Belajar Menulis Indah dengan Hand Lettering

Hello, Learners, pernah dengar tentang skill menulis indah atau yang biasa disebut hand lettering yang saat ini sedang trend? Biasanya, hand lettering memuat satu kalimat quote dan disajikan dalam bentuk yang indah, seringkali disertai dengan lukisan sebagai latar belakangnya. Dengan kemajuan tenologi saat ini, hand lettering yang kita buat bahkan bisa dijadikan wallpaper di gawai kita sendiri.

Beberapa tokoh yang cukup terkenal di dunia hand lettering adalah  @stefankunz , Nana (IG account: @lettersandsmiles) dan Jerome Jonathan (IG account: @jerome_jonathan). Ketiga tokoh ini sering menampilkan hasil karya mereka di akun Instagram mereka, dan tak jarang membuka kelas hand lettering workshop.

Bagi Learners yang tertarik dan hendak belajar seni ini namun belum menemukan kelas yang cocok, jangan khawatir. Selain belajar melalui beberapa tutorial di Youtube, kelashobi.com rangkumkan beberapa tips ‘n tricks untuk belajar hand lettering bagi pemula, nih. Yukk, cek tips ‘n tricks-nya:

1.Buat garis panduan untuk menempatkan huruf

rawpixel-com-610074-unsplash
Photo by Rawpixel.com

Garis panduan dan sketsa akan menjadi patokan dalam memulai hand lettering. Khusus untuk pemula, garis panduan dan sketsa sangat penting untuk membiasakan diri dengan komposisi huruf yang akan dibuat.

2. Pegang alat tulis dalam posisi yang nyaman

kelly-sikkema-291518-unsplash

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, posisikan tangan dengan alat tulis dalam posisi yang paling nyaman ketika menulis. Untuk memperindah tulisan, sebaiknya poisikan alat tulis dengan posisi miring. Awalnya, mungkin Learners akan bingung dan berganti-ganti posisi menulis. Tidak apa, karena pada akhirnya Learners akan menemukan cara menulis sendiri yang benar-benar nyaman.

3.Awali dengan sketsa

kobu-agency-387557-unsplash
Photo by Kobu Agency

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, buatlah sketsa dengan menggunakan pensil untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Saat menebalkan sketsa, hindari menulis terlalu lambat agar tidak terlalu banyak tinta yang keluar sehingga kertas menjadi becek. Selanjutnya, biarkan tinta atau cat air mengering terlebih dahulu sebelum Anda memegang tulisan yang telah jadi. Usahakan agar pergelangan tangan tidak menyentuh kertas agar tulisan yang telah tertulis tidak tercoreng.

4. Gunakan tekanan untuk mengendalikan lebar garis

kelly-sikkema-399338-unsplash
Photo by Kelly Sikkema

Panjang dan lebar dari tulisan hand lettering harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis atau menggambar Hand lettering ini. Dengan mengendalikan sudut alat tulis dengan metode tekanan untuk mendapatkan hasil yang baik dan benar. Mata pena yang berbeda akan membantu sekali dalam membuat ketebalan garis yang berbeda.

5. Gunakan urutan gerakan yang benar

annie-spratt-167089-unsplash

Setiap huruf dalam hand lettering memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya. Urutan coretan yang asal-asalan dapat sangat berpengaruh pada hasil dari karya Anda. Lihatlah kembali panduan hand lettering untuk meminimalisir kesalahan.

6. Gunakan kertas yang tebal dan berkualitas baik

joanna-kosinska-199299-unsplash
Photo by Joanna Kosinska

Untuk menambah kualitas hasil akhir hand lettering-mu, gunakan kertas yang tebal dengan daya serap baik. Kertas berdaya serap baik juga akan sangat diperlukan jika Learners hendak menambahkan frame atau latar belakang berupa lukisan cat air. Pada akhirnya, hasil karya yang baik tentu merupakan hasil dari latihan yang intens. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memulai dan belajar selalu. Selamat mencoba dan happy learning ya, Learners!

Ditulis oleh: Irianto

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: