Anti-Mainstream dengan Olahraga Panahan, yuk!

Saat ini olahraga panahan semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan setelah mengetahui banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tidak hanya berupa manfaat fisik, ternyata olahraga ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebab, olahraga ini membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dan kekuatan yang stabil.

Panahan adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Panahan telah ada semenjak 5000 tahun yang lalu dan awalnya digunakan untuk kegiatan berburu. Seiring dengan perkembangan zaman, kini panahan digunakan sebagai senjata untuk bertempur dan juga olahraga ketepatan.

Bagi kamu yang belum akrab dengan olahraga panahan namun mulai tertarik untuk melakukan olahraga ini, yuk simak beberapa manfaatnya:

  1. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Dalam olahraga panahan keberhasilan kita diukur ketika anak panah tepat mengenai target atau sasaran. Untuk dapat melakukan hal tersebut, tentu dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang sangat tinggi. Fokus yang kian terasah baik ini akan menyeimbangkan pikiran, emosi kita dengan gerak psikomotor

2. Melatih Koordinasi Dan Keseimbangan Motorik

Ketika kita melakukan olahraga panahan hal dasar yang harus kita latih adalah keterampilan mengoordinasikan antara gerakan tangan dan mata.  Koordinasi yang baik antara dua anggota tubuh tersebut akan membuat kita semakin mudah untuk membidik sasaran. Keterampilan mengoordinasikan anggota tubuh ini juga akan sangat bermanfaat untuk kegiatan lain. Seperti misalnya bermain drum, piano, panjat tebing dan lain-lain.

3. Melatih Kekuatan Tubuh

Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga memanah tidak memiliki banyak gerakan. Namun, olahraga ini memiliki pemanasan khusus yang cukup membakar kalori dan menguras energi. Selain itu, ketika membidik target dan menarik busur, tekanan akan bertumpu pada bagian kedua otot tangan, otot dada, punggung dan bahu. Otot-otot ini akan terbentuk dengan baik diiringi latihan panahan rutin.

Mulai tertarik untuk menekuni olahraga ini? Jika ya, berikut adalah tempat-tempat yang bisa Kamu jadikan referensi untuk melakukan olahraga panahan:

  1. Bee Archery Training Center (BEAT)

Tempat pelatihan memanah selanjutnya yang bisa Kamu jadikan referensi adalah Bee Archery Training Center. Tempat pelatihan ini terletak di Jl. Alexindo, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi. Bee Archery Training Center telah mendapatkan berbagai sertifikasi dan akreditasi untuk latihan memanah. Tersedia dua pelatihan program memanah yaitu program trial dan program coaching clinic. Harganya pun cukup terjangkau untuk latihan memanah bagi pemula, informasi selengkapnya tentang Bee Archery Training Center bisa kamu dapatkan dengan menghubungi contact person di 081293700468.

fit-640x480
Salah satu kegiatan di kelas BEAT. Sumber: www.beat-center.org/i

2. Jakarta Archery Club

Jakarta Archery Club juga merupakan salah satu tempat pelatihan memanah yang sudah memiliki badan hukum dan sertifikasi. Berdiri sejak tahun 2016, Jakarta Archery Club telah mengikuti berbagai kegiatan perlombaan memanah seperti Bandung Open Archery Tournament 2016. Tempat pelatihan memanah ini terletak di Jalan Pulomas, Lapangan Panahan Pulomas, Jalan Kayu Putih Utara, RT.12/RW.8 – Pulo Gadung, Jakarta Timur. Informasi lebih lengkap silahkan menghubungi 0856 8771 313 (Coach Danang).

prestasi_jac_di_smb_archery_tournament_2017
Para peserta SMB Tournament 2017 dari Jakarta Archery Club. Sumber: http://www.jakartaarchery.club

3. BSD Archery

Tempat pelatihan memanah selanjutnya adalah BSD Archery yang terletak di Jl. Raya Viktor BSD No.19, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Di BSD Archery, kamu bisa memilih jenis program pelatihan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Selain memiliki program pelatihan yang lengkap, BSD Archery juga telah mengikuti berbagai kompetisi memanah di seluruh Indonesia. Tertarik untuk latihan memanah di sini? Kamu bisa menghubungi 0859 3913 7488 (Coach Heydar) atau cek di sini:

 

20245711_506623786350943_5288784948172814244_n
Aktivitas lapangan BSD Archery. Sumber: Fan page BSD Archery

4. Panahan Bogor “RIMAYA”

Pelatihan panahan Bogor “RIMAYA” terletak di Jl. Jawa AC 26, Bumi Pertiwi 1, Cilebut, Sukaraja Timur, Bogor 16710. Di sini Kamu bisa memilih berbagai tingkatan latihan memanah mulai dari tingkat pemula hingga tingkat ahli. Sebelum memulai latihan memanah di lapangan, Kamu akan diberikan teori terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah ketika mempraktekkannya.  Selain menyediakan latihan memanah, Panahan Bogor “RIMAYA” juga menyediakan berbagai macam peralatan memanah sehingga Kamu tidak perlu repot mencarinya di luar lokasi tersebut. Tertarik untuk berlatih di sini? Kamu dapat menghubungi 08128018667

anak-anak-memanah
Kelas panahan anak-anak. Sumber: Klun Panahan Bogor “RIMAYA”

Demikian penjelasan kami mengenai manfaat olahraga panahan dan tempat latihan memanah yang mungkin bisa membantumu. Yuk, mulai merutinkan diri untuk melakukan olahraga yang memiliki banyak manfaat ini. Sampai bertemu di artikel kami selanjutnya!

 

Kontributor: Intan

Sources:

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: