Host Lokal Part 1: Serunya Jadi Host di Negara Sendiri

Jakarta, 18 Maret 2019

Hai Kawan KelasHobi, kalian tahu kan kalau Indonesia itu salah satu destinasi wisata yang lumayan difavoritkan, tidak hanya di area Asia Tenggara, namun juga diperhitungkan di mata dunia. Tidak melulu tentang Bali, saat ini Indonesia sudah mulai berbenah dan pemerintah sudah banyak membangun jalan, yey!! Plus saat ini di Jakarta, kita sudah memasuki masa uji coba MRT. Akhirnya Indonesia memiliki MRT pertama dan hal ini sangat bagus untuk mendongkrak sektor pariwisata di kita. Juga, thanks to Gojek dan Grab yang terus mengembangkan platform transportasi online. Kita tentunya sangat terbantu sekali dengan adanya transportasi online ini, apalagi bagi masyarakat yang berada di daerah perkotaan.

Photo by Jetshoots

Ibaratnya, saat ini kita sudah mulai siap bersaing dengan kota dan negara tujuan wisata lainya di dunia. Dengan target pemerintah untuk terus meningkatkan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia, saat ini terdapat kebutuhan akan pemandu wisata alias tour guide lokal atau sekadar menjadi teman jalan bagi para wisatawan. Pastinya seru banget kalau kita bisa menambah pengalaman dan mengasah berbagai kemampuan kita dengan mejadi tour guide bagi turis yang berkunjung ke daerah kita. Selain mengenalkan keramahan penduduk Indonesia, kita juga dapat turut membantu sektor pariwisata Indonesia.

Menjadi Pemandu Wisata

Photo by Phil Coffman

Ada macam-macam pemandu wisata, secara umum dibagi menjadi, Tour Leader, pemandu wisata umum, pemandu wisata khusus, dan pemandu wisata khusus lokal. Untuk menjadi pemandu wisata, kamu harus minimal berusia 18 tahun. Jika kamu lebih muda dari itu memang belum dianjurkan karena belum diperhitungkan sebagai orang yang sudah dewasa. Untuk yang serius ingin menjadi pemandu wisata, ada sertifikasi yang harus didapatkan. Di Indonesia, para tour leader ini tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Untuk kamu yang ingin lebih serius menjadi seorang pemandu wisata, kamu bisa mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasinya. Untuk hal ini bisa langsung dicari tahu ke DPP HPI di masing-masing daerah atau langsung ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Menjadi Teman Jalan atau Host

Namun jika kamu belum ingin terlalu serius, kamu bisa menawarkan jasa untuk menjadi host lokal kepada teman-temanmu sendiri. Misalnya kalau kamu memiliki teman atau saudara dari dalam maupun luar negeri yang akan berkunjung ke daerahmu, kamu bisa mulai menawarkan untuk membantu mereka berkeliling dengan menjadi host lokal.

Photo by Dane Deaner

Kamu bisa memperkenalkan kotamu, mengantarkan mereka ke tempat wisata yang menarik, atau menyusun rencana perjalanan yang unik. Pastinya kegiatan ini dapat menambah wawasan kamu. Siapapun bisa mulai mencoba. Ada banyak komunitas travelling di Indonesia yang bisa kamu ikuti seperti komunitas couchsurfing Indonesia. Di komunitas couchsurfing, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam tiga kegiatan, menerima tamu, menjadi teman jalan-jalan, dan menjadi tamunya. Pastinya kamu bisa berbagi tips dan bahkan berbagi tempat-tempat wisata tersembunyi seperti rumah makan jadul favoritmu atau pasar tradisional yang menjual barang antik.

Photo by Fancycrave

Seru banget kan. Mau jadi tour guide yang serius, maupun sekadar menjadi teman jalan-jalan, yang pasti kamu bisa menambah pengalamanmu sembari memajukan pariwisata Indonesia.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Anton Mislawsky

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: