Jenuh dengan Rutinitas Sehari-hari? Ini dia 8 Kegiatan yang Bisa Meningkatkan Kreativitas Kamu

Tidak hanya pegawai kantoran, semua orang pasti pernah merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas sehari-hari. Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan profesional, hingga pelajar yang masih mengenyam dunia pendidikan, pasti pernah merasa bosan. Selalu ada titik ketika kita merasa bosan dengan rutinitas dan kegiatan kita sehari-hari. Akibatnya kreativitas dan kinerja kita menurun. Padahal kreativitas sangat penting agar kita bekerja secara maksimal. Saat imajinasi kita menurun, kita tidak dapat menghasilkan ide-ide brilian dan dapat menghambat pekerjaan kita. Jadi gimana dong? Tenang, Learners dapat mecoba tips-tips di bawah ini agar bisa mengatasi kejenuhan dan mengembalikan kreativitas kamu.

1. Berlibur

agnieszka-boeske-354851-unsplash
Photo by Agnieszka Boeske on Unsplash

Santai sejenak selalu dapat mengembalikan fokus dan mood kita. Coba manfaatkan cuti atau atur waktu luang agar dapat berlibur sejenak. Ada banyak destinasi wisata yang dapat kita kunjungi, mulai dari destinasi dalam negeri hingga luar negeri. Berlibur tidak melulu harus pergi ke tempat yang jauh, kok. Berlibur di dekat kota tempat tinggal kamu juga bisa menjadi sangat menyenangkan. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat unik seperti planetarium atau galeri seni yang sedang kekinian.

2. Mengikuti Workshop Singkat

tim-wright-131720-unsplash
Photo by Tim Wright

Nah ini dia aktivitas yang sedang trend saat ini, mengikuti workshop atau kelas singkat. Ada banyak sekali pilihan kelas yang dapat kita ikuti, mulai dari yang bertema seni, kuliner, hingga kelas-kelas produktif yang menawarkan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kita. Bagi kamu para pencinta kopi, sekarang kamu bisa ikut workshop mengenai bagaimana cara menyajikan kopi ala barista cafe. Atau untuk kamu yang senang berkebun tetapi tidak punya lahan yang luas, kamu dapat mengikuti workshop untuk belajar cara membuat terrarium tanaman kaktus dan succulent.

3. Menonton Konser

zachrie-friesen-211794-unsplash
Photo by zachrie friesen

Music is life, that’s why our hearts have beats“. Wah, bener banget nih kutipannya. Terkadang, obat paling simpel untuk mengatasi kejenuhan adalah dengan mendengarkan musik favorit kita. Tapi kalau mendengarkan musik di gadget sudah terasa biasa, kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik di konser dan event musik, contohnya Java Jazz, sebuah event tahunan yang kebetulan baru digelar di Jakarta belum lama ini. Pasti jadi pengalaman seru dan berbeda dari biasanya. Atau, kamu juga bisa mulai belajar main musik, lho!

4. Mencoba Hobi Baru

lubo-minar-262506-unsplash
Photo by Lubo Minar

Coba diingat, kapan terakhir kali kamu mencoba hal baru untuk pertama kalinya? Jangan-jangan sudah lama nih kamu melakukan hal yang itu-itu saja. Yang pasti, kamu bisa mengatasi kejenuhan dan membuka pikiran dengan mencoba hal baru. Eits, jangan takut mahal, mencoba baru tak selalu identik dengan pengeluaran tambahan. Kalau cocok, kegiatan itu dapat kamu jadikan hobi. Kamu bisa mencoba beragam kegiatan untuk mengisi akhir minggumu, contohnya kegiatan fotografi dengan bermodalkan kamera smartphone yang kamu miliki saat ini.

5. Olahraga

robson-hatsukami-morgan-280156-unsplash
Photo by Robson Hatsukami Morgan

Tubuh yang sehat adalah kunci dari pikiran yang sehat juga. Pasti Learners pernah mendengar kalimat itu kan. Seharian bekerja atau beraktivitas lainnya pasti membuat tubuhmu kaku. Apalagi kalau kamu cuma duduk di kantor aja seharian atau malah tiduran di kamar sambil ngerjain tugas. Ada banyak cabang olah raga yang bisa kamu coba. Contohnya basket, futsal, bulu tangkis, lari pagi saat car free day atau yoga. Ada banyak banget pilihannya. Ayo mulai bergerak agar tubuh kembali bugar. Siapa tahu sekalian bisa membentuk badan biar lebih kece lagi.

6. Blogging

corinne-kutz-211251-unsplash
Photo by Corinne Kutz

Di “zaman now” ini, kehidupan kita nggak pernah lepas dari yang namanya internet dan media sosial. Ada facebook, Instagram, twitter, dan blog seperti WordPress, Medium, atau Blogspot. Kamu bisa mencoba mengembangkan kreativitas kamu melalui aktivitas blogging, lho. Kamu bisa pilih tema blog yang ingin kamu kembangkan: mulai dari membahas review produk atau jasa, bikin video tutorial, membahas rekomendasi tempat atau hal yang unik, sekadar bercerita keseharian, sampai memamerkan hasil karya kamu. Siapa tahu kamu punya bakat terpendam untuk jadi influencer atau public figur.

7. Membaca Buku

thomas-william-302052-unsplash
Photo by Thomas William

Jadi inget jaman sekolah? Eh nanti dulu. Mungkin terdengar serius bagi kamu yang memang ngga hobi membaca. Tapi sebenarnya cukup asyik kok. Jaman sekarang banyak buku yang inspiratif dan pastinya bisa menambah wawasan. Buku-buku yang lebih santai juga banyak. Mulai dari novel fiksi yang beberapa di antaranya telah diangkat ke layar lebar, hingga buku yang membahas tentang hobi seperti travelling. Dijamin kamu pasti langsung dapat segudang inspirasi setelah membaca buku yang bagus.

8. Brainstorming dengan Teman

omar-lopez-355586-unsplash
Photo by Omar Lopez

Brainstorming atau yang lebih kita kenal sebagai ngobrol (bukan bergosip ya), merupakan salah satu aktivitas paling ampuh mengatasi kejenuhan. Saling bertukar pikiran dengan teman atau keluarga, dapat membuka pikiran kamu mengenai banyak hal. Tidak selalu harus tentang hal baru, kamu dapat mendiskusikan apa saja, mulai dari isu-isu terhangat saat ini, ide-ide bisnis, tempat berakhir pekan yang kekinian, atau sekadar saling berbagi kabar dan dukungan. Selain dapat mengurangi kejenuhan, kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi.

Nah itu dia 8 kegiatan yang bisa meningkatkan kreativitas kamu, selamat mencoba ya.

Credit for photo:

Heading Photo by Estée Janssens on Unsplash

 

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: