Ingin Menyelamatkan Bumi dengan Bersepeda, Sewa Sepedanya Disini

Jakarta 25 April 2019,

Semua pasti ingin turut membantu mengurangi polusi di langit Indonesia. Tapi belum banyak yang sudah melakukan langkah nyata untuk mengurangi polusi. Sebenarnya tentu ada banyak cara. Yang pertama, pastinya mulai mengurangi penggunaan mobil dan motor pribadi serta beralih ke transportasi umum. Selain dengan transportasi umum, kamu juga bisa berkendara menggunakan sepeda untuk mengurangi polusi, terutama untuk tujuan yang terbilang dekat. Beruntung sekali bagi kamu yang memang sudah hobi bersepeda, selain dapat mengurangi jejak karbon, bersepeda juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan banyak membakar kalori. Jadi selain menyehatkan bumi, kita bisa sekalian menyehatkan diri.

Photo by Dakota Corbin

Tapi karena sepeda bukan alat transportasi favorit di daerah perkotaan, banyak dari kita yang tidak memiliki sepeda di rumah. Kalau setiap mencoba hobi atau aktivitas baru kita harus beli dulu, pasti keburu pusing memikirkan harga dan cicilannya. Makanya disini KelasHobi mau memperkenalkan konsep penyewaan sepeda. Kalau di beberapa negara maju, penyewaan sepeda berbasis aplikasi sudah umum, di Indonesia sendiri konsep ini belum terlalu umum. Banyak penyewaan sepeda masih menggunakan konsep tradisional. Nah kali ini KelasHobi mau membahas mengenai beberapa tempat sewa sepeda yang bisa kamu coba.

GOWES

Photo by Tiffany Nutt

Gowes merupakan aplikasi bike sharing yang menyediakan penyewaan sepeda secara gratis di area Monas, Jakarta. Gowes merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Pemprov DKI dan diharapkan untuk dapat mulai membangun budaya hidup sehat dan peduli lingkungan pada masyarakat Jakarta. Kalau kamu belum bisa bersepeda sama sekali dan mau mencoba belajar sepeda gratis, kamu bisa jalan-jalan ke Monas dan pinjam salah satu sepedanya. Jangan lupa untuk unduh aplikasinya terlebih dahulu, karena untuk meminjam sepedanya, kamu harus membuka kunci yang hanya dapat dibuka melalui aplikasi Gowes.

MISTER FIXER’S

Photo by Robert Bye

Mister Fixer’s merupakan tempat penyewaan sepeda yang berlokasi di area Setiabudi, Jakarta, tepatnya di Jalan Karet III. Kamu bisa menemukan lokasi tepatnya menggunakan Google Maps. Di Mister Fixer’s, kamu bisa menyewa sepeda dengan taris per jam. Ada banyak jenis sepeda yang bisa kamu sewa, harganya pun terjangkau karena dapat dihitung per jam. Ada diskon khusus jika kamu berniat untuk menyewa selama sehari. Mister Fixer’s juga bekerja sama dengan beberapa hotel di area Sudirman dan Thamrin untuk pelanggan hotel yang ingin menyewa sepeda. Tapi tentunya akan lebih murah jika kita langsung menyewa kepada Mister Fixer’s langsung.

MIGO E-BIKE

Photo by Alessandra Caretto

MIGO merupakan aplikasi penyewaan sepeda listrik pertama di Indonesia. Sama seperti GOWES, untuk dapat menyewa sepeda melalui MIGO, kamu harus mengunduh dan instal aplikasi dulu. Nah berbeda dengan sepeda konvensional, MIGO menyediakan sepeda listrik. Sepeda listrik MIGO dapat digunakan seperti sepeda konvensional dengan menggunakan kayuhan pedal, atau secara otomatis seperti sepeda motor. MIGO menggunakan bahan bakar listrik yang disimpan dalam baterai. Jadi kalau kamu sudah lelah mengayuh sepeda dan kehidupan ini, kamu bisa mengendarai MIGO seperti mengendarai motor.

Photo by Dallas Kwok

Nah itu dia beberapa alternatif jika kamu ingin mencoba hobi bersepeda. Kamu bisa memanfaatkan momen Car Free Day di masing-masing daerah untuk dapat bersepeda tanpa takut tersenggol kendaraan lain. Selamat mencoba.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Sagar Rana

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: