Menjelang Lebaran: Tips DIY Buat Kamu yang Hobi Pakai Baju Kembaran di Hari Raya

Hi Kawan Kelashobi, Lebaran 2018 sudah dekat nih, yeay. Masa Ramadhan dan Lebaran selalu identik dengan berkumpul bersama keluarga, teman dekat, dan orang-orang terkasih. Pasti di bulan Ramadhan ini banyak juga yang punya rencana bukber alias buka bersama dengan teman-teman atau anggota keluarga. Apalagi saat Lebaran nanti, semua sanak keluarga berkumpul, bahkan yang tinggal jauh di luar kota dan luar negeri pun biasanya meluangkan waktu sekali dalam setahun untuk berkumpul bersama saat Lebaran. Biasanya untuk menunjukkan kekompakan keluarga atau kawan yang berkumpul, kita jadi hobi untuk mengenakan pakaian yang seragam. Misalnya dengan tema warna yang sama, atau bahkan dengan model pakaian yang senada. Nah Kelashobi punya beberapa inspirasi yang bisa membuat pakaian seragam kamu di hari raya jadi lebih berwarna dan unik.

Fabric Stamping (Cetak Kain dengan Tangan)

2c13a6a9fadd856768336fd9cf1e1a00--stamping-tisk
Photo from Noolibird & Pinterest

Teknik fabric stamping merupakan teknik membuat pola atau gambar pada kain dengan menggunakan stempel atau cetakan pola lainnya secara manual. Teknik ini sangat populer di luar negeri karena dapat memberikan efek personal yang cukup instan. Selain itu teknik ini juga tergolong murah dan mudah dilakukan. Cukup dengan membeli stempel atau membuat sendiri pola yang diinginkan, menyiapkan tinta kain, dan langsung bubuhkan stempel atau pola yang inginkan diatas kain. Setelah itu dibiarkan kering dan jadi deh kain dengan pola yang hanya kamu yang punya. Teknik super simpel ini bisa kamu aplikasikan pada seluruh kain atau hanya pada bagian yang kamu inginkan saja. Bisa juga langsung diaplikasikan pada baju yang sudah jadi. Seru kan.

Shibori

miraasa
Photo from Miraasa & Pinterest

Shibori adalah teknik pewarnaan dan pembuatan pola kain tradisional dari Jepang dengan menggunakan proses pencelupan kain pada bahan-bahan alami. Teknik ini sendiri sudah dipraktekkan sejak abad ke 8 di Jepang. Namun saat ini banyak yang menggunakan pewarna kain komersil karena pewarna yang natural sudah terbatas dan cukup sulit proses pembuatannya. Di Indonesia sendiri pola kain Shibori sangat populer dan digemari. Nah kamu bisa mempraktekkan sendiri teknik Shibori ini di rumah dan menciptakan kreasi kain yang unik untuk ide baju seragamannya. Kelas dan workshop mengenai Shibori juga sudah tersedia jika kamu berminat untuk mempelajari teknik ini dengan lebih serius.

“Sharpie” Painting

52eb4ce69dcd246fb6e6cde959910495
Photo from Pinterest

Kamu pernah lihat sepatu dan tas bahan kanvas yang digambar unik dan handmade? Nah kalau kamu memang hobi menggambar atau punya teman yang jago gambar, bisa banget nih menumpahkan kreativitas kamu diatas kain. Dengan menggunakan pen atau spidol khusus yang anti luntur (Sharpie), kamu bisa membuat pola dan gambar yang customize sesuai dengan tema pertemanan kamu. Misalnya pola bunga-bunga untuk bagian pinggir hijab kamu dan girl squad kamu, atau bahkan tema Wakanda Forever pada bagian lengan baju koko kamu saat Lebaran.

Watercolor Fabric

8a31785299b2f6626f30d39aa790b686--shibori-fabric-fabric-dye
Photo from Pinterest

Ini adalah teknik melukis kain dengan menggunakan tinta kain namun hasilnya seperti menggunakan cat air. Hasilnya sangat halus dan berwarna. Teknik ini agak sulit dan membutuhkan latihan sebelum kamu mulai melukis diatas kain yang kamu inginkan. Namun kamu tidak perlu memiliki keahlian menggambar untuk dapat menguasai teknik ini. Cukup dengan latihan, kamu bisa meenguasai teknik yang satu ini. Saat ini juga sudah banyak kelas melukis dengan teknik watercolor di Jabodetabek. Jadi walaupun kamu pemula dan belum bisa sama sekali, tetap dapat belajar teknik ini dan pastinya dibimbing oleh pengajar yang sudah berpengalaman.

Print Digital di Atas Kain

images (1)
Photo from Google

Nah ini solusi untuk kamu yang tidak punya waktu namun masih ingin tampil seragam dan unik dengan teman atau keluarga. Kamu bisa pesan kain dengan pola khusus yang hanya kamu yang punya dengan menggunakan teknologi digital printing . Kamu dapat memesan cetak pola atau nama pada kain, hijab sampai sajadahmu. Harganya mulai dari 45.000 per meter. Praktis dan unik buat kamu yang sibuk.

Selain untuk pakaian, teknik diatas dapat dipakai untuk membuat produk lainnya seperti sarung bantal, sprei, tirai, dan ornamen dekorasi lainnya. Yuk, langsung dipraktekin. Dijamin foto-foto momen kebersamaanmu saat Lebaran jadi lebih unik, personal, dan penuh warna. Selamat mencoba ya.

Kontributor: Jennifer

Featured Image by Nafinia Putra

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: