#ReviewKelasHobi : Terrarium Workshop dengan Terrarium Journal

Hi Learners, kalau biasanya Kelashobi membahas hobinya, kali ini salah satu kontributor kami ikutan kelasnya. Kelas kali ini berjudul Learn How to Make Your Own Terrarium yang diadakan oleh Terrarium Journal. Workshopnya diadakan di Routine Coffee, yang berlokasi di Bintaro. Terrarium Journal menyediakan berbagai jenis kaktus, sukulen, dan terrarium yang dibuat customize alias sesuai pesanan masing-masing klien. Kamu bisa langsung cek IGnya ya, yaitu @terrarium.journal. Yuk lanjut ke reviewnya.

poster
Apa itu Sukulen, Kaktus, dan Terrarium
Kaktus dan sukulen adalah tanaman yang dapat menyimpan air pada batangnya. Biasanya hidup pada cuaca yang cenderung panas. Nah hebatnya ini adalah jenis tanaman yang lumayan awet dan mudah perawatannya. Jadi pas untuk pemula yang baru belajar berkebun. Terrarium adalah seni membuat taman (tanaman hias) kecil di dalam botol kaca atau vas kaca. Karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang cantik, terrarium dapat diletakan dimana saja, termasuk di meja kantor, ruang tamu atau bahkan atau meja belajar kamu.

TOOLS
Yang Perlu Disiapkan
Peralatan yang dibutuhkan sederhana dan cukup terjangkau. Untuk kelas kali ini, semua peralatan dan kaktusnya sudah termasuk dalam biaya workshop. Jadi datangnya ngga bawa apa-apa, pulangnya sudah bawa terrarium ukuran medium plus bawa ilmu. Nah semua peralatan yang dibutuhkan sudah langsung disiapkan di meja masing-masing partisipan. Kurang lebih, ada pot kaca, ala-alat berkebun mini, tanah, kerikil, semprotan air, sarung tangan, dan berbagai jenis kaktus dan sukulen mini. Untuk pot kacanya bisa kita pilih sendiri. Semua bentuknya kekinian banget dan terbuat dari kaca bukan plastik. Katanya walaupun pot plastik lebih murah, tapi pot kaca lebih tahan lama.

Cara Merangkai Terrarium

New Phototastic Collage
Nah ini dia bagian yang paling seru. Workshop dimulai dengan kata sambutan dan perkenalan dari team Terrarium Journal. Kali ini team Terrarium Journal yang hadir terdiri dari 3 orang, Mas Tio, Mas Edo, dan Mbak Anggra. Kita dijelasin dulu apa itu terrarium, asal-usulnya, apa itu kaktus dan sukulen dan jenis-jenis kaktusnya. Setelah itu kita diajak untuk memilih sendiri pot kaca yang kita inginkan. Ada banyak jenis yang sudah disiapkan dan semuanya berukuran medium. Lalu berlanjut ke pengenalan semua tools, bahan-bahan, wadah dan medianya. Jadi untuk pot kaca ukuran sedang, kita dapat mengisi sampai dengan 6 tanaman kaktus dan sukulen mini. Boleh campur-campur asal bagus dan sesuai selera masing-masing. Kita pilih sendiri juga kaktus dan sukulen mininya. Seru banget karena semuanya bagus-bagus. Nah setelah memilih kaktus dan sukulen, lanjut ke cara membuatnya langsung. Semuanya dibimbing dari awal hingga akhir. Jadi ngga perlu takut bingung. Ini langkah-langkahnya:

  1. Isi pot kaca dengan kerikil besar yang tujuannya sebagai tempat mengalirkan air karena pot kaca tidak memiliki lubang untuk mengalirkan air.
  2. Selanjutnya setelah diisi kerikil, pot kaca diisi tanah yang agak banyak lalu dipadatkan. Ini akan jadi tempat menanam kaktus dan sukulennya. Tanah ini adalah campuran tanah, sekam, pupuk dan pasir kalang.
  3. Lalu bagian-bagian yang nantinya sulit dijangkau diisi oleh kerikil lagi. Sedangkan bagian lain langsung ditanam kaktus dan sukulennya. Menanamnya harus dipastikan bahwa seluruh bagian akar sudah terbenam dalam tanah.
  4. Setelah sukulen ditanam, dilapisi lagi oleh kerikil kecil agar cantik dan untuk melindungi tanahnya. Jangan lupa tanahnya disemprot air secukupnya dan jadi deh terrarium kaktus kita.

Tips-tips Perawatan Kaktus dan Sukulen

DSC01456 (2)_edited
Setelah terrarium kita jadi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar terrarium kita awet dan tanah lama. Kita diberikan kartu petunjuk bagaimana cara merawat kaktus dan sukulen yang tepat.

  • Siram pada tanahnya jangan pada kaktus atau sukulennya karena tanamannya bisa busuk jika terlalu banyak air. Siram pada frekuensi 1 minggu 1x atau 4-5 hari sekali.
  • Jika terrariumnya ditempatkan di dalam ruangan, jangan lupa untuk dijemur dibawah sinar matahari setiap 3-4 hari sekali.

Yang Dibawa Pulang

DSC01439 (2)
Apa saja yang dibawa pulang? 1 set terrarium lengkap hasil karya kita sendiri yang kece banget. Lalu semua tools yang disediakan boleh dibawa pulang. Saat workshop juga disediakan free flow ice tea dan makanan kecil untuk snack. Makanan kecil yang disediakan kali ini adalah pisang goreng andalah Routine Café. Lengkap banget kan, bawa pulang terrarium, tools untuk menanam, dapat ilmu baru dan dapat teman baru juga.

Overall Review Workshop

Workshop by : Terrarium.journal (IG @terrarium.journal)

Tempat: Routine Coffee and Eatery Bintaro

Waktu : 10 April 2018

Biaya workshop: IDR 400,000 (1 Set Terrarium, tools, snack & free flow ice tea included)

Durasi total: 1.5 Jam

Score (scala 5): 5 (sangat baik)

DSC01423 (3).jpg
Mantap banget ya workshopnya, teamnya juga responsif. Dan yang paling seru, workshop ini cuma memakan waktu 1 jam saja. Jadi dalam waktu 1 jam itu kamu yang tadinya saat datang belum bisa sama sekali, langsung bisa membuat terrarium sendiri dan bawa pulang hasilnya. Kita tunggu jadwal workshop selanjutnya ya Terrarium Journal.

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: