Pingin Mempercantik Cake Bikinanmu? Ini Rekomendasi Workshop Buatmu!

Kue. Mendengar katanya, mungkin Learners langsung terbayang makanan manis yang disukai banyak orang dengan tampilan yang menarik dan cantik, dan pastinya lezat, ya! Nah, bicara soal tampilan kue yang cantik, salah satu hiasan cantik yang diminati dan disukai adalah flower buttercream cake: kue dengan hiasan bunga-bunga cantik yang terbuat dari buttercream. Pesonanya menarik perhatian para pencinta kue, baik yang sekadar menikmati maupun yang hobi baking dan para profesional di bidang ini.

Cake cantik seperti ini bisa kamu pelajari cara hiasnya, lho! Sumber: Pinterest

Pingin bikin cake dengan flower buttercream yang cantik dan menarik? Yuk, ikuti kelas-kelas rekomendasi dari kelashobi.com.

Jenis-jenis Flower Buttercream yang Populer

Sebelum mengaplikasikan langsung dan ikut kursus, kenali dulu beberapa tipe flower buttercream, yuk:

  • Korean Buttercream 

Korean flower buttercream identik dengan bentuk mawar, ranunculus, dan peony. Ciri khas lainnya, warna yang digunakan lebih soft seperti warna-warna pastel, dan bentuk bunganya lebih rumit dan detail.

  • European Flower Buttercream

Jenis buttercream ini menggunakan warna yang lebih beragam dan terkesan lebih “ramai”. Bentuk bunga yang digunakan lebih sederhana dibanding model korean buttercream, dan ukurannya lebih besar. Membuat european flower buttercream cocok untuk kamu yang masih pemula.

Lalu, belajar di mana nih, baiknya? Berikut ini beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk belajar, Learners:

  1. Spatula Baking Studio

Tempat ini terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Selain belajar bikin buttercream, Spatula Baking Studio juga rutin menggelar kursus membuat cake dan aneka masakan. Di sini, kelas buttercream berisi maksimal 5 siswa, cocok untuk kamu yang ingin suasana kelas yang lebih private dan leluasa bertanya-jawab. Jenis flower buttercream-nya bertemakan european dengan warna yang lebih cerah dan berani.

Cantiknya flower buttercream bergaya eropa. Sumber: @spatulabakingstudio

Ada dua jenis kursus yang bisa kamu pilih yaitu tingkat basic dan advance. Kisaran biaya kursus untuk tingkat basic dikenai biaya sekitar 2 juta rupiah, sementara untuk tingkat advance biayanya 3 juta rupiah. Peserta akan dipinjamkan semua alat pembuatan buttercream dan langsung praktek membuat bunga mawar, ranunculus, chrysanthemum, apple blossom, dan baby breath. Jadwal kursus serta hasil karya yang dihasilkan bisa dilihat di Instagram @spatulabakingcourses

  1. Cocoon Cakes

Cocoon Cakes (IG: @cocooncakes) membuka kelas dengan kapasitas maksimal 3 orang saja. Peserta akan diajarkan secara langsung mulai dari dasar hingga benar-benar bisa, dengan jadwal yang bisa diatur antara pemilik dan peserta. Flower buttercream yang dipelajari di sini bertema korean dengan nuansa lembut. Selain cake, flower buttercream di Cocoon Cakes juga digunakan untuk mempercantik cupcake. Saat ini peserta yang diterima hanya dari Jakarta saja. Biaya untuk masing-masing peserta berkisar antara 1 hingga 2.5 juta rupiah, tergantung kerumitan dan permintaan peserta.

Salah satu flower buttercream cake dari Cocoon Cakes. Sumber: @cocooncakes
  1. Yongki Gunawan

Kelas terakhir yang bisa Learners ikuti berasal dari pakar pastry Indonesia, yakni Yongki Gunawan (IG: @yongki_gunawan_kue). Kelas ini khusus untuk kamu yang memang serius menekuni flower buttercream menjadi keahlian khusus atau usaha. Kelas dilangsungkan hanya 2 kali dalam setahun, dengan jadwal yang berbeda-beda. Untuk lebih lanjutnya, cek di sini, ya.

Kelas yang diadakan berdurasi 6 hari, dan peserta akan memperoleh sertifikat yang sah, dan bisa dijadikan referensi untuk kamu yang bekerja atau ingin membuka toko kue. Biaya kursus yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit, yakni 7.500.000 rupiah (sudah termasuk bahan). Namun jika tujuanmu adalah menjadikan skill ini sebagai keahlian atau usaha, investasi ini masih bisa diperhitungkan, lho. 🙂

Teknik yang diajarkan di antaranya bagaimana membuat buttercream lembut yang tidak meleleh, membuat dan menutupi cake dengan buttercream, teknik bunga yang eksklusif, membuat cake tanpa obat, dan merangkai bunga di atas cake ulang tahun. Ada 35 jenis bunga yang akan diajarkan cara membuatnya, seperti anggrek bulan, tulip, carnation, peony, baby rose, dan masih banyak lagi yang tentunya akan mempercantik cake buatanmu.

Tidak hanya ikut workshop saja, keahlian membuat buttercream sudah pasti akan makin mumpuni jika Learners juga secara konsisten mempraktekkannya. Jadi, selamat belajar dan mempraktekkan keahlianmu, ya, Learners!

Kontributor: Tiffany

Sumber:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: