Manfaatkan Skill Sambil Travelling, Jadi Fotografer Dadakan Sekalian Liburan

Jakarta, 28 Februari 2019

Punya hobi dan skill fotografi? Yuk dipakai sembari liburan. Kalau kamu cukup percaya diri dengan skill yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan jasa fotografi dan jadi fotografer saat kamu berlibur. Lumayan untuk menambah uang saku saat liburan. Media sosial itu sangat penting bagi eksistensi kita saat ini. Dan setiap momen dalam hidup kita, tentunya ada yang ingin dapat kita kenang. Sebenarnya kebiasaan foto-foto saat liburan sudah ada sejak lama. Cuma, sekarang ini fotonya tidak cuma jadi konsumsi pribadi, melainkan kita unggah ke media sosial. Dan kebutuhan untuk menghasilkan foto yang bagus jadi meningkat.

Photo by Ana Azevedo

Ibaratnya kalau dulu kita liburan, foto-foto seadanya saja, cukup untuk kita lihat kembali dan kita kenang. Paling hanya ditunjukan ke tamu yang datang, kalau sekarang kita butuh foto yang bagus untuk ditampilkan di media sosial masin-masing. Karena trennya seperti itu, kebutuhan fotografer jadi meningkat. Ini bisa jadi peluang untuk kamu yang ingin berlibur sekaligus bisa menambah penghasilan. Kameramu jangan dibiarkan menganggur. Kalau kamu sudah punya jadwal liburan, coba cek tips dibawah ini agar kamu bisa liburan sekaligus menghasilkan uang.

Menghubungi Vendor Fotografi di Indonesia

Photo by Simon Hajducki

Sekarang sudah banyak penyedia jasa fotografi yang menyediakan jada pemotretan saat berlibur alias jasa fotografer pribadi. Banyak orang yang pergi berlibur namun tidak memiliki keahlian foto sehingga hasil foto liburannya menjadi kurang menarik. Nah untuk menjawab kebutuhan akan fotografer pribadi tersebut, saat ini banyak vendor foto yang bekerjasama dengan fotografer freelance di berbagai destinasi wisata. Jika kamu kebetulan memiliki skill fotografi yang yahud dan punya rencana berlibur, kamu dapat sekalian menjajakan jasa fotografi dengan menjadi fotografer travel di destinasi tujuan. Misalnya, kamu punya skill fotografi dan lagi merencanakan liburan di Singapura, nah kamu bisa tuh sekalian daftar dah bergabung dengan vendor-vendor fotografi tersebut. Nih daftar vendor dan marketplace jasa fotografi yang bisa kamu coba intip:

  • Sweet Escape (sweetescape.com)
  • Frame A Trip (frameatrip.com)
  • Thelenstory.com
  • Getcraft.com

Bekerjasama dengan Agen Travel

Photo by Ruslan Bardash

Kamu bisa juga menawarkan jasamu kepada Travel Agent. Jadi misalnya kamu lagi punya rencana mau jalan-jalan ke Malang, kamu bisa sekalian cari agen travel atau penyedia open trip yang juga membuka paket wisata ke Malang, tinggal kamu cocokan jadwalnya dengan jadwal tour yang tersedia lalu tawarkan jasamu. Misalnya kamu bersedia untuk sekalian menjadi fotografer untuk 2-3 jam pemotretan. Kamu bisa menawarkan jasa fotografi kamu untuk peserta tour yang ingin memiliki fotografer pribadi. Lumayan untuk menambah uang saku saat travelling nanti.

Posting di Media Sosial

Photo by Rawpixel

Kamu bisa memasarkan juga jasamu melalui media sosial pribadimu. Siapa tahu ada teman atau keluarga yang kebetulan punya tujuan wisata yang sama dengan kamu. Namun sebelum kamu memasarkan jasamu mellaui media sosial, pastikan halaman media sosialmu menarik dan enak dilihat. Jangan ragu untuk mendiskusikan kondisi kerja dan skema pembayaran yang kamu inginkan.

Tawarkan Paket Fotografi yang Menarik

Photo by Still 336189

Jangan lupa susun paket fotografi yang menarik dan hitung biaya beserta keuntungan yang ingin kamu dapatkan. Misalnya apakah kamu akan membuatkan album atau hanya memberikan foto dalam bentuk soft copy. Berapa lama durasi foto yang kamu sediakan, berapa foto yang akan kamu edit, dan spot foto yang akan kamu liput. Jangan lupa siapkan portofolio yang menarik dan skema pembayaran yang dapat kamu terima. Siapa tahu kamu bisa keliling Indonesia dan keliling dunia dengan cara ini.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Still 336189

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: