Atlet Bulutangkis yang Berhasil Harumkan Nama Indonesia dan Bagaimana Ikuti Jejak Mereka

Kevin Sanjaya dan Markus Gideon di ajang Asian Games 2018. Sumber: IndoSport

Cabang olahraga bulutangkis telah menyumbangkan banyak medali dan mengharumkan nama Indonesia di setiap turnamen tingkat Internasional. Sepak terjang cabang olahraga bulutangkis selalu mengulang sukses setiap tahunnya di berbagai ajang kompetisi dunia. Salah satu atlet cabang olahraga bulutangkis yang saat ini banyak dibicarakan adalah Kevin Sanjaya Sukomuljo bersama pasangan ganda putranya, Marcus Fernaldi Gideon, yang hari Selasa (28 Agustus 2018) kemarin baru saja meraih medali emas di Asian Games 2018. Selain mereka berdua, siapa saja sih atlet bulutangkis yang berhasil mengharumkan nama Indonesia? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Ganda Campuran)

Nama dua atlet ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Kedua pemain ganda campuran ini telah membawa pulang banyak medali emas untuk Indonesia dalam berbagai kejuaraan. Tontowi Ahmad memulai karirnya menjadi ganda campuran di cabang olahraga bulutangkis bersama Liliyana Natsir sejak tahun 2010. Setelah hampir 8 tahun dipasangkan sebagai ganda campuran yang banyak menorehkan prestasi, Liliyana memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis pada tahun ini. Namun beruntungnya kedua pasangan ini telah mendapatkan status sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) sebagai tanda kehormatan. Beberapa kejuaraan yang berhasil mereka menangkan adalah Superseries Premier, Olimpiade 2016 serta juara dunia Blibli Indonesia Open 2018.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir ketika menerima medali emas Olimpiade 2016. Sumber: kompas.com

2. Mohamad Ahsan dan Hendra Setiawan (Ganda Putra)
Pasangan ganda putra ini memulai sepak terjang mereka pada tahun 2012. Saat ini, mereka menempati urutan ke-17 ranking dunia. Dengan selisih umur yang hanya 2 tahun, kedua atlet ini selalu berhasil membawa irama permainan bulutangkis yang sangat memukau. Setelah menyumbangkan banyak medali untuk Indonesia, pada 14 November 2016 Hendra Setiawan memutuskan untuk mengundurkan diri dari pelatnas. Beberapa turnamen yang pernah mereka menangkan adalah Asian Games 2014, Kejuaraan Dunia 2013, serta Kejuaraan Dunia 2015.

Ganda Putra kebanggan Indonesia: Mohamad Ahmad dan Hendra Setiawan. Sumber: badmintonindonesia.org

3. Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari (Ganda Putri)
Pasangan ini memulai sepak terjangnya dari tahun 2008, dan pada tahun 2014 mereka berhasil menaklukkan pasangan ganda putri Jepang dan berhasil membawa pulang medali emas. Nitya Krishinda Maheswari sempat mengalami cedera lutut yang mengharuskannya operasi dan berhenti mengikuti ajang turnamen bulutangkis. Meski begitu, kedua pasangan ini sangat kompak di lapangan dan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk bangsa Indonesia.

Ganda Putri Greysia Polii dan Nitya Maheswari. Sumber: kompas.com

4. Anthoni Sinisuka Ginting (Tunggal Putra)
Pria berkelahiran 20 Oktober 1996 ini merupakan salah satu atlet bulutangkis di sektor tunggal putra. Anthoni menekuni dunia bulutangkis sejak ia masih duduk di bangku SD. Prestasi pertama yang pernah ia raih ialah menjadi pemenang MILO School Competition pada tahun 2008. Saat ini, Anthoni Ginting merupakan atlet andalan di sektor tunggal putra yang dapat kembali mengharumkan nama Indonesia. Ia berlatih keras secara fisik ataupun mental di Pelatnas Cipayung. Beberapa prestasi pernah ia torehkan di Piala Thomas 2016 (medali perak) dan Asian Games 2018 (medali perunggu).

Anthony Ginting. Sumber: grid.id

Prestasi mereka memang sangat luar biasa dan membuat kita jadi mempunyai keinginan juga untuk berlatih bulutangkis. Meski tidak harus sampai menjadi atlet-atlet dunia seperti mereka, olahraga bulutangkis menarik untuk dijadikan olahraga rutin kita. Di mana saja sih tempat latihan bulutangkis yang bisa kita datangi? Yuk, cek di sini :

  1. PB Jakarta Arena Club

PB Jakarta Arena Club merupakan Sekolah Bulutangkis yang berlokasi di JL. G, Karang Anyar, Jakarta Pusat. Enaknya latihan di tempat ini adalah kamu bisa menentukan sendiri kapan hari latihan yang kamu inginkan. Selain itu kamu juga bisa menentukan jenis programnya mulai dari program fisik, grafik kebugaran, dan skill professional. Info lebih lanjut silahkan menghubungi 081211205783.

2. PB Seroja Ciracas

    PB Seroja Ciracas klub merupakan salah satu klub yang berada dalam naungan PBSI. Tempat latihan klub ini berada di Jakarta Selatan dan membuka cabang di daerah Gelanggang Remaja, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Ada 3 kali jadwal latihan dalam seminggu, dan harganya pun cukup terjangkau. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap kamu bisa menghubungi Bapak Suseno di 08557101776.

    3. PB Raya Kids
    PB Raya adalah salah satu organisasi bulutangkis yang juga sudah terdaftar di PBSI. PB Raya Kids merupakan tempat latihan bulutangkis yang khusus dirancang untuk anak-anak yang ingin menyalurkan hobi ataupun mengembangkan kemampuan di bidang bulutangkis. PB Raya Kids terletak di Jl. Taman Margasatwa No.12 Jatipadang, Warung Buncit, Jakarta Selatan. Apabila tertarik kamu bisa menghubungi 0821-3589-8000 atau langsung datang ke GCT building (GCT Badminton Arena).

    4. PB Ar’rayan Bersama
    Tempat latihan bulutangkis yang satu ini berlokasi di Hall Arrayan, Jl. Wadasari 4, Pondok Betung, Tangerang Selatan. Karena belum memiliki program keahlian khusus, tempat pelatihan ini lebih cocok untuk yang suka bermain bulutangkis dan menyalurkan hobi tanpa bertujuan menjadi atlet. Jadwal latihan diadakan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Informasi lebih lengkap silakan menghubungi Bapak Sony 08121966781, WhatsApp 081319439281.

    Itulah deretan atlet bulutangkis yang inspiratif beserta tempat latihan yang bisa kamu jadikan alternatif jika ingin menyalurkan hobi olahraga yang satu ini. Dengan menyempatkan diri berlatih bulutangkis, tentu saja pikiran akan terasa lebih segar dan badan menjadi bugar. Jangan lupa membeli peralatan bulutangkis yang berkualitas, ya, agar lebih nyaman ketika kamu latihan. Selamat bermain bulutangkis!

    Kontributor: Dina Isti

    Sources:

    Comments are closed.

    WordPress.com.

    Up ↑

    %d bloggers like this: