Air BnB Experience, Konsep Liburan yang Memadukan Hobi dengan Aktivitas Lokal

Jakarta, 14 Maret 2019

Liburan..

Siapa yang tidak suka dengan kata liburan. Memasuki bulan Maret ini makin banyak hari libur. Tidak sampai 3 bulan lagi kita bahkan akan memasuki periode libur Lebaran 2019. Siapa yang sudah siap-siap cuti? Ini dia sisa hari libur nasional kita di 2019.

Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah punya rencana liburan? Liburan seperti apa yang menarik buat kamu? KelasHobi kali ini ingin membahas mengenai AirBnb Experience, konsep yang memadukan aktivitas yang menyenangkan, hobi, dan tempat wisata agar kamu dapat memiliki pengalaman liburan yang lebih unik. AirBnb Experience adalah platform yang menghubungkan warga lokal dengan wisatawan melalui kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata. Dan tentunya aktivitas yang dirancang dan dipandu oleh warga lokal tersebut, dapat menawarkan pengalaman yang unik dan seru. Konsepnya adalah dengan membawa tamu ke tengah-tengah kehidupan lokal setiap tuan rumah. AirBnb Experience ini membuka kesempatan bagi siapapun untuk berbagi hobi, keterampilan, atau keahlian mereka kepada wisatawan yang sedang berkunjung.

1

Ada banyak sekali aktivitas yang ditawarkan. AirBnb sendiri mengklaim ada lebih dari 15.000 kegiatan yang tersedia di seluruh dunia untuk kamu coba. Jadi liburanmu tidak hanya diisi dengan berfoto-foto dan melihat-lihat pemandangan. Kamu bisa langsung mencoba berbagai aktivitas yang dilakukan oleh warga lokal. Kamu jalan-jalan ke Shanghai dan ingin belajar membuat dim sum yang otentik? Atau belajar membuat jamu di Solo? Atau sekadar menyimak sejarah dan cerita mengenai sebuah kuil masa lalu? Atau berlayar sore ke pantai rahasia dengan sebuah kapal kecil? Semua aktivitas tersebut dapat kamu cari AirBnb Experience.

romanos-senikidis-36213-unsplash
Photo by Romanos Senikidi

Selain menjadi wisatawannya, kamu juga bisa jadi host alias pemandunya. Kalau kamu punya hobi dan aktivitas yang dapat kamu tawarkan, kamu juga bisa memasarkan jasamu melalui AirBnb Experience. Ini adalah kesempatan untuk memanfaatkan hobi kamu sembari menghasilkan uang dan menambah teman baru. Dan pastinya, dapat membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalankan hobi kamu. Seru kan, lalu bagaimana caranya? Pertama-tama pastinya kamu harus mengunjungi website AirBnb dan memilih “become a host“. Dari situ, AirBnb akan memandu kamu mengenai aktivitas yang dapat kamu daftarkan.

agto-nugroho-1199093-unsplash
Photo by Agto Nugroho

Intinya sih, aktivitas yang dapat kamu tawarkan di AirBnb itu harus memenuhi kriteria yang mereka syaratkan, seperti, harus interaktif, unik, pemandunya memiliki wawasan yang luas dan dapat mengenalkan wisatawan ke suatu komunitas atau tempat yang baru. AirBnb juga akan memberikan gambaran mengenai jasa dan aktivitas apa yang tidak termasuk dalam AirBnb Experience ini. Setelah kamu memahami jenis aktivitas yang dapat kamu tawarkan dan menentukan apakah kamu dapat memenuhi ekspektasi AirBnb, kamu dapat langsung menciptakan proposal aktivitasnya dan mengirimkan proposalnya kepada AirBnb untuk ditinjau ulang. Ini adalah konsep baru yang sangat menarik dan dapat menjadi pengalaman yang personal bagi turis maupun penduduk lokal.

Nah kalau kamu mau jadi hostnya atau turisnya?

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Spencer Davis

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: