Ayo, Capai Resolusi Hidup Sehat dengan Hobi Ini!

Jakarta, 11 Januari 2019

Resolusi untuk memiliki dan menjalani pola hidup yang lebih sehat merupakan salah satu resolusi tahun baru yang paling populer. Ada beragam alasan yang membuat seseorang ingin menjalani hidup sehat: mulai dari ingin memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal, meningkatkan kinerja dan produktivitas, terbebas dari penyakit tertentu, mendapatkan momongan, dan lain sebagainya.

Photo by Alison Marras

Pada dasarnya, semua orang ingin menjadi sehat. Namun, banyak yang tidak fokus pada resolusinya. Akibatnya, setiap tahun berganti, resolusi yang ingin dicapai masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya alias itu-itu saja tanpa peningkatan. Ada yang ingin menurunkan berat badan 4 kg misalnya, namun dari tahun 2012 sampai sekarang belum tercapai juga hingga masuk resolusi 2019. Apakah kamu salah satunya? Jadi bagaimana, dong? Sebenarnya hanya satu solusinya, yaitu konsistensi.

Photo by Vicko Mozara

Ada banyak cara menuju hidup yang lebih sehat. Mulai dari mengatur asupan makanan hingga berolahraga. Menjaga konsistensi itu memang sulit. Kita bisa saja sudah memiliki banyak panduan untuk hidup sehat namun saat harus menjalankan panduan tersebut secara rutin, kita gagal atau paling lama bertahan satu bulan. Rencananya mau diet tapi teman ulang tahun dan mau traktir makan. Jadi batal diet deh karena rejeki pantang ditolak. Mau rutin untuk pergi gym di mal, tapi sudah bayar mahal-mahal malah jarang datang gara-gara malas cari parkir di mal.

Kebayang kan, bisa-bisa resolusi hidup sehat dan turun berat badan 2019 ini akan dibawa lagi ke 2020 tanpa ada peningkatan. Mungkin salah satu alasan mengapa kita sulit konsisten adalah karena kita tidak melakukan hal kita sukai. Nah, coba deh kalau kita dapat menemukan hobi kita sukai sekaligus dapat membuat hidup kita lebih sehat. Kira-kira hobi apa ya yang dapat kita kita coba? Ayo, temukan hobimu.

Olahraga

Photo by Christian Fregnan

Ada banyak cabang olahraga keren dan seru yang bisa kamu coba, mulai dari yang gratis dan mudah dilakukan, hingga yang sangat spesifik dan membutuhkan pelatihan atau pengawasan.

  • Olahraga yang dapat dilakukan sendiri, contohnya lari, renang, lompat trampolin, yoga, panahan, berkuda, wall climbing (panjat tebing), ice skating, senam, bersepeda.
  • Olahraga bela diri seperti karate, muay thai, taek kwon do, kick boxing, krav maga, parkour, capoeira, aikido, pencak silat, anggar.
  • Olahraga yang dapat dilakukan bersama teman (olahraga permainan), contohnya basket, voli, bulu tangkis, futsal, sepak bola, tenis, dan hoki.

Menari

Photo by David Calderon

Menari tentu dapat membuat badan lebih sehat karena sama dengan olahraga, menari membutuhkan banyak gerakan dan energi. Kalau kamu penggemar Kpop pasti sering lihat girlband atau boyband yang suka nyanyi sambil menari. Keren banget kan. Sebenarnya jangan takut untuk memulai kalau memang kamu berminat. Banyak orang yang mulai belajar menari saat sudah berusia dewasa. Ada banyak cabang dan jenis tarian yang bisa kamu pelajari, contohnya tarian tradisional Indonesia, ballet, salsa, tango, zumba, tap dance, street dance, kontemporer, dance kpop, ballroom dance, dan sebagainya. Kamu bisa belajar otodidak melalui tutorial youtube maupun mengikuti kelas di studio atau sanggar tari.

Menjaga Diet Sehat

Photo by Brooke Lark

Menjaga diet sehat juga penting karena apa yang masuk ke dalam tubuh kita sangat menentukan pola hidup kita. Jika kita sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang kurang sehat, maka kita bisa mengalami yang namanya malnutrisi alias kekurangan gizi. Kalori yang dikonsumsi banyak tapi gizinya rendah. Memasak sendiri adalah salah satu cara menjaga makanan yang kita konsumsi. Nah agar tambah semangat memasak, kamu bisa padukan kegiatan memasak dengan berkebun. Kamu bisa memilih antara teknik berkebun hidroponik atau dengan cara konvensional seperti menanam dalam pot. Jadi selain masak sendiri, bahan makanannya pun bisa kamu hasilkan sendiri. Minimal pohon cabe yang gampang hidup dan dirawat. Ayo yang dari dulu ingin coba berkebun, mulai 2019 kamu bisa langsung wujudkan.

Photo by Sarah Cervantes

Nah itu dia hobi dan inspirasi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengejar resolusi hidup sehat di tahun 2019. Pilih yang benar-benar kamu minati dan pilih yang sesuai dengan budget dan waktu yang kamu miliki. Beberapa jenis hobi membutuhkan biaya yang lebih tinggi dan beberapa jenis hobi membutuhkan komitmen waktu yang lebih banyak. Jika kita menikmati aktivitas yang kita lakukan, selain membuat badan menjadi lebih sehat, pikiran kita pun akan menjadi lebih segar. Selamat mencoba ya.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Caju Gomez

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: