Hello 2019! Semangat Baru untuk Resolusi yang Baru

Jakarta, 09 Januari 2019

Find three hobbies you love, one to make you money, one to keep you in shape, and one to be creative“, kutipan ini terdengar sederhana tapi sangat bermakna. Ideal banget tentunya kalau kita bisa menerapkan kutipan tadi dalam kehidupan kita. Memiliki pekerjaan yang sejalan dengan hobi kita tentu sangat menyenangkan. Pasti banyak di antara teman KelasHobi yang mendambakan untuk memiliki hobi yang dapat dijadikan sumber penghasilan. Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan hobi?

Photo by Yaoqi Lai

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata hobi adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Nah, menurut beberapa sumber lainnya, hobi adalah kegiatan rekreasi reguler yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Umumnya hobi adalah suatu aktivitas yang kita lakukan pada bidang yang kita sukai. Ada banyak sekali macam hobi. Ada yang berupa aktivitas fisik seperti olahraga, aktivitas mengoleksi atau mengumpulkan sesuatu, ada juga yang berupa aktivitas yang menciptakan sesuatu.


Photo by Steve Johnson

Bisa dibilang, ada banyak sekali macam dan jenis dari hobi. Mulai dari travelling sampai berkebun, dari menjahit sampai bermain basket, semuanya bisa dikatakan sebagai hobi seseorang. Oleh karena itu biasanya seseorang dapat memiliki beberapa hobi sekaligus. Nah, kembali ke kutipan di atas, katanya jika kita bisa memilih hobi apa yang ingin kita jalani, pilihlah tiga hobi: satu untuk kita jadikan pekerjaan, satu untuk membuat kita tetap sehat, dan satu lagi untuk membuat kita tetap kreatif.


Photo by Rawpixel

Membuat hobi menjadi sumber penghasilan utama mungkin masih terdengar sulit untuk diwujudkan, namun kita pasti dapat memilih hobi yang bisa membuat kita tetap sehat dan kreatif. Atau setidaknya hobi yang dapat memberikan pengaruh positif dalam hidup kita. Bagaimanapun juga kita tetap membutuhkan keseimbangan dalam kehidupan jaman sekarang yang penuh dengan tuntutan dan kesibukan. Hobi tentunya dapat menjadi penyeimbang di sela-sela kegiatan kita.


Photo by Rawpixel

Bayangkan jika kita dapat menggunakan waktu luang kita untuk melakukan hobi dan aktivitas yang positif. Kita dapat membuat badan menjadi lebih sehat melalui hobi memasak atau hobi renang. Kita melatih diri untuk lebih kreatif dengan melakukan hobi kekinian seperti berkebun mini, watercoloring, dan coffee brewing/ latte art. Kita dapat mencurahkan isi pikiran dengan hobi menulis, dan bahkan mendapatkan penghasilan tambahan dengan hobi fotografi dan content making. Ada banyak kegiatan positif dan hobi menarik yang menunggu untuk kamu lakukan di tahun 2019 ini. Kalau kamu punya hobi yang selama ini ingin kamu coba, jangan pernah takut untuk memulai. Ayo, coba hal baru di tahun ini dan temukan hobimu bersama kami!

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser oleh Stephanie Surianto

Featured Image oleh Deanna Ritchie

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: