ASIAN PARA GAMES 2018, Dedikasi Tanpa Batas

Jakarta, 26 September 2018

ASIAN Para Games 2018 yang akan diadakan pada tanggal 6 –13 Oktober 2018 mendatang adalah inspirasi bagi kita semua. Asian Para Games dapat menjadi pengingat bahwa tidak ada yang dapat menghalangi kita menjadi individu yang lebih baik dan meraih mimpi kita. Asian Para Games sendiri merupakan ajang kompetisi olahraga empat tahunan di tingkat Asia yang diikuti oleh atlet-atlet yang memiliki disabilitas. Indonesia adalah tuan rumah ketiga untuk Asian Para Games. Sebelumnya Asian Para Games diadakan di Guang Zhou, China, pada tahun 2010 dan kemudian di Incheon, Korea Selatan pada tahun 2014.

ariel-pilotto-669173-unsplash
Photo by Ariel Pilotto 

Penasaran dengan cabang olahraga yang dilombakan? Terdapat 18 cabang olahraga yang dilombakan, antara lain: panahan, bulu tangkis, boccia, catur, goal ball, judo, bowling lapangan, atletik, balap sepeda, angkat besi, renang, shooting, tenis meja, tenpin bowling, voli duduk, basket kursi roda, anggar kursi roda, dan tenis kursi roda. Nah, terdapat beberapa perbedaan untuk kategorinya dibandingkan dengan Asian Games kemarin, karena untuk beberapa cabang olah raga, kategori akan dibagi-bagi lagi berdasarkan kondisi fisik para pesertanya.

Sekilas mengenai cabang olahraganya, boccia dan goal ball merupakan olahraga yang khusus dimainkan oleh peserta difabel. Boccia adalah olahraga yang diperuntukan khusus bagi para atlet cerebral palsy (kelumpuhan otak besar). Boccia merupakan olahraga ketepatan, cara mainnya adalah dengan melempar bola. Bolanya berdiameter 100 milimeter dengan berat 275 gram. Berbeda dengan boccia, goal ball merupakan oalhraga yang dimainkan oleh atlet tunanetra dan mengandalkan indera pendengaran sebagai sarana navigasi. Daripada penasaran dengan cara main kedua cabang olah raga tersebut, yuk kita nonton pertandingannya dan dukung delegasi Indonesia langsung saat Asian Para Games nanti.

asian para mascot

Terdapat sekitar 39 negara yang akan bertanding pada Asian Para Games 2018. Indonesia sendiri akan mengirim perwakilan pada seluruh cabang olah raga yang dilombakan. Berdasarkan data yang KelasHobi dapatkan dari beberapa media di Indonesia, cabang olah raga atletik akan menjadi cabang olah raga dengan peserta paling banyak dengan jumlah 714 atlet. Selain itu ada tenis meja dan renang yang masing-masing juga akan diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Seluruh atlet dari luar negeri beserta dengan tim official-nya akan tiba di Indonesia mulai tanggal 1 hingga 5 Oktober 2018 mendatang. Jakarta harus bersiap kembali menyambut para atlet yang akan datang.

seth-kane-406462-unsplash.jpg
Photo bu Seth Kane

Tema dari Asian Para Games kali ini adalah “Inspiring Spirit and Energy of Asia”. Dari seluruh cabang olahraga, terdapat 2 cabang olahraga yang memang khusus diadakan untuk atlet difabel, yaitu boccia dan goal ball. Pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar pada Sabtu, 6 Oktober 2018 pukul 19.00-21.00 WIB dan ditutup dengan upacara penutupan pada 16 Oktober 2018. Untuk tiket acara pembukaannya sudah bisa kamu dapatkan dengan membeli secara online di website resmi mereka di https://asianparagames2018.loket.com/.

asian para games

Dari semua aspek yang melekat pada Asian Para Games 2018, KelasHobi sangat mengagumi semangat dan dedikasi yang diberikan oleh para atlet demi menorehkan prestasi dan menjalani mimpi mereka. Kehadiran Asian Para Games harus menjadi inspirasi kamu bahwa apapun kondisimu, kamu tetap bisa berjuang untuk berprestasi dan tentunya itu bukan semata-mata untuk negara, tapi juga untuk dirimu sendiri. Yuk, mulai kembangkan hobimu dan bagi ceritamu dengan kami!

 

Ditulis oleh Jennifer

Featured Image from Indosport.com

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: