalah bunga yang terbuat dari klobot atau kulit jagung yang dikeringkan. Biasa berwarna putih, namun dapat juga diberikan pewarna tambahan. Klobot jagung banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Bunga klobot jagung memiliki teksur agak seperti bunga kering. Bentuknya cantik dan unik serta sering dipadankan dengan rangkaian bunga kering. Bunga klobit jagung bisa digunakan untuk membuat hiasan atau dekorasi, kotak mahar, dan sebagai paduan untuk rangkaian bunga kering.

Cover Image by Tamanna Rumee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: