Kejar Passionmu Melalui Profesi Paruh Waktu

Jakarta, 29 April 2019

Banyak dari kita yang terjebak dengan kehidupan dan pilihan. Sebenarnya hobi masak, maunya jadi koki, tapi sekarang mengais rejeki di bidang lain. Passionnya jadi barista kafe, hobinya bikin latte, pengen suatu saat buka kafe sendiri tapi sekarang masih kerja kantoran. Ada juga yang lulusan DKV, kerjanya di Bank padahal hobinya menggambar, mau jadi full time graphic designer tapi takut-takut soalnya skill sudah lama tidak diasah. Ya memang yang namanya rejeki sudah ada porsinya masing-masing, tapi mengambil langkah drastis dan mengganti pekerjaan secara total demi yang namanya passion kadang terasa kurang realistis.

Photo by Kaylah Otto

Untungnya saat ini ada banyak cara untuk tetap mewujudkan passion kita. Toh kita tidak ditakdirkan hanya untuk bekerja dan mencari uang. Mengerjakan sesuatu yang kita sukai atau menekuni hobi, dapat membuat hidup menjadi semakin berwarna. Apalagi semua orang ingin punya pekerjaan sesuai dengan panggilan jiwanya atau bisa jadi sekadar ingin mengasah kemampuan. Nah mengambil pekerjaan sambilan atau paruh waktu mungkin dapat menjawab kebutuhan itu. Pekerjaan utama tetap jalan dan di waktu luang bisa menjajal karir yang lebih beragam. Melalui penyedia lapangan kerja yang kekinian dibawah ini, kamu bisa mulai mengejar passionmu. Ada banyak lapangan kerja yang tersedia dengan gaji yang cukup kompetitif. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan kemudahan sistem kerja dengan menggunakan aplikasi, waktu kerjanya juga bisa lebi flexibel.

Helpster

Photo by Katlyn Giberson

Helpster adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan dan manajemen tenaga kerja atau biasa disebut dengan HR Management. Kantor pusat Helpster Indonesia berlokasi di area Thamrin, Jakarta Pusat, namun saat ini Helpster sudah melebarkan sayap ke beberapa lokasi lain di Indonesia seprti Bali. Helpster berusaha untuk menghubungkan pekerja dengan kesempatan kerja yang sesuai dengan jadwal dan kemampuan pekerja. Dengan bekerja melalui Helpster, kamu bisa bekerja lepas tanpa terikat pada suatu perusahaan. Saat ini Helpster juga sudah menjalin hubungan dengan banyak perusahaan, mulai dari industri makanan hingga industri retail. Jadi kamu bisa mencari pekerjaan sebagai barista, asisten koki, sampai menjadi staff untuk event-event menarik seperti konser dan acara lainnya. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai Helpster di https://www.helpster.asia/id/workers.

Sribulancer

Photo by Nicole Honeywill

Sribulancer merupakan portal penyedia kerja yang menghubungkan pekerja dengan klien di dunia maya. Sribulancer menyediakan pekerja untuk pekerjaan dan jasa digital seperti pembuatan website, jasa IT, desain grafis, penerjemah, pembuatan artikel, hingga jasa promosi dan penjualan online. Untuk bekerja di Sribulancer, kamu tidak perlu datang ke tempat kerja. Selama ada jaringan internet, kamu bisa mendapatkan pekerjaan, bekerja, dan mendapatka bayaran atas hasil kerja kamu. Walaupun pasti tetap ada tenggat waktu untuk suatu pekerjaan, namun kamu bisa mengatur pekerjaanmu dengan super flexibel dan disesuaikan dengan aktivitas utamamu. Langsung ke websitenya di http://www.sribulancer.com untuk mendaftar.

Temu.co.id

TEMU adalah aplikasi berbasis website yang juga berusaha untuk menjadi penghubung antara pencari kerja dan pemberi kerja. Jaman sekarang, banyak pelaku usaha yang membuthkan pekerja yang dapat bekerja dengan baik, terlepas dari apakah pekerja tersebut memiliki latar belakang akademik yang tinggi atau tidak. TEMU berusaha untuk menjembatani kebutuhan tersebut dan memberikan kesempatan bagi para pekerja yang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena latar belakang pendidikannya. Mulai dari lulusan SD hingga SMA, semua bisa mendaftar. Saat ini untuk mencari pekerjaan melalui TEMU, selain melalui website, TEMU juga sudah mengembangkan aplikasi yang bernama TEMU KERJA dan dapat kamu unduh di Google Store.

Fastwork.id

Photo by Austin Distel

Fastwork adalah situs penyedia pekerjaan dan pekerja freelancer atau pekerja bebas di dunia maya. Mirip dengan Sribulancer, Fastwork juga menyediakan berbagai macam lowongan untuk pekerjaan digital seperti pembuatan website dan desain grafis. Melalui Fastwork, kamu bisa menawarkan paket kerjamu dan kamu bisa tentukan sendiri berapa biaya yang kamu inginkan untuk suatu pekerjaan. Melalui fastwork, kamu juga bisa menampilkan portofolio dan hasil kerja yang sudah pernah kamu buat.

Photo by Randy Tarampi

Jadi walaupun kamu saat ini sedang terjebak di dalam pekerjaan yang bukan passionmu, jangan khawatir, ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi dan minat kamu. Ingin buka usaha kuliner, coba dulu kerja di restoran. Ingin mengasah kemampuan IT yang sudah pudar gara-gara bekerja di bidang lain, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai pembuat website di waktu senggangmu. Tidak ada alasan untuk mengejar mimpimu. Selamat mencoba.

Artikel oleh Team KelasHobi

Teaser Instagram oleh Stephanie Surianto

Featured Image by Benjamin Sow

Comments are closed.

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: