8 Tempat Camping Populer dengan Pemandangan Terbaik di Pulau Jawa

Menjauhi kehidupan kota dengan bersantai atau camping di pedesaan dan gunung bisa menjadi alternatif liburan kamu. Sayangnya masih banyak orang yang merasa bahwa camping hal yang merepotkan, padahal sensasi camping dan menikmati keindahan alam merupakan liburan dan relaksasi yang tidak akan bisa didapatkan di tempat lain.Saat ini camping tidak selalu mengharuskan kamu naik gunung sembari membawa barang-barang, Learners. Ada beberapa tempat yang sekiranya bisa menjadi pilihan.Berikut daftar 8 tempat camping populer yang memiliki pemandangan ciamik di Pulau Jawa.

1. Cemoro Lawu

lawu
https://www.youtube.com/watch?v=kNFb1Z6Efqo

Sesuai namanya dalam bahasa Jawa, Cemoro Lawu merupakan hutan dari Gunung Lawu yang berisi pohon cemara besar. Meskipun seperti hutan belantara namun akses untuk menuju ke sana sudah bagus. Seperti jalan setapak dan pintu gerbang untuk para pengunjung dan tempat camping tersedia di sini.

Cemoro Lawu memiliki ketinggian 1.900 mdpl, sehingga areanya sejuk. Karena belum terlalu banyak wisatawan, tempat ini bisa menjadi persembunyian para penyuka camping untuk menikmati pemandangan gunung dan lembah dengan tenang.

2. Situ Gunung

situ gunung pagi hari
https://www.brobali.com/2016/04/situ-gunung-wisata-alam-populer-di-sukabumi.html

Spot selanjutnya berada di area Jawa Barat, yakni Situ Gunung yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, Sukabumi. Tersedia area camping ground yang luas, cocok untuk kamu yang ingin camping ramai-ramai. Selain itu, jalur di sini cukup landai dan tidak terlalu melelahkan. Learners bisa mencapai Situ Gunung dengan menggunakan kendaraan, namun tetap harus hati-hati karena di beberapa jalur jalannya agak terjal dan licin.

3. Kalimati

kalimati
denubay.blogspot.com

Selain pemandangan juara yang dimiliki oleh Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, ada satu spot yang tidak bisa dilewatkan begitu saja untuk camping, yakni Kalimati. Terletak di kaki Semeru, Kalimati memiliki rumput gunung yang khas dengan background Semeru yang megah. Kamu bisa mengambil foto dengan latar Gunung Semeru yang berbeda dan padang rumput yang luas. Hmm, bakalan instagramable banget nih, Learners.

4. Gunung Raung

Kaldera-Megah-Milik-Gunung-Raung-1-696x522
https://lokalkarya.com/kaldera-megah-milik-gunung-raung.html

Selanjutnya tempat camping dengan jalur pendakian yang lumayan ekstrim: Gunung Raung. Tempat ini khusus untuk kamu yang ingin melakukan pendakian. Selain jalur pendakian, Gunung Raung memiliki tempat camping yang sangat indah.

Populer di antara para pendaki gunung bahkan sampai ke luar negeri, Gunung Raung menampilkan cakrawala mulai dari pojok Timur sampai Barat dan Utara sampai Selatan. Di atas, view-nya bisa sampai 360 derajat dan dari sana kita bisa melihat suguhan awan yang rasanya sangat dekat dengan gunung. Tambahan, gugusan gunung Bromo, Tengger Semeru, dan beberapa gunung di Bali terlihat dari puncak Raung. Wah, keren banget kan, Learners. Jadi pengen cepat-cepat ambil carrier untuk naik, nih!

5. Legok Kondang

legok kondang
https://www.legok-kondang.com/

Tempat glamping alias glamorous camping pertama yang bisa kamu datangi adalah Legok Kondang. Tempat yang berada di Ciwidey, Bandung ini memiliki area di kaki gunung dengan pemandangan yang luar biasa indah. Di sini terdapat dua puluh tenda yang dilengkapi televisi, kamar mandi plus water heater, sarapan pagi, dan booth kopi atau teh. Selain santai di camp kamu juga bisa menikmati wisata lainnya seperti paintball, rafting, dan tur serta trekking di pegunungan.

6. Tanakita

tanakita
http://tanakita.id/en/about-tanakita/

Ingin ikut menikmati keindahan Gunung Gede Pangrango namun khawatir dengan trekking-nya? Jangan khawatir lagi, Learners, karena kalian bisa datang ke area glamping seluar 2 hektar yang berada tepat di depan Taman Nasional Gede Pangrango: Tanakita. Tempat ini memiliki banyak fasilitas yang bisa menampung 200 orang sekaligus, tentu dengan tenda yang berbeda-beda.

Tanakita cocok untuk kamu yang ingin glamping namun tidak ingin menggunakan tenda tidur yang terlalu berlebihan layaknya hotel. Dengan biaya 1 juta per malamnya, kamu sudah mendapatkan fasilitas tenda seperti kamar hotel, dan tiga kali makan yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

7. Gunung Pancar, Bogor

pancar
http://www.gunungpancar.com/

Tetap butuh liburan namun tidak mau pergi ke tempat yang terlalu jauh? Jangan khawatir, untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan gunung tanpa harus pergi ke area yang jauh bisa datang saja ke area glamping di Gunung Pancar, Bogor. Lokasinya dekat dan terjangkau dari Jakarta, Learners. Selain dekat, kamu akan menikmati camping dengan fasilitas yang sudah lengkap dan pemandangan yang indah. Bentuk tenda-tendanya yang lucu sering menjadi tempat untuk berfoto yang instagramable. Buat Learners yang tinggal di Jakarta, pasti tertarik dengan glamping satu ini deh.

8. Grafika Cikole

terminal-wisata-grafika-cikole
https://explorewisata.com/2017/12/rute-lokasi-dan-harga-tiket-masuk-terminal-wisata-grafika-cikole.html

Tempat glamping terakhir yang bisa kamu jadikan daftar wisata berlokasi di daerah Lembang, tepatnya di tengah Hutan Pinus Cikole. Dengan banyaknya batang pohon pinus yang menjulang tinggi, pada siang hari pun area wisata ini tetap terasa sejuk serta berkabut. Selain banyak direkomendasikan, Grafika Cikole seringkali dijadikan tempat fotografi atau pengambilan foto pre-wedding. Kece deh, Learners!

Itulah deretan 8 tempat camping maupun glamping yang bisa kamu kunjungi di Pulau Jawa. Sudah coba yang mana saja nih, Learners? Yuk, jadwalkan liburan berikut untuk camping atau glamping seru bersama sahabat-sahabat serumu! 🙂

Kontributor: Tiffany

Featured image by Clarisse Meyer

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: