Pilihan Hobi Berkebun untuk Lahan Terbatas, dari Terrarium Hingga Aquascape

Hi kawan Kelashobi, sudah tahu belum hobi berkebun sekarang ini ada banyak pilihan. Dari yang artsy dan kekinian hingga yang bisa dipanen untuk makan sendiri. Hobi berkebun biasanya identik dengan ruang yang besar atau lahan yang luas. Selain itu pasti banyak yang masih membayangkan kalau merawat tanaman itu pasti merepotkan dan modelnya itu-itu saja. Ya tanaman dalam pot besar dengan daun menjuntai-juntai. Buat kita yang tinggal di area perkotaan pasti sulit ya rasanya mau menanam sesuatu, karena biasanya pekarangan rumah orang kota itu habis buat garasi, tempat jemur baju atau jadi gudang. Belum lagi kalau yang tinggal di apatermen, cuma punya balkon itu juga cuma semeter lebarnya.

cathal-mac-an-bheatha-223618-unsplash
Photo by Chatal Mac an Beatha

Nah untungnya saat ini sudah ada lebih banyak pilihan untuk kamu yang hobi berkebun. Mulai dari yang tanamannya tahan banting pantang layu seperti kaktus, sampai yang bisa buat masak di dapur. Mulai dari yang pakai teknik hidroponik sampai yang tanamannya memang hidup dalam air. Yuk disimak empat ragam teknik berkebun ala urban yang bisa kamu coba:

Aquascape

thegreenmachineonline
Photo from thegreenmachineonline.com (ADA)

Dari namanya memang sudah bisa ditebak, aquascape adalah teknik untuk menciptakan lanskap bawah air yang cantik dengan menggunakan tanaman hias yang hidup di air alias berkebun di dalam aquarium. Walaupun memerlukan teknik khusus dan modal yang lumayan untuk membeli semua perlengkapannya, tapi hasilnya dijamin bisa jadi stress relief buat yang melihat. Bentuknya yang seperti taman dalam air ini bisa juga diisi dengan ikan-ikan kecil. Ada banyak pilihan gaya aquascaping yang bisa kamu coba. Video tutorial mengenai cara pembuatannya juga sudah banyak tersedia di internet. Tinggal browsing deh kakak.

Terrarium Kaktus & Sukulen

mike-marquez-455153-unsplash
Photo from Mike Marquez

Nah kalau aquascape tanamannya hidup dalam air, yang ini tanamannya hidup di daerah panas dan kering. Kaktus dan sukulen adalah jenis tanaman yang dapat menyimpan air pada batangnya. Tanaman yang satu ini dijamin lebih susah layu alias tahan banting, asal perawatannya sesuai. Perawatannya mudah dan simple, yaitu cukup disiram satu kali seminggu pada tanahnya. Modelnya artsy banget dan keren untuk sekalian dijadikan pajangan dirumah. Baru-baru ini salah satu kontributor Kelashobi ikutan workshop mengenai bagaimana cara membuat terrarium kaktus dan sukulen sendiri. Tunggu reviewnya di artikel Kelashobi yang selanjutnya ya.

Hidroponik

kebun.net
Photo from kebun.net

Yang jenis ketiga ini pasti sudah pernah kamu dengar, yaitu hidroponik. Hidroponik adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai media tanamnya. Jadi tidak menggunkan tanah seperti media tanam pada umumnya. Sebenarnya ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik, tapi biasanya sayur-sayuran seperti selada, kangkung, dan bayam adalah yang paling banyak diminati. Wadah untuk menanamnya dapat menggunakan pipa pvc atau bahkan dengan botol plastik bekas agar sekalian dapat mengurangi sampah plastik. Nah kalau sudah siap dipanen, sayurnya bisa langsung dimasak deh.

Mini Pot Vertical Garden

gallery-1430166859-potted-hanging-garden house beautiful
Photo from House Beautiful

Sebenarnya sih ini metode menanam konvensional seperti pada umumnya. Tapi yang membedakan itu adalah ukuran tanaman dan peletakannya. Ini bukan tanaman yang dikerdilkan seperti bonsai, kalau itu sih butuh teknik khusus dan waktu yang lama. Pada dasarnya persis sama dengan menanam biasa. Beberapa tanaman yang populer ditanam di pot mini adalah jenis tanaman bumbu dan bunga kecil. Karena ukurannya yang kecil, tanaman dapat disusun di rak atau disusun vertikal pada dinding rumah. Cocok untuk yang punya lahan terbatas namun ingin tetap memiliki tanaman untuk menyegarkan mata.

Menanam dan berkebun dapat memberikan efek menenangkan dan relaksasi. Selain itu, melihat banyak tanaman di sekitar kita juga dapat mengurangi stress. Banyak sekali sisi positif dari berkebun dan dapat menjadi penunjang dekorasi di rumah. Bisa sekalian untuk menambah produksi oksigen juga. Jadi tunggu apalagi, ayo ikut menghijaukan dunia dengan hobi berkebun.

Artikel ditulis oleh Jennifer

Featured Photo Credit by Georgia de Lotz

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: