Host Lokal Part 2: Jadi Host Lokal, Manfaatkan Hobi dan Perluas Pergaulan

Jakarta, 25 Maret 2019

Indonesia adalah salah satu tujuan wisata populer di dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah turis asing yang datang ke Indonesia hingga November 2018 adalah 14,39 juta jiwa. Dan tetntunya kita harus terus mendukung pariwisata Indonesia dan berperan aktif di daerah kita masing-masing. Lah bagaimana nih caranya berperan aktif? Nah kamu bisa menyalurkan hobi travelling atau bahkan hobi kamu yang lainnya mencoba menjajal pengetahuanmu sebagai penduduk lokal dengan menjadi pemandu wisata bagi turis asing maupun dalam negeri.

Photo by Wahyu Setiawan

Dengan menjadi tour guide lokal, kita bisa melatih banyak hal, seperti kemampuan berkomunikasi, bahasa asing, dan problem solving. Kita juga dapat menambah wawasan dan mengenal budaya baru. Bahkan kita dapat mengetahui hal baru mengenai daerah tempat tinggal kita sendiri. Selain itu, kita juga dapat membagi pengetahuan dan hobi kita kepada teman-teman yang baru. Ayo mulai manfaatkan hobi kamu. Hobi apa saja nih yang dapat kamu manfaatkan dengan menjadi tour guide lokal?

Hobi Kuliner

Photo by Kody Gautier

Yess, yang namanya jalan-jalan pasti tidak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas di daerah wisata tersebut. Selain masakan khas lokal, banyak juga wisatawan yang mengincar pengalaman makan yang unik dan berbeda dari biasanya. Tidak hanya wisatawan asing, wisatawan lokal pun banyak yang suka berpetualan melalui rasa makanan. Nah sebagai warga lokal, pastinya kamu tahu tempat makan mana yang unik dan bisa menjadi daya tarik wisata. Apalagi kalau kamu sendiri hobi hunting-hunting tempat makan yang seru. Misalnya, karena Indonesia ini dikenal sebagai salah satu penghasil kopi dan teh dengan kualitas internasional, kamu bisa menyusun tour yang mengangkat tema kopi dan teh dengan membawa wisatawan untuk berkunjung dan mencicipi kopi andalan Indonesia.

Hobi Kerajinan Tangan

Photo by Wahyu Setiawan

Indonesia kaya akan kebudayaan lokal, rempah-rempah, dan kerajinan tangan yang unik. Di daerah manapun kamu berada di Indonesia, pasti ada hal unik atau kerajinan tangan keren yang dapat menjadi ciri khas daerah kamu. Misalnya batik di Solo atau perhiasan batu bungur di Lampung Selatan. Nah kamu bisa menyusun sebuah rencana wisata yang mengenalkan kerajinan tangan lokal. Atau kamu juga bisa membuka workshop yang mengangkat tema lokal. Seperti membuat sabun dengan rempah-rempah lokal atau membuat kerajinan tangan kekinian dari rotan yang hasilnya bisa dibawa pulang oleh turis tersebut.

Hobi Masak

Photo by Eaters Collective

Masih berhubungan dengan hobi kuliner, kamu yang hobi masak bisa membuka kelas khusus turis dan mengajarkan mereka cara memasak makanan lokal favoritmu. Tidak hanya makanan, kamu juga bisa membuka kelas membuat minuman lokal seperti jamu dan minuman ringan atau kelas membuat bumbu tradisional. Selain seru, hobi memasak kamu juga bisa semakin terasah. Apalagi jika kamu bisa mengemas program kelas memasak kamu dengan lebih menarik. Kalau kamu tidak bisa membuka kelas sendiri, kamu juga bisa membuat program wisata dengan melibatkan wisatawan untuk mencoba kelas masak yang dibuka oleh vendor lain.

Hobi Fotografi

Photo by Kukuh Napaki

Nah kamu bisa menawarkan jalan-jalan dengan tema Insta Tourist Destination nih alias tujuan wisata yang instagramable. Pastikan kamu tahu tempat dan spot fotografi cantik di kotamu dan kamu bisa menjadi pemandu wisata sekalian tukang fotonya. Misalnya jalan-jalan ke museum atau ke sudut kota yang cantik. Kamu bisa menceritakan kisah dari tempat tersebut sekalian mengasah hobi fotograsi kamu.

Wisata Alam

Photo by Sander Wehkamp

Kalau kamu hobi berwisata alam dan tahu tempat-tempat menarik dan tersembunyi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, kamu bisa banget membuka tur wisata alam dan mengenalkan keindahan alam daerahmu dengan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Selain dapat menambah edukasi bagi turis, kamu juga bisa mempopulerkan konsep ekowisata.

Nah itu baru sebagian dari hobi yang dapat kamu manfaatkan. Tidak harus sendirian, kamu dapat menjadi host bersama teman kamu atau bergabung mellaui komunitas. Jadi kamu tidak perlu takut grogi sendirian. Apakah kamu berani mencoba? Mulai dari yang mudah dulu, jadi pemandu wisata untuk diri sendiri di daerah kamu dan mulai kenali lingkunganmu.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Mark Chaves

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: