Fleksibel dan Bugar ala Gymnastic Sports

Hi, Learners! Ingat nggak, jaman sekolah dulu, pasti di jam olahraga selalu ada satu olahraga yang sering dimainkan dan biasanya melatih fleksibilitas dan keseimbanganmu? Yap, senam atau gymnastic merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah cukup tua. Nah, ternyata senam memiliki beberapa disiplin, lho! Setidaknya ada 3 disiplin yang paling umum: aerobik, ritmik, artistik, dan trampoline. Kita bahas satu per satu yuk, beserta di mana kamu bisa mempelajarinya!

1. Senam Aerobik (Aerobic Gymnastic)

Senam aerobik mungkin terdengar lebih familiar dibanding jenis senam yang lain karena jenis olahraga yang satu ini memang populer di Indonesia. Senam aerobik merupakan senam yang bertujuan untuk melatih otot-otot besar, seperti otot kaki dan otot lengan. Senam inin dapat membuat detak jantung serta irama napas semakin cepat karena semakin banyak oksigen yang mengalir ke otot. Senam aerobik biasa dimainkan dengan menggunakan irama musik

2. Senam Ritmik (Rhythmic Gymnastic)

Berbeda dengan aerobik, senam ritmik membutuhkan area dan peralatan khusus untuk berlatih. Senam ini bisa dimainkan secara perorangan ataupun berkelompok, serta bisa menggunakan peralatan ataupun tanpa peralatan. Peralatan yang digunakan untuk senam ritmik biasanya berupa pita, tongkat, bola, hula hoop, atau tali. Pakaian yang dikenakan biasanya mirip pemain balet karena senam ritmik menunjukkan keindahan gerakan yang merupakan gabungan dari senam, unsur balet, dan tarian.

3. Senam Trampolin

Sudah pernah melihat atau bermain trampolin? Senam yang satu ini pastinya terlihat seru dan mudah, karena terlihat “hanya” melompat-lompat. Padahal, sebenarnya bermain trampolin memerlukan kekuatan, perhitungan, konsentrasi, dan juga kekompakan (jika bermain secara kelompok).

Gimana, Learners, tertarik untuk melakukan salah satu dari senam di atas, atau tertarik untuk mengajak anak dan mengasah bakat mereka di bidang gimnastik? Yuk, cek beberapa tempat senam rekomendasi Kelas Hobi ya:

1. Rockstar Gym

Rockstar Gym terletak di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat dan juga beberapa mal lain di Jakarta. Tempat ini memiliki program latihan khusus untuk anak-anak dan remaja. Dengan instruktur profesional, olahraga di Rosckstar Gym menjadi lebih aman dan menyenangkan. Jenis olahraga lain juga terdapat di sini mulai dari balet, tari, yoga, parkour, basket, hingga cheerleading. Info lebih lanjut bisa kamu lihat di website maupun social media Rockstar Gym.

2. Little Monkey Gym

Little Monkey Gym adalah tempat latihan senam khusus untuk anak-anak. Tempat latihan senam ini terletak di BEC Mall, Bintaro Entertainment Center, CBD Bintaro Jaya – Tangerang Selatan. Little Monkey Gym memiliki program khusus yang dirancang untuk membangun percaya diri, membangun kekuatan tubuh, serta menanamkan gaya hidup sehat pada anak-anak. Range usia yang dapat berlatih di tempat ini adalah 1 sampai 16 tahun.

3. Persatuan Senam Indonesia (PERSANI)

PERSANI merupakan induk organisasi olahraga senam di Indonesia. Selain itu, PERSANI memiliki tempat latihan senam yang menyediakan berbagai jenis latihan yang komplet. Terletak di Gedung Latihan Senam, Jl. Pintu I, Stadion Tennis Senayan, Jakarta kamu bisa menyesuaikan jenis latihan yang sesuai dengan minatmu. PERSANI telah didirikan sejak tahun 1963 dan merupakan organisasi senam yang pertama di Indonesia, serta tentunya banyak menghasilkan atlet-atlet yang membawa nama Indonesia ke kancah kompetisi internasional.

4. Gavrila Gymnastics

Gavrila Gymnastics merupakan tempat latihan senam yang berlokasi di Jl. Kirana Avenue, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Selain itu, Gavrila Gymnatics memiliki cabang di Simprug dan Serpong. Tempat latihan senam ini memiliki program khusus yang membuat kamu menikmati olahraga sambil bermain. Kamu akan dilatih untuk membentuk sikap tubuh yang baik dan benar, koordinasi, kecepatan, kekuatan, keseimbangan dan kelenturan.

Jadi, jenis senam apa nih yang sudah kamu rencanakan untuk latihan weekend ini, Learners? 😉 Selamat berolahraga!

Kontributor: Dina Isti

Sources:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: