Host Lokal Part 3: Komunitas Traveling di Indonesia

Jakarta, 1 April 2019

Ada beberapa cara untuk menjadi kreatif untuk mengembangkan hobi kamu. Menggabungkan hobi dengan kegiatan sehari-hari, sampai mengenalkan hobimu kepada orang lain. Untuk kamu yang juga hobi travelling, jalan-jalan, atau sekedar ingin memiliki pengalaman baru, bisa nih mengembangkan hobi sekalian menjadi host lokal. Belum sreg untuk menjadi pemandu wisata? Mulai saja dengan membagikan tips dan jadwal wisata favoritmu kepada wisatawan yang berkunjung ke kotamu. Kamu bisa mulai berkenalan dengan para wisatawan yang datang ke kotamu dan turut aktif dalam diskusi mengenai atraksi yang menarik dengan cara bergabung dalam komunitas traveling.

Photo by Clem Onojeghuo

Couchsurfing

Couschsurfing ini merupakan komunitas travelling dunia yang menawarkan penginapan gratis kepada antar anggotanya. Dalam komunitas ini, setiap member dapat menginap gratis dirumah atau tempat tinggal member lainnya. Nah kalau kamu punya tempat kosong di rumah dan ingin ikut berbagi menyediakan akomodasi gratis bagi wisatawan yang datang ke kotamu, kamu bisa coba bergabung dengan komunitas ini. Selain itu kamu juga bisa berbagi tips mengenai atraksi wisata di daerahmu. Sebagai gantinya, kamu juga bisa menginap gratis dirumah member lainnya saat kamu jalan-jalan ke daerah lain.

Backpacker Indonesia

Situs komunitas Backpacker Indonesia

Sesuai dengan namanya, yaitu backpacker, komunitas ini memang mewadahi para pengelana dengan tas ransel. Nah karena konsep backpacker ini identik dengan kata murah, kamu bisa memberikan tips, informasi, serta berbagi tempat-tempat wisata yang ekonomis namun tetap unik. Misalnya dimana menginap yang murah atau kuliner khas yang terjangkau.

Backpacker Nusantara

Photo by Mark Chaves

Masih setipe dengan Backpacker Indonesia, Backpacker Nusantara juga mengambil tema jalan-jalan menggunakan gaya backpacker yang murah namun tetap asik. Kamu bisa berbagi informasi mengenai tips lokal yang murah dan unik. Komunitas ini didirikan di jejaringan Facebook dan sudah memiliki lebih dari 100.000 anggota. Bisa ketemu temen baru juga loh.

Komunitas One Day Traveling

Komunitas One Day Traveling

Komunita ini khusus buat traveler yang cuma punya waktu terbatas. Misalnya cuma punya waktu satu hingga dua hari di lokasi wisata. Jadi kalau selama ini kamu ragu untuk jalan-jalan karena waktu luang yang terbatas, kamu bisa ikutan disini. Atau kalau kamu ingin membantu para traveler ini untuk dapat memaksimalkan liburan mereka di daerahmu, kamu juga bisa membuat daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi dan membagikannya dalam komunitas ini.

Komunitas Historia Indonesia

Komunitas Historia Indonesia

Sesuai dengan namanya, tema dari komunitas ini adalah untuk mengajak para anggotanya mengingat kembali sejarah Indonesia dan sejarah yang penah terjadi di suatu daerah sembari berwisata. Dengan bergabung ke komunitas ini, kamu bisa membagi cerita sejarah daerahmu yang kamu ketahui namun tidak umum diketahui oleh orang lain. Siapa tahu dengan berbagi cerita, sejarah tempat tinggalmu dapat terus dikenang.

Kalau dirasa-rasa belum sempat jadi host atau guide yang nyata, mulai dulu jadi guide di dunia maya bisa kok.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Duy Pham

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: